7 Tips Sukses Bisnis Ritel Optik Dalam Mengelola Banyak Cabang

image

Menjalankan Toko Optik Ritel dengan banyak cabang bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan bantuan teknologi, proses, dan orang yang tepat, maka mengelola beberapa toko sebenarnya cukup bisa dilakukan.

Dalam artikel berikut, kita akan berbicara tentang beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan bahwa semua Toko Optik Ritel berjalan dengan lancar dan tetap dalam pengawasan. Berikut adalah 7 tips untuk membantu menjalankan Toko Optik Ritel yang memiliki banyak cabang.

1. Manfaatkan Teknologi Cloud

Dari segi teknologi, hal terbaik yang dapat lakukan untuk bisnis Toko Optik Ritel adalah dengan memanfaatkan Sistem Point of Sale (POS) berbasis cloud. Karena solusi berbasis cloud tidak “hidup” di tempat, yang memungkinkan sistem dan data diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan Internet. Salah satu solusi Software Optik dan Kacamata adalah Sistem POS Turboly

2. Memaksimalkan inventory di semua lokasi

Memaksimalkan inventory sangat penting, tidak hanya dalam menjalankan banyak toko, tetapi juga dalam hal layanan pelanggan. Perlu mengetahui berapa banyak stok yang dimiliki setiap toko optik pada waktu tertentu untuk menjaga tingkat persediaan yang sehat di semua lokasi toko optik.

3. Tetapkan Standard Operation Procedure (SOP) untuk semua cabang toko optik

Toko Optik mungkin beroperasi di beberapa lokasi, tetapi jika ingin memastikan bahwa semua toko optik hanya memiliki satu cara untuk melakukan sesuatu. Ini membuatnya lebih mudah dikelola dan memungkinkan pelanggan memiliki pengalaman yang sama di semua cabang toko optik.

4. Mempekerjakan orang-orang terbaik untuk bertanggung jawab

Sebagai pemilik jelas tidak dapat berada di beberapa lokasi sekaligus, jadi pemilik harus memastikan bahwa bisa meninggalkan setiap toko di tangan yang cakap.

Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan merekrut dan melatih orang yang tepat. Pemilik harus menghabiskan banyak waktu untuk memeriksa karyawan yang bawa, dan harus mencurahkan banyak sumber daya untuk melatih mereka.

5. Kunjungan secara teratur dengan semua cabang toko optik

Klise “tidak terlihat, tidak terpikirkan” dapat dengan mudah menjadi kenyataan ketika menjalankan beberapa toko optik. Itulah mengapa komunikasi rutin sangat penting ketika adalah pengusaha ritel multi-outlet. Jika bisa, lakukan kunjungan lapangan secara rutin sehingga dapat melihat secara langsung bagaimana kinerja setiap toko. Jika ini tidak memungkinkan, maka setidaknya lakukan panggilan biasa dengan manajer toko sehingga Anda dapat melihat bagaimana kinerja mereka.

6. Melibatkan pihak ketiga untuk mengevaluasi setiap cabang toko optik

Meskipun melihat angka dan analitik tentu dapat membantu mendapatkan pandangan yang kuat tentang kinerja setiap toko, tidak ada salahnya untuk mendatangkan pihak ketiga untuk mengevaluasi setiap lokasi. Terkadang, Anda dan karyawan Anda mungkin terlalu dekat dengan bisnis untuk bersikap objektif, jadi sebaiknya ada seseorang di luar yang mempertimbangkan.

7. Sederhanakan Jalur komunikasi di perusahaan

Menjalankan beberapa lokasi ritel berarti harus menjaga beberapa tim di visi yang sama. Komunikasi adalah kuncinya, terutama saat jika menyampaikan informasi tentang kebijakan toko, promosi, dan informasi penting karyawan.

Menggunakan platform komunikasi yang andal sangat penting untuk memastikan bahwa pesan Anda sampai ke orang yang tepat.

Baca Juga : Manfaat Sistem POS Retail Optik Online

turboly.com