Perbedaan Cashback dan Diskon

image

Cashback adalah salah satu strategi promo yang sering kita jumpai di toko handphone. Dalam promo cashback pembeli akan diberikan pengembalian sejumlah uang tunai atau point saat memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pemberi cashback. Strategi marketing biasa juga disebut dengan incentive marketing agar pembeli mendapatkan kepuasan dan akhirnya loyal pada suatu merek produk. Penyelenggara cashback biasanya adalah Bank, Online Payment hingga aplikasi ecommerce untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Lalu, apa beda cashback dengan diskon? Banyak kita jumpai di toko ponsel sebuah promosi cashback dan diskon, keduanya bisa berjalan bersama atau bisa juga diskon dan cashback saja.

Perbedaan Utama

Cashback umumnya memberikan keuntungan melalui “kredit” yang bisa digunakan saat pembelian berikutnya. Sedangkan diskon memberikan keuntungan berupa potongan pembayaran langsung, dan pelanggan hanya membayar sejumlah uang yang sudah dikurangi diskon.

Perbedaan keduanya cukup jelas, dalam cashback pelanggan tetap membayar harga penuh barang untuk diberikan cashback, sedangkan diskon harga otomatis dipotong dan pelanggan membayar setelah sudah diberikan potongan.

Fleksibilitas

Skema cashback biasanya ditentukan oleh penyelenggara program cashback, pelanggan tidak dapat memilih cashback yang akan diterimanya karena syarat untuk mendapatkan cashback sudah ditentukan. Sebagai contoh cashback sudah ditentukan hanya sebatas pembelian barang dengan syarat pembayaran cicilan 12 bulan. Maka, jika pelanggan membeli secara tunai otomatis cashback tidak akan berlalu.

Sedangkan potongan harga merupakan potongan harga langsung yang harus dibayar konsumen, tanpa melihat jenis pembayarannya.

Cashback dan diskon, meskipun terlihat sama namun secara implementasi sangat berbeda. Maka untuk mendukung keberhasilan promo cashback diperlukan software erp untuk mengelola cashback baik itu cashback yang diselenggarakan internal maupun eksternal perusahaan.

Baca Juga :Memahami Skema Cashback di Toko Handphone

turboly.com