Cara melacak nomor seri produk secara efektif

image

Saat telah membuat keputusan untuk menerapkan pelacakan inventory nomor seri. Selanjutnya, harus membuat alur kerja yang efektif untuk gudang dan toko. Inventory serial adalah sesuatu yang perlu dilacak dari awal hingga akhir. Idealnya, dapat melacak nomor seri dari saat ditambahkan ke inventory hingga saat dikirimkan.

Manajemen inventory serial dimulai saat menerima inventory baru. Saat memproses pembelian dari supplier dan menambahkan barang ke inventory, harus mencatat semua nomor seri yang disertakan. Sejak saat itu, inventory akan memiliki catatan nomor seri mana yang dimiliki, dan dapat mulai melacaknya melalui gudang, toko dan pengiriman.

Terkadang, ingin melacak nomor seri saat mereka bergerak melalui gudang. Jika bisnis melibatkan kustomisasi atau perakitan produk, catat di mana setiap unit berada dalam proses produksi. Ini akan memberi data dan informasi untuk membantu mengaudit kecepatan dan efektivitas alur kerja. Jika memiliki sejumlah besar inventory bersambung, mungkin membantu untuk melacak nomor seri berdasarkan lokasinya di dalam fasilitas.

Salah satu manfaat umum dari pelacakan inventory nomor seri adalah mengikat nomor seri ke pengiriman. Catat nomor seri mana yang telah diambil dari inventory untuk setiap pesanan. Saat pesanan dikirim, dapat mengikat nomor seri yang dikirim dengan catatan pelanggan. Basis data pelanggan dan pembelian bersambung mereka bisa sangat berharga ketika berhadapan dengan masalah garansi.

Untuk mempermudah pelacakan inventory nomor seri pada dan bisnis, pertimbangkan untuk menggunakan software manajemen inventory yang mendukung nomor seri secara langsung. Sistem Inventory Turboly memudahkan untuk mendokumentasikan nomor seri saat menerima inventory, dan memindai nomor seri saat memilih pesanan.

Baca Juga : Serial Number Inventory Tracking

turboly.com