Pro dan kontra dari POS berbasis browser

image

Salah satu tantangan dalam menjalankan bisnis ritel adalah mengalami kesulitan mempertahankan tingkat stok yang konsisten dan akurat, harganya, dll. Selain itu mungkin juga kesulitan memenuhi kebutuhan informasi penjualan secara real-time. Di sinilah sistem POS berbasis browser datang untuk membantu. Untuk kelebihan dan kekurangannya, berikut ulasannya :

Apa itu POS berbasis browser?

POS berbasis browser adalah bagian dari software point-of-sale (POS) yang berjalan melalui internet. Baik perangkat seluler atau komputer dapat mengaksesnya. Dengan konsep ini, kontrol toko dapat dilakukan dari mana saja.

Penggunaan web browser sebagai aplikasi menjalankan software POS tak lepas dari Pro dan kontra. Ada kekurangan dan ada kelebihan yang selalu mengikuti.

Kelebihan

Kontrol Stok Sederhana

Sistem ini memungkinkan untuk melacak produk apa yang tersedia di stok toko. Ini membantu mengintegrasikan data dari toko offline dan online. Dengan kata lain, jika pembeli yang sama melakukan pembelian di lokasi ini, status stok akan diperbarui sekaligus saat mereka check out.

Penggunaan Hardware Lebih Fleksibel

Karena Anda mengakses software ini melalui browser, tidak perlu menggunakan peralatan baru yang mahal untuk mengoperasikannya. Selain itu juga dapat menentukan apakah ingin menjalankannya di ponsel, PC, atau perangkat lain. Tidak masalah asalkan perangkat memiliki koneksi internet.

Mobilitas berkat POS berbasis browser

Lebih mudah untuk melibatkan pembeli dengan sistem ini. Itu karena karyawan penjualan dapat menggunakannya untuk memeriksa informasi dan menyelesaikan transaksi penjualan langsung di dengan pembeli tanpa perlu antri di kasir.

Sedikit pengalaman TI yang dibutuhkan

Untuk bisnis dengan sedikit pengalaman TI, mungkin mahal untuk mempekerjakan IT Staff. Dengan dukungan penyedia POS berbasis browser yang terpercaya, tidak perlu khawatir dengan masalah terkait IT.

Backup Data

Setiap data akan disimpan secara otomatis di cloud. Itulah mengapa Anda tidak akan kehilangan informasi bahkan ketika terjadi bencana yang menghilangkan perangkat PC ataupun ponsel.

Layanan Pelanggan yang Lebih Baik

Di satu sisi, opsi pembayaran lainnya bagus. Namun di sisi lain, tidak bisa mendapatkan cukup kecepatan dan kemudahan pemrosesan pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Pembeli akan menikmati betapa mudahnya mereka membayar produk. Selain itu, saat pelanggan melakukan check out online, tidak perlu menunggu dalam antrian panjang. Proses transaksi bisa terjadi dengan sangat singkat

Kontra

Dukungan terbatas

Sistem POS berbasis browser cenderung sederhana. Itulah sebabnya secara tampilan umumnya kurang menarik. Selain itu, Sistem POS berbasis browser hanya dapat diakses selama ada koneksi internet, jadi akan kurang sesuai untuk toko retail di daerah yang koneksi internetnya kurang memadai. Ada beberapa pro dan kontra dari POS berbasis browser yang harus diketahui saat berencana menggunakan solusi ini.

Baca Juga : Temukan Sistem POS yang Tepat untuk Menjalankan Multi Store

turboly.com