Jenis Laporan dan Analisa Retail dari Sistem POS

image

Sistem POS modern memiliki kemampuan pelaporan yang menjelaskan metrik penjualan dan inventory . Sekali lagi, setiap sistem berbeda, jadi ingin menjelajahi solusi titik penjualan untuk melihat jenis laporan apa yang tersedia.

Idealnya, ingin mendapatkan yang berikut ini:

Inventory On Hand/ Stock Level – selalu ingin tahu berapa banyak barang dagangan yang tersedia di toko, jadi jika ada laporan yang harus jalankan secara teratur, itu harus yang ini.

Minimum Stock – Laporan ini memberi tahu item mana yang hampir habis, sehingga dapat menghindari kehabisan stok. Yang terbaik adalah menjalankan laporan ini secara teratur sehingga dapat melihat pola di sekitar item mana yang selalu hampir habis.

Laporan Kinerja Produk – Seberapa cepat barang terjual? Produk mana yang menghasilkan uang paling banyak? Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh laporan kinerja produk . Idealnya, laporan ini harus memberi tahu berapa banyak barang dagangan yang telah jual selama periode waktu tertentu serta ringkasan barang yang terjual per bulan atau per minggu. Gunakan laporan kinerja produk untuk menentukan item mana yang layak untuk diinvestasikan dan mana yang tidak boleh dipesan ulang.

Ringkasan Penjualan – Laporan ini memberi gambaran umum tentang penjualan untuk jangka waktu tertentu. Laporan penjualan juga harus menunjukkan harga pokok penjualan, laba kotor, margin, dan pajak, sehingga dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang sebenarnya akan kembali ke bisnis .

Laporan Penjualan Per Produk dan Jenis Produk – Jenis laporan ini memudahkan untuk mengidentifikasi produk penjualan terbaik (dan terburuk), sehingga dapat menentukan tindakan yang tepat. Jika produk tertentu laris manis, misalnya, dapat mempertimbangkan untuk memesan lebih banyak. Di sisi lain, jika suatu produk tidak berkinerja, maka ingin tahu lebih cepat daripada nanti sehingga dapat menjalankan promosi sebelum musim berakhir.

Laporan Penjualan Per Pelanggan atau Grup Pelanggan – Sebaiknya buat laporan “penjualan per pelanggan” atau “penjualan per grup pelanggan”. Ini akan memungkinkan untuk mengidentifikasi pelanggan VIP serta mereka yang tidak sepenuhnya terlibat dengan merek , sehingga dapat menyesuaikan pemasaran dan komunikasi dengan tepat.

Baca Juga : Sisi Lain Retail Speciality Store

turboly.com