image

Merencanakan Bisnis Toko Optik

Toko optik menjual kacamata yang memiliki berbagai bersifat : korektif, protektif, atau hanya untuk keperluan mode /modis. Toko optik dapat dirancang dalam dua cara berbeda: mereka dapat melayani klien yang dirujuk dari praktik perawatan mata medis, atau sebuah toko optik yang menyediakan layanan layanan lengkap dengan staf optometrist.

Sebuah rencana bisnis jelas sangat penting untuk menjadikan sebuah bisnis yang berhasil. Beberapa data dan informasi penting untuk dipertimbangkan dalam sebuah rencana bisnis toko retail optik adalah:

  • Berapa biaya awal dan biaya operasionalnya?
  • Siapa target segmen pasar?
  • Berapa banyak daya beli pelanggan?

Berapa biaya yang diperlukan untuk membuka toko optik?

Seperti kebanyakan bisnis, lokasi adalah kuncinya. Luangkan waktu untuk menemukan lokasi yang melihat banyak lalu lintas pejalan kaki setiap hari. Biasanya sebagian besar konsumen menunggu sampai mereka memiliki cukup waktu untuk mempertimbangkan pilihan optik mereka. Untuk alasan ini, area perbelanjaan adalah lokasi yang ideal, karena banyak pejalan kaki yang menikmati jalan-jalan santai.

Setelah menentukan lokasi, ada sejumlah item lain yang perlu dianggarkan, seperti:

Berapa biaya operasional rutin untuk toko optik?

Pengeluaran rutin cukup rendah, dengan penggajian menghabiskan sebagian besar anggaran Anda. Selain biaya overhead standar yang dikeluarkan dari menjalankan etalase, strategi pemasaran yang konsisten dan inventaris yang cukup akan menjadi pengeluaran terbesar kedua dan ketiga Anda.

Siapa target pasarnya toko optik?

Sebuah studi yang dilakukan mengungkapkan bahwa hampir 60% orang dewasa memerlukan kacamata. 75% dari mereka yang disurvei lebih memilih kacamata dibandingkan lensa kontak. Selain itu kebutuhan akan kacamata juga ada pada anak usia remaja seiring dengan meningkatnya durasi menggunakan handphone.

Sebuah toko optik menghasilkan pendapatan melalui penjualan setiap produk optik seperti frame kacamata, lensa atau lensa kontak. Beberapa membebankan biaya untuk layanan seperti penyesuaian optik, sementara yang lain menawarkan layanan ini secara gratis.

Jika toko optik Anda memberikan pelayanan menyeluruh bisa juga dengan bekerjasama dengan praktek dokter mata profesional sehingga juga dapat menghasilkan pendapatan dengan menawarkan pemeriksaan mata dan perawatan mata dasar dengan harga yang kompetitif.

Berapa banyak daya beli pelanggan?

Produk optik bervariasi dalam harga, tergantung pada sejumlah faktor. Persediaan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda. Hal ini juga terkait dengan segmen pelanggan yang ingin Anda tuju.

Baca Juga : Manfaat Software POS untuk bisnis ritel Optik

www.turboly.com