Cara Menjadi Distributor Kosmetik

image

Beberapa waktu lalu kami membahas mengenai bagaimana cara menjadi distributor. Dimulai dari tahap perencanaan, skema mendapatkan keuntungannya, juga hal apa saja yang harus dimiliki agar dapat sukses.

Setelah mengetahui semua itu, ada salah satu jenis industri yang sedang booming saat ini yaitu kecantikan dan kosmetik. Jadi, bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis distribusi kosmetik? Berikut ulasannya :

Modal

Distributor membeli barang dalam jumlah yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya persiapkan modal dulu sebelum terjun dan menekuni bisnis satu ini.

Lakukan Riset Pasar dan Kenali Target Pasar

Kekeliruan terbesar yang biasanya dialami para distributor pemula adalah memilih barang yang mereka pikir bisa terjual dengan sangat baik. Padahal kenyataannya justru sebaliknya, perlu melakukan riset pasar dan menyesuaikan dulu jenis yang ingin dituju. Jadi bukan hanya trand bisnis ikut-ikutan dan hanya meniru kompetitor.

Sebab, dengan memahami jenis pasar yang akan diambil maka akan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Mulai dari memberikan atau menentukan harga jual kompetitif, dan mengukur kualitas barang yang kamu jual.

Pilih Produk Kosmetik yang Memiliki Resiko Rendah

Tak bisa dipungkiri, sangat banyak produk kosmetik yang dijual bebas dan termasuk ke dalam golongan ilegal. Jangan sekali-kali memilih produk yang dapat menimbulkan resiko negatif terhadap kesehatan. Jika kamu belum yakin akan kualitas dan efek sampingnya secara langsung pada kesehatan, sebaiknya hindari dan lakukan riset mendalam terlebih dahulu. Sebaiknya pilih produk-produk yang aman dan telah berlabel BPOM atau Halal sekaligus.

Pilih Produk Kosmetik Asli

Selain memilih produk kosmetik dengan bahan yang aman, sangat penting juga untuk memperhatikan keaslian produk yang kamu jual. Sebab, tidak sedikit juga produk kosmetik palsu yang mirip banget dengan aslinya dijual di pasaran alias aspal. Produk jenis ini selain menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, hal ini pun membuat reputasi dari usaha distribusi yang sedang Anda kembangkan menjadi buruk di mata retailer maupun konsumen akhir.

Terapkan Strategi Bisnis yang Efektif

Strategi bisnis yang tepat dan efektif akan sangat berdampak pada kecepatan perputaran modal yang ada dalam bisnis kosmetik kamu. Terlebih modal untuk memulai bisnis sebagai distributor produk kosmetik juga tidak sedikit. Sehingga sebagai pelaku bisnis yang sukses, kamu harus memiliki strategi marketing yang efektif.

Terapkan tips diatas dikombinasikan dengan Sistem Aplikasi Distributor Turboly untuk mengelola bisnis kesehatan dan kecantikan secara efisien dengan fitur canggih yang dimiliki seperti : Real-Time Sales/Stock, Sales Discount, Accurate Inventory Tracking, Product Bundling, Vouchers & Gift Cards.

turboly.com