4 Tips Pemasaran Optik Murah dan Mudah

image

Masalah utama dalam mendorong pertumbuhan bisnis ritel optik adalah adalah mendapatkan pelanggan baru. Dalam industri retail optik yang kompetitif seperti ini, pelaku industri harus berani tampil beda dengan memiliki segmen yang jelas untuk menciptakan strategi pemasaran optik yang baik.

Berikut adalah 4 tips pemasaran dengan budget yang kecil untuk bisnis ritel optik :

1. Sponsorship dan Keterlibatan Komunitas

Cara hemat biaya untuk mendukung strategi pemasaran salah satunya adalah promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) adalah dengan menjadi sponsor acara lokal seperti lomba / kompetisi olahraga, menyelenggarakan seminar / webinar hingga mendukung asosiasi / organisasi yang berhubungan langsung dan tidak langsung dengan produk kacamata. Hal ini bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kesadaran merek optik yang positif.

2. Promosi melalui Media Sosial

Media Sosial adalah platform wajib yang perlu digunakan oleh usaha ritel optik untuk membesarkan merek. Selain itu, media sosial adalah salah satu sarana untuk terhubung dengan pelanggan / pasien hingga bisa digunakan menjadi sebuah platform pemasaran yang cukup bisa diandalkan.

3. Word of Mouth

Pasien atau pelanggan saat ini mungkin merupakan alat pemasaran paling kuat dan hemat. Menjadikan pelanggan sebagai fokus utama dari pelayanan di optik bisa menghasilkan efek yang positif dan dapat mendorong rekomendasi mereka kepada orang-orang terdekatnya dan begitu seterusnya sehingga bisa menghasilkan multiple effect yang cukup dahsyat jika hal berjalan dengan baik.

4. Fokus Pada Segmen Pelanggan

Membahas Bisnis Optik, kita akan dihadapkan oleh 2 hal. Pertama optik untuk klinis yang biasanya berada di rumah sakit mata, dan yang kedua adalah optik yang berfokus pada di fashion. Optik fashion ini bisa kita jumpai di pusat perbelanjaan. Tentukan, bisnis optik memiliki potensi di segmen apa, dan fokuslah disana untuk menciptakan kesadaran merek yang tinggi di masyarakat.

Faktor utama untuk setiap program pemasaran yang sukses adalah data dari waktu ke waktu. Lihat kembali laporan penjualan, siapa pelanggan baru, dan bagaimana demografi pelanggan tersebut untuk membantu mengevaluasi apakah sebenarnya segmen pelanggan ritel optik yang kita miliki.

Baca Juga : Cara Terbaik Meningkatkan Penjualan Optik dan Kacamata untuk Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

turboly.com