image

Mengelola Proses Akhir Tahun Dengan Software Akuntansi

Mempersiapkan laporan tahunan adalah proses terbaik untuk mengolah informasi akuntansi, keuangan hingga stok Inventory. Proses secara keseluruhan juga termasuk menyisir pencatatan transaksi yang tidak sesuai atau kurang tepat. Tanpa bantuan software yang tepat seperti solusi ERP Turboly Accounting proses pembukuan mungkin tidak mudah dan mungkin harus bekerja dengan proses manual yang memerlukan sedikit keterlibatan manusia dan dengan demikian kesalahan. Dengan software ERP, data Anda disimpan dengan rapi dan semua laporan yang dibutuhkan selama akhir tahun dapat diakses dengan mudah.

Menggunakan sistem akuntansi atau solusi all-in-one lainnya, backup data sebelum melakukan prosedur akhir tahun diperlukan jika ada masalah dengan prosesnya. Turboly Cloud ERP dengan teknologi cloud, data akan tersimpan otomatis setiap saat jadi jika proses tutup buku akhir tahun akan bisa lebih mudah dan fleksibel. Cloud ERP Turboly menyediakan fitur trial report untuk menguji dan memastikannya pencatatan dan proses close year telah berjalan dengan sukses dan data dapat digunakan.

Membuat Laporan

Selama akhir tahun fiskal, penting bagi perusahaan untuk mengetahui angka yang benar untuk semua akun. Jangan kuatir laporan akan berubah karena sistem dengan otomatis aka membatasi akses perubahan data periode sebelumnya setelah proses closing bulanan dan tahunan. Dengan informasi dalam laporan ini dapat menetapkan tujuan baru dan lebih akurat dan akan membantu proses penganggaran untuk tahun depan.

Rekonsiliasi Akun

Bagian utama dari prosedur akhir tahun akuntansi adalah merekonsiliasi semua akun, secara khusus akun bank, hutang, dan piutang. Tujuan rekonsiliasi akun adalah untuk memastikan bahwa jumlah sebenarnya dari uang yang dibelanjakan sesuai dengan jumlah yang ditampilkan saat meninggalkan akun. Manager Akuntansi harus membandingkan laporan bank dan rekening dengan neraca untuk memastikan mereka cocok. Kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk membantu mendapatkan wawasan tentang bagaimana bisnis berjalan dalam hal arus kas.

Perhitungan Inventory

Dalam hal akuntansi Inventory selama akhir tahun, memerlukan angka actual untuk mendapatkan tampilan Inventory yang akurat. Untuk menetapkan nilai yang tepat ke item Inventory, harus memilih dan telah menggunakan metode penetapan biaya yang paling sesuai dengan jenis bisnis perusahaan. Dua metode penetapan biaya persediaan yang paling umum digunakan dan diterima adalah FIFO dan Average Cost.

Melakukan pemeriksaan Inventory pada akhir tahun tidak hanya memastikan informasi akuntansi benar tetapi juga membantu dalam merencanakan tahun depan dengan memberikan informasi untuk menentukan berapa banyak yang harus dipersiapkan untuk kuantiti Inventory dan nilainya.

Penyesuaian

Akhir tahun sangat cocok untuk meluangkan waktu untuk memastikan semua area bisnis siap untuk tahun depan. Memastikan data karyawan up to date serta informasi perusahaan. File dan simpan semua dokumen di tempat yang mudah diakses. Dengan risiko keamanan, mulailah dengan manajemen dokumen elektronik di mana file penting perusahaan disimpan dengan aman di cloud (paperless). Untuk hal ini, bisa memanfaatkan aplikasi penyimpanan pihak ketiga seperti Google Drive yang mudah digunakan sebagai sistem manajemen dokumen elektronik.

Baca Juga : Perbedaan Bookkeeping dan Akuntansi

www.turboly.com