Mengenal Sistem Manajemen Bengkel?

image

Sistem manajemen bengkel adalah proses yang perencanaan terstruktur di mana bengkel dapat berkembang menggunakan metode yang tepat, termasuk untuk menggunakan data informasi pelanggan, informasi kendaraan, inspeksi kendaraan, dan kinerja karyawan. Sistem manajemen bengkel dapat berjalan baik dengan partisipasi aktif dari pemilik bengkel, pelanggan, teknisi, dan karyawan lainnya, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja ke tingkat maksimum dan dapat meminimalkan kesalahan.

Dalam Sistem manajemen bengkel, Software ERP Bengkel memegang peranan penting. Program Bengkel ini juga akan memberikan informasi pelanggan tentang tahapan atau perkembangan perbaikan melalui layar di ruang tunggu. Selain itu, dengan sistem juga akan membantu bengkel bekerja dalam standar waktu sesuai dengan yang sudah ditentukan. Fitur lain dalam Sistem manajemen bengkel adalah reservasi atau pemesanan layanan yang dapat diajukan oleh pelanggan dan jadwal dapat dijadwalkan sesuai dengan itu.

Dalam Sistem manajemen bengkel, profil setiap pelanggan dibuat dan tersimpan rapi di bengkel, yang membantu membangun hubungan antara bengkel dan pelanggan di masa mendatang.

Sistem manajemen bengkel adalah software terkomputerisasi yang membantu bengkel bertransformasi dari pencatatan manual menjadi komputerisasi. Mengimplementasikan Sistem manajemen bengkel membantu mekanik bekerja sesuai dengan tugas dengan standarisasi yang telah ditentukan. Melalui Sistem manajemen bengkel ini, dapat membawa bisnis retail bengkel ke level yang lebih tinggi.

Keuntungan Sistem manajemen bengkel

Hari ini kita melihat bahwa dampak teknologi dalam kehidupan sangat besar. Namun, banyak bengkel masih beroperasi dengan metode dan sistem tradisional. Bengkel-bengkel yang telah mengadopsi Software ERP Bengkel ini telah mampu lebih memuaskan pelanggan dan karyawan. Setiap bisnis memiliki persaingan yang ketat untuk saling unggul. Oleh karena itu, setiap bengkel menekankan manajemen yang lebih baik untuk terus mengungguli kompetitor. Sederhananya, Sistem manajemen bengkel adalah alat untuk membantu pekerjaan sehari-hari dalam operasional bengkel. Sistem manajemen bengkel ini tidak hanya membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah dikelola tetapi juga dapat memberikan ide baru kepada pemilik bengkel sambil meningkatkan keuntungan pada saat yang sama.

Keuntungan Software ERP Bengkel adalah sebagai berikut:

  • Data pelanggan termasuk kendaraan serta pencatatan riwayat perbaikan pelanggan tercatat dengan rinci.
  • Setiap perbaikan dan penggantian suku cadang bergaransi akan tercatat dan disimpan untuk masing-masing kendaraan. Sehingga saat terjadi klaim dari pelanggan sistem akan membantu memudahkan dalam proses klaim garansi, dan mekanik juga akan lebih mudah dalam melakukan diagnosa atas riwayat dari perbaikan sebelumnya.
  • Sistem manajemen bengkel juga sangat berguna dalam permintaan ke gudang atas penggantian suku cadang kendaraan. Mekanik dapat mencatat kebutuhan suku cadang dengan mudah melalui sistem termasuk dengan catatan No Parts dan tanpa catatan/ tulisan manual yang langsung terhubung ke bagian gudang.
  • Bisa mengukur standar pekerjaan setiap perbaikan dan hasilnya bisa digunakan untuk menentukan standar waktu pekerjaan serta penilaian kerja staff mekanik. Hasilnya pelanggan juga akan lebih tenang ketika mereka mengetahui estimasi waktu pekerjaan.
  • Sistem manajemen bengkel bisa membantu untuk mencatat diagnosa awal, feedback mekanik hingga pencetakan estimasi biaya. Informasi ini penting untuk pelanggan dan akan memberikan ketenangan buat mereka.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Bengkel dengan Software POS

Melalui software erp bengkel, pekerjaan mulai dari pendaftaran, perbaikan hingga pembayaran dapat dilakukan dengan lebih efisien. Sangat penting bagi pemilik bengkel untuk menilai pekerjaan dengan lebih baik dan meningkatkannya berdasarkan feedback pelanggan. Misalnya, sistem manajemen bengkel memberikan penilaian yang akurat tentang pekerjaan karyawan dan memfasilitasi peningkatan di dalamnya.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa sistem manajemen bengkel telah menjadi penting dalam perspektif bisnis saat ini. Jika Anda sedang mencari informasi tentang Sistem manajemen bengkel, Anda mungkin harus mempertimbangkan Software ERP Bengkel Turboly. Aplikasi Bengkel Online ini merupakan program bengkel terbaik di Indonesia dengan fitur yang dibuat khusus untuk bengkel mobil lengkap mulai dari reservasi, estimasi, work order hingga invoicing. Semuanya lengkap disediakan dalam 1 platform.

Jadwalkan demo live segera. Temukan solusi terbaik untuk bengkel Anda.