Apa itu Akuntansi Franchise / Waralaba?

image

Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi keuangan untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut

Tentang bisnis waralaba, prinsip dasar akuntansi yang sama tetap sama: berhubungan dengan mencatat transaksi keuangan, tetapi dengan akuntansi waralaba, melakukannya dalam konteks waralaba.

Mengapa hal ini layak mendapat sebutan tersendiri daripada disamakan dengan akuntansi pada umumnya? Waralaba memiliki beberapa biaya dan pengeluaran unik yang berbeda yang tidak ada dalam situasi non-waralaba.

Bagaimana tepatnya Akuntansi waralaba?. Berikut adalah ulasannya

Melacak Pengeluaran dan Pendapatan

Semua bisnis memiliki kesamaan tertentu, seperti biaya, pendapatan, dan keuntungan. Di sinilah akuntansi biasanya perlu dimulai.

Beberapa hal yang perlu dilacak termasuk jadwal pembayaran supplier dan gaji karyawan, sewa, beban utilitas, dan biaya unik yang terkait dengan waralaba, seperti biaya royalti, amortisasi biaya awal, dan biaya pemasaran.

Melacak pendapatan yang dihasilkan bisnis franchise sehingga dapat memahami situasi arus kas unit usaha franchise dan berapa banyak keuntungan yang dihasilkan.

Software Franchise Turboly adalah sebuah aplikasi akuntansi untuk bisnis waralaba/ franchise. Software Franchise Turboly berfungsi seperti akuntansi non-waralaba.

Dalam konsep bisnis franchise, franchisee dapat mengelola proses akuntansi sendiri, tetapi dapat juga hal ini dapat dilakukan oleh pihak franchisor, tergantung dari kesepakatan awal. Jika franchisor ikut mengelola proses akuntansi franchise maka dapat membantu pemilik waralaba menghindari kesalahan, menjalankan bisnis mereka dengan benar, minim risiko, dan menghemat waktu sehingga mereka dapat fokus pada aspek lain dari bisnis mereka.

Baca Juga : Tips Mencari Bisnis Franchise Retail Terbaik

turboly.com