Menyeimbangkan Stok Persediaan di Industri Kosmetik

image

Industri kosmetik yang terus berkembang hadir dengan serangkaian tantangannya sendiri terkait manajemen rantai pasokan dan logistik. Seiring dengan isu-isu rantai pasokan tentang produk yang keberlanjutan dan kualitas, industri kosmetik harus mengikuti tren permintaan pelanggan yang berubah dengan cepat, dan menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Kebijakan rantai pasokan produk kosmetik memiliki peran kunci dalam manajemen persediaan untuk proses mulai dari produksi hingga penjualan. Menemukan keseimbangan di setiap proses membutuhkan manajemen persediaan dan logistik yang mumpuni.

Pemasaran dan Produksi

Pemasaran memainkan peran penting dalam setiap industri berbasis konsumen, tetapi banyak produsen seperti tidak serius dalam proses marketing, padahal marketing merupakan kunci sukses bisnis dimasa depan. Kesinambungan antara proses produksi, logistik dan pemasaran akan menjadi jalan kesuksesan perusahaan.

Produksi dan logistik bekerja dengan bagian R&D untuk memahami, melaksanakan, dan memenuhi permintaan pelanggan. Di sisi lain, bagian marketing tahu bagaimana menarik permintaan dan tren saat ini. Dengan mengintegrasikan semuanya, dapat memberikan produk berkualitas yang laris dipasaran.

Kunci untuk menemukan keseimbangan antara pemasaran dan produksi adalah menciptakan komunikasi yang transparan antara upaya pemasaran dan kuota produksi. Dalam hal stok persediaan, komunikasi yang jelas dan real-time dapat menawarkan indikator logistik utama dan produksi dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai permintaan. Ini pada gilirannya dapat memberikan informasi kepada penjualan untuk menawarkan diskon produk, menunjukkan produk mana yang tidak berkinerja, dan pada akhirnya mengurangi biaya penyimpanan.

Menyeimbangkan Produk Tersegmen dan Produk Massal

Sebuah karakteristik yang berbeda dari industri kosmetik adalah kebutuhan untuk menyediakan berbagai segmen pasar. Produsen dapat memilih antara menyediakan produk yang berbeda ke pasar sasaran segmen tertentu, atau menjual ke pemasaran massal. Dalam hal logistik dan profitabilitas rantai pasokan, tidak ada opsi yang ‘benar’.

Fokus pasar sasaran bervariasi mulai dari produk konsumen hingga retailer toko kosmetik, hingga department store, perlengkapan kecantikan hingga salon, dan kosmetik aktif hingga dokter kulit. Ini jelas menciptakan kebutuhan akan manajemen rantai pasokan yang lebih ketat karena produk-produk ini perlu diproduksi dan dipasarkan dengan cara yang berbeda. Dalam hal stok persediaan, memasok pasar sasaran mungkin melibatkan stok dari berbagai aspek rantai pasokan, dan oleh karena itu mengelola stok persediaan adalah kunci keberhasilan.

Di sisi lain, memasok ke pasar massal memiliki masalah logistiknya sendiri. Dengan memasok semua pengecer dan toko offline ataupun toko online dengan seluruh jajaran produk yang tersedia, pemasaran produk dapat menjadi lebih mudah secara strategis, tetapi sisi produksi untuk memenuhi permintaan dapat meningkat. Kunci untuk berhasil beroperasi di salah satu iklan pemasaran adalah memahami kebutuhan pelanggan akhir dan bekerja dalam batas-batas mereka. Keseimbangan antara memuaskan pelanggan dan mewujudkan batas-batas produksi serta ukuran dan ruang lingkup bisnis adalah kunci keberhasilan manajemen. Mencari rantai pasokan yang tepat dan mengkonsolidasikan persediaan untuk menciptakan proses manufaktur yang efisien akan membantu kebutuhan pemasaran Anda dan menjaga stok persediaan pada tingkat yang dapat dikelola.

Keberlanjutan dan Penyimpanan

Produk kosmetik merupakan industri berbasis konsumen yang ‘keberlanjutan’. Penyimpanan beberapa produk kosmetik penting untuk menjamin umur produk (expiry date). Barang yang mudah rusak dan kebutuhan penyimpanan khusus sangat penting untuk beberapa gudang, dan memastikan kepatuhan terhadap kesehatan produk secara umum, kebersihan staf dan persediaan, dan perizinan yang benar untuk menangani bahan tertentu adalah suatu keharusan.

Mengelola rantai pasok produk kosmetik bukanlah tugas yang mudah, dengan berbagai regulasi produk dan kendala logistik yang harus diatasi. Menemukan keseimbangan antara kebutuhan manufaktur dan pemasaran, memilih cara terbaik untuk menargetkan pasar, dan memungkinkan keberlanjutan untuk pengemasan dan penyimpanan produk adalah kunci untuk manajemen yang efisien dalam rantai pasokan.

Baca Juga : Apa itu Manajemen Kedaluwarsa di Toko Kosmetik?

turboly.com