Fitur Utama Sistem POS Optik

image

Sistem Point of Sale (POS) adalah salah satu alat pendukung keberhasilan bisnis optik kacamata ritel. Dengan salah salah satu opsi modern yaitu Sistem POS berbasis cloud yang diciptakan khusus untuk bisnis optik ritel dan kacamata,

Bisnis Ritel Optik merupakan bisnis seperti ritel speciality produk lain, namun ada beberapa fitur kunci yang wajib dimiliki oleh Sistem POS Optik Ritel yang tidak wajib dimiliki Sistem POS industri lainnya

POS Refractions/ Prescriptions

Sistem POS dengan fitur Refractions/ Prescriptions atau resep kacatama merupakan hal wajib untuk industri optik kacamata. Dalam fungsi ini digunakan untuk mencatat resep kacamata setiap pasien sebagai pelanggan untuk acuan Optician membuat kacamata sesuai pesanan. Selain itu juga POS Refractions/ Prescriptions dapat digunakan sebagai data historis pasien/ pelanggan untuk mengetahui perubahan pada mata.

Pickup Later

Setiap pasien memiliki resep dan keluhan yang berbeda. Umumnya di bisnis optik ritel selalu ada proses pembuatan kacamata berdasarkan resep setiap pasien. Maka dari itu, fungsi penting lain adalah Pickup Later dimana fitur ini memungkinkan pasien/ pelanggan menyelesaikan pemesanan mereka dan akan mengambil kacamata setelahnya.

Retur dan Klaim

Kemudahan menerima pengembalian pelanggan dan proses klaim dari Sistem POS Optik. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menilai kinerja optician, apakah mereka melakukan pekerjaan mereka dengan baik atau tidak. Jika banyak masalah return atau klaim maka mungkin ada pekerjaan optician yang tidak sesuai dengan SOP.

Integrasi Pembelian

Dalam beberapa kasus, toko optik dan kacamata tidak akan menyimpan stok lensa dengan ukuran besar. Selain karena nilainya yang cukup mahal, produk jenis ini dapat dikategorikan sebagai slow moving stock karena permintaan yang jarang. Maka, jika pasien tiba-tiba memesan produk jenis ini, Sistem POS harus bisa juga otomatis terintegrasi dengan sistem pembelian (purchasing & supplier) sehingga bagian purchasing di HO mengetahui berapa permintaan jenis lensa tersebut untuk pemesanan ke supplier.

Baca Juga : Manfaat Sistem POS Retail Optik Online

turboly.com