Manfaat Sistem ERP untuk CEO Perusahaan

image

Sistem ERP membantu CEO dan jajaran manajemen membuat keputusan bisnis strategis yang lebih baik dengan menyediakan data internal yang komprehensif, tepat waktu, dan andal kepada mereka. Sistem ERP yang baik memungkinkan manajemen untuk memanfaatkan berbagai metrik, KPI, dan laporan untuk meningkatkan kinerja tim dan memajukan perusahaan.

Dari berbagai macam manfaat Sistem ERP, apa manfaat yang lebih spesifik sistem ERP bagi CEO perusahaan :

1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Bisa dibilang, faktor terbesar dalam membuat keputusan adalah memiliki akses ke data yang tepat. Sebuah studi menemukan bahwa satu dari tiga perusahaan menyebutkan tidak memiliki akses ke data internal yang tepat waktu sebagai faktor kunci dalam membuat keputusan yang buruk.

Agar tetap kompetitif dan layak sebagai produsen kecil hingga menengah, strategi bisnis perlu didorong oleh informasi yang jelas, komprehensif, dan tepat waktu. Dengan pasar yang bergerak lebih cepat dari sebelumnya, harga barang yang berfluktuasi, dan perkembangan yang selalu berubah dalam kebijakan perdagangan dan industri ritel, memerlukan sistem ERP untuk membantu CEO Perusahaan tetap di atas, dan memajukan perusahaan.

Sistem ERP yang baik memberi akses ke data dan fakta secara real-time, untuk membantu membuat keputusan strategis yang lebih baik. Sistem ERP akan memungkinkan untuk mengakses, menggabungkan, dan menganalisis data untuk membantu memahami kondisi bisnis dengan lebih baik untuk membuat keputusan yang lebih tepat, membuat rencana kerja satu toko hingga ratusan toko yang lebih efisien, dan yakin bahwa jalur yang dipilih adalah jalur yang tepat untuk perusahaan.

2. Peningkatan Penghematan Biaya

Tujuan dari semua perusahaan ritel adalah mendapatkan keuntungan dan memiliki cashflow yang sehat. Meskipun Sistem ERP mungkin tampak seperti biaya yang mahal, namun manfaatnya akan membantu perusahaan menghemat biaya lainnya dalam jangka panjang.

Sistem ERP membantu bisnis menjadi lebih efisien, yang berarti biaya lebih rendah dan keuntungan meningkat. Selain itu, Sistem ERP dapat membantu merampingkan organisasi dan proses, yang berarti manajemen rantai pasokan dan kontrol persediaan yang lebih baik, serta biaya tenaga kerja yang lebih rendah, yang semuanya menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan.

3. Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Baik

Menjaga pelanggan puas adalah hal terpenting yang dapat lakukan untuk memastikan transaksi penjualan yang berulang.

Jika pelanggan menyukai apa yang kita tawarkan, mereka cenderung setia dan merekomendasikan ke teman serta koleganya. Meskipun pelanggan tidak akan pernah berinteraksi langsung dengan sistem ERP, ini adalah alat penting dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Karena Sistem ERP membantu merampingkan dan membuat bisnis lebih efisien, akan menawarkan harga yang lebih wajar dan konsisten, memberikan produk yang lebih konsisten, meningkatkan tingkat layanan dan standar pengiriman, serta meningkatkan waktu respons layanan pelanggan, yang semuanya untuk mencapai tujuan kepuasan pelanggan. Dengan kepuasan pelanggan yang terjaga bahkan cenderung meningkat akan menghasilkan loyalitas yang diikuti dengan meningkatnya transaksi penjualan dan artinya mendorong bisnis ritel menjadi lebih baik.

Baca Juga : Software ERP Terintegrasi VS ERP Modular

turboly.com