Strategi Harga dan Diskon Toko Retail Kosmestik

image

Bisnis retail kosmetik dan produk kecantikan sedang mengalami fase pertumbuhan dewasa ini. Walaupun ditengah masa pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini, bisnis kosmetik tetap memiliki prospek yang bagus dimasa depan.

Lalu, bagaimana strategi yang harus diterapkan oleh Toko Ritel Kosmetik agar tetap mendapatkan tempat di hati para konsumennya? Dan strategi apa yang harus digunakan agar bisa tetap bersaing ditengah persaigan retail kosmetik yang semakin tinggi? Berikut adalah ulasannya.

Produk Bundle

Toko Ritel Kosmetik menggunakan strategi merchandise plan dimana menempatkan produk di semua tokonya sesuai dengan kategorinya. Seperti semua produk makeup disatukan dengan produk makeup, produk perawatan kulit disatukan di area perawatan kulit dan ada juga kategori yang tertulis di rak paling atas di toko mereka untuk memudahkan pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan.

Toko Ritel Kosmetik juga memasang produk best sellernya di bagian depan agar mudah dicari oleh pelanggan. Toko Ritel Kosmetik mengutamakan penyimpanan tetap terisi produk sehingga tidak terlihat kosong oleh pelanggan. Oleh karena itu, Toko Ritel Kosmetik memberikan keefektifan bagi pelanggan untuk membeli produk yang diinginkan.

Maka, Toko Ritel Kosmetik menggunakan strategi merchandise plan di atas untuk mempertahankan brand-nya guna menarik dan mempertahankan brand Sephora agar ratingnya di mata kaum millennial.

Selain itu, ada strategi lain yang diterapkan Toko Ritel Kosmetik dari segi biaya.

Strategi Harga

Toko Ritel Kosmetik umumnya memiliki lebih dari 100 produk ternama. Lalu, bagaimana strategi harga apa yang digunakan agar pelanggan tetap loyal?

Strategi Penetapan Harga yang digunakan pada Toko Ritel Kosmetik adalah Demand-Oriented Pricing atau penetapan harga berdasarkan pendekatan kebutuhan atau tuntutan.

Toko Ritel Kosmetik menetapkan harga sesuai permintaan konsumen, dimana produk populer dan berkualitas baik dipatok dengan harga tinggi karena banyaknya permintaan.

Toko Ritel Kosmetik mengelola harga dan dapat menetapkan harga yang kompetitif melalui biaya overhead yang rendah karena efisiensi operasional. Dengan biaya operasional yang rendah, memungkinkan untuk menarik lebih banyak pengecer dan mempertahankan keputusan pembelian pelanggan.

Jadi, dengan strategi Demand-Oriented Pricing ini pelanggan akan tetap tertarik untuk membeli karena memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang mereka jual.

Selain strategi harga, Toko Ritel Kosmetik juga menerapkan strategi promosi untuk menarik konsumen.

Strategi Promosi

Strategi Promosi yang digunakan Toko Ritel Kosmetik berupa advertising, public relation, personal selling dan sales promotion.

Periklanan

Toko Ritel Kosmetik wajib menggunakan strategi promosi berupa iklan seperti iklan di media sosial dan event yang dapat meningkatkan awareness masyarakat tentang brand Toko Ritel Kosmetik.

Hubungan Masyarakat

Toko Ritel Kosmetik mempromosikan Public Relations dimana membuka booth di tengah mall untuk meningkatkan citra, menunjukkan retailer sebagai kontributor kualitas hidup masyarakat, dan menunjukkan inovasi serta memberikan kesadaran retailer tentang strategi untuk menarik pelanggan dan membuat pelanggan lebih menarik .

Baca Juga : Mengenal Nomor Batch untuk Penyimpanan Inventory

turboly.com