Tantangan Ritel Optik

image

Kacamata adalah bisnis besar dengan sebagian besar berasal dari toko ritel optik. Ini adalah pasar yang berkembang, didorong oleh peningkatan kesadaran akan kesehatan mata dan pentingnya pemeriksaan rutin, dikombinasikan dengan hubungan loyalitas konsumen yang berkelanjutan dengan kacamata sebagai tren mode.

Retail optik menjangkau dunia klinis dan ritel, menawarkan layanan pemeriksaan medis bersama dengan optik penjualan ritel. Tidak seperti bentuk ritel lainnya, retail optik menggabungkan produk resep dengan penjualan barang khusus, seringkali barang branded.

Kebutuhan akan software ritel optik

Ini menghadirkan tantangan untuk mengelola toko ritel optik. Praktik klinis mungkin yang pada awalnya menarik pelanggan, tetapi penjualan ritel optik yang sebenarnya mendorong laba dan pertumbuhan. Pada sisi lain ritel optik harus dilihat sebagai bisnis penjualan, dan dijalankan secara efisien untuk meminimalkan biaya, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghasilkan keuntungan. Jika tidak, retail optik menghadapi risiko bahwa pelanggan datang kepada mereka untuk pemeriksaan mata, tetapi pergi ke tempat lain untuk mendapatkan kacamata atau lensa, karena toko optik online pun semakin banyak jumlahnya.

Oleh karena itu, retail optik harus memperkuat diri mereka sebagai toko retail, termasuk menggunakan sistem manajemen yang tepat dan software ritel optik.

Software ritel optik menawarkan fungsi inti yang sama yang dibutuhkan oleh semua retail optik yang meliputi : Sistem POS Ritel, Visibilitas Inventory / Stok, Program Loyalitas, Diskon / promosi, trade in, dan Laporan Penjualan Ritel. Namun yang terpenting, ini menggabungkannya dengan fungsi khusus dalam mengoperasikan toko optik ritel.

Fungsi spesialis software ritel optik

Software ritel optik yang tepat akan membantu manajemen toko untuk memisahkan penjualan produk resep dari penjualan non-klinis. Ini akan membantu mereka mengelola data spesifik tentang penjualan produk dengan resep kacatama seperti kategori lensa, jenis, bahan, warna lensa, dan perawatannya. Ia bahkan dapat memetakan perawatan ke karakteristik lensa yang berbeda. Detail resep pelanggan dapat disimpan dalam arsip dan diambil untuk memudahkan pemesanan ulang saat mereka membutuhkan kacamata berikutnya.

Toko Optik Ritel memerlukan laporan penjualan yang memberi mereka informasi tentang bagaimana kinerja bisnis ritel optik, ini harus berupa laporan khusus, seperti laporan penjualan, stok menurut jenis barang optik, hingga resep kacamata.

Apa yang dibutuhkan setiap ritel optik

Pengecer optik harus tetap mengikuti tren mode dan menyadari apa yang dijual, sehingga mereka dapat berinvestasi dalam produk yang sesuai dengan demografi pelanggan mereka, sama seperti toko fashion lainnya. Solusi software optik ritel seperti Sistem Turboly POS akan memberi mereka data penjualan dan visibilitas persediaan untuk melakukan hal itu. Jika toko optik memiliki lebih dari satu cabang, software ritel optik Turboly akan sangat membantu mengelola stok dengan baik di berbagai lokasi, meningkatkan perputaran stok dan mengurangi risiko.

Seperti pengecer lainnya, toko optik perlu menawarkan program loyalitas dan penawaran untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, membuat pelanggan datang kembali, dan mendorong ulasan positif. Software ritel optik yang baik akan memungkinkan mereka untuk mengirimkan penawaran dan promosi kepada pelanggan, melalui email atau SMS.

Kesimpulan

Ritel optik adalah bisnis yang unik – menggabungkan klinis dan ritel menjadi satu. Sangat penting bahwa toko optik menganggap diri mereka sebagai toko retail, dan menerapkan software ritel optik yang akan membantu mereka mendorong kepuasan, efisiensi, pendapatan, dan keuntungan pelanggan.

Baca Juga : Manfaat Software POS untuk bisnis ritel Optik

turboly.com