5 langkah untuk inventory optik yang optimal

image

Inventory jarang menjadi pertimbangan utama bagi optik ritel, fokus mereka selama ini bagaimana melayani pelanggan/ pasien dengan baik dan bagaimana melengkapi koleksi frame yang menarik. Padahal tanpa manajemen inventory yang benar, maka tujuan mereka untuk fokus pelayanan pelanggan juga tidak akan berjalan dengan baik. Berikut adalah lima langkah penting untuk inventory management yang optimal pada Optik Ritel.

1. Kenali kebutuhan pelanggan dan industri

Mengetahui demografi pelanggan seseorang adalah saran yang jelas yang mencakup seluruh industri, tetapi sama pentingnya adalah memahami tren industri dalam frame, seperti warna, gaya, dan desainer populer. Selain itu, penting untuk mengingat kebutuhan kantor untuk dapat memenuhi margin keuntungan yang diinginkan, pengendalian biaya, jumlah frame, dan sebagainya.

2. Segmentasi dan kategorisasi

Saat menempatkan produk display, atur sesuai kategori sehingga dapat mendorong siklus penjualan. merekomendasikan segmentasi produk oleh desainer dan merek. Mengkategorikan berdasarkan persepsi pilihan sangat penting bagi setiap konsumen.

3. Supplier

Pemilihan supplier dan negosiasi selalu menjadi pilihan. Manajemen Optik harus mampu merekomendasikan untuk memulai dengan menganalisis must-have item tertentu dari supplier. Hal Ini akan mencakup hal-hal seperti keandalan, jaminan, dan produk berkualitas. Setelah itu, buat daftar hal-hal yang bisa dinegosiasikan, seperti harga, persyaratan, kerjasama, bantuan pemasaran. Setelah daftar dibuat, baru kemudian praktik dapat menentukan supplier mana yang sesuai dengan kriteria yang sesuai dengan visi bisnis. Tidak perlu banyak supplier, maksimal 5 supplier utama untuk multi brand dan satu atau dua supplier khusus untuk meningkatkan daya beli dan negosiasi praktik tersebut.

4. Pemeliharaan

Mungkin langkah yang paling penting, manajemen bergantung pada pengendalian inventory. Mengetahui apa yang tersedia, apa yang dibutuhkan, dan memiliki informasi data secara rinci adalah kunci untuk upaya apa pun untuk meningkatkan keuntungan atas investasi optik kacamata. Ini juga sekaligus memberdayakan praktik untuk pembelian frame dengan kebutuhan kita, daripada membiarkan supplier memaksakan kondisi saat kita melakukan pembelian.

5. Pemasaran

Pemasaran dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, tetapi penempatan produk mungkin yang paling penting. Beberapa taktik industri ritel lain bisa diterapkan pada optik ritel, seperti menempatkan barang-barang dengan keuntungan tinggi pada area strategis, menggunakan gambar gaya hidup terkini, dan menempatkan barang-barang yang paling ingin dijual di bagian dekat dengan kasir.

Baca Juga : Cara untuk meningkatkan penjualan bisnis optik

turboly.com