image

Manfaat POS di Era Bisnis Modern

Pesatnya pertumbuhan teknologi digital saat ini, ikut mendorong peningkatan fungsi teknologi Point of Sale (POS) yang awal hanya sekedar portal penjualan menjadi sebuah sistem yang memiliki banyak fitur yang berkembang sesuai dengan kebutuhan industrinya baik itu speciality retail, F&B ataupun sektor jasa. Salah satu contoh nyata perkembangan teknologi Sistem POS adalah fleksibilitasnya untuk diintegrasikan dengan software bisnis lainya. Sistem POS ini memiliki beberapa manfaat untuk kebutuhan sebuah bisnis diantaranya sebagai berikut :

Otomatisasi Penjualan

Manfaat paling jelas dari sistem POS yang bisa dirasakan adalah mereka membuat transaksi lebih cepat dan lebih mudah baik bagi staff maupun pelanggan. Dengan proses pencatatan transaksi yang semakin canggih dan otomatis akan mengurangi kesalahan user dalam penginputan dan lebih cepat dalam proses pencatatan transaksinya. Secara langsung hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tracking dan Update Transaksi

Transaksi dari Sistem POS dapat dicatat dengan akurat dan dilacak dengan mudah, dengan demikian akan menghasilkan data yang akurat sehingga akan memberikan laporan lengkap tentang penjualan persediaan dan pembayaran secara real-time.

Cashless Payment

Dalam era retail modern pembayaran pelanggan mulai bergeser dari tunai menjadi non tunai bukan hanya dengan kartu debit/ kredit melainkan juga dengan sistem pembayaran online lainnya. Seperti Gopay, OVO ataupun platform pembayaran digital lainnya. Sistem POS modern yang berbasis cloud dan menggunakan teknologi internet memiliki API yang dapat mendukung penerimaan pembayaran digital ini, sehingga akan memberikan pilihan kepada pelanggan dalam proses pembayaran.

Integrasi dengan platform lain

Sekarang sistem POS dapat berintegrasi dengan platform software lainya, memungkinkan perusahaan untuk terhubung langsung dengan marketplace untuk mendorong penjualan retail online yang sedang bertumbuh saat ini. Integrasi dengan marketplace akan memudahkan perusahaan dalam mengelola penjualan retail online sehingga perusahaan dapat lebih meningkatkan penjualan secara online karena antara stok inventory dan penjualan akan selalu terupdate otomatis. Dengan demikian perusahaan akan memiliki laporan yang akurat tentang berapa pendapatan dari penjualan online secara real-time.

Sistem point of sale (POS) kini semakin maju, memberikan bisnis dengan fleksibilitas, kontrol, dan kemudahan yang lebih besar daripada sebelumnya. Bisnis telah beralih dari mesin kasir tradisional dan pembayaran cash basis ke sistem POS berbasis online dengan teknologi cloud. Pergeseran teknologi ini tidak hanya memberi bisnis fitur tambahan tetapi juga memungkinkan bisnis menyimpan semua laporan dan transaksi di satu tempat yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Baca Juga : Software POS kosmetik dan kecantikan Tingkatkan Fungsi Toko & Tingkatkan Retensi Pelanggan

www.turboly.com