Keuntungan Franchising Bisnis Speciality Retail

image

Secara alamiah pelanggan toko specialty retail akan lebih tertarik kepada sesuai hal yang familiar dan pada sebuah produk dan layanan yang konsisten tidak melihat dari dimana lokasi toko untuk mendapatkan kepuasan yang sama.

Dengan strategi duplikasi dalam bisnis franchise atau waralaba bisnis speciality retail seperti bengkel mobil, toko handphone atau jenis speciality retail lain memungkinkan image dan merek toko akan tumbuh dan menduplikasi produk dan layanan di beberapa tingkat:

Di tingkat nasional atau global, semua franchisee dan unit perusahaan berkontribusi pada aspek pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan merek dan menarik perhatian customer.

Di tingkat regional, pewaralaba bekerja sama melalui mitra regional untuk mempromosikan merek waralaba di suatu wilayah untuk membangun kesadaran lokal dan memanfaatkan skala ekonomi dalam mendorong iklan dan promosi.

Di tingkat lokal, pewaralaba perlu melakukan promosi dan mengiklankan merek waralaba di tingkat paling rendah yaitu di lokasi dimana mereka berada. Kombinasi strategi promosi dan pemasaran ini dapat memaksimalkan peluang untuk pengembangan merek dan membuat waralaba menjadi sebuah hubungan mutualisme yang saling menguntungkan antara pemilik waralaba / franchisor dan penerima waralaba / franchisee.

Segmen ritel industri waralaba sudah sejak lama menjadi salah satu sektor pasar terbesar dan paling signifikan dan saat ini, ada merek ritel waralaba yang sangat mapan. Ketika bisnis ritel mewaralabakan modelnya, keuntungan bagi pemilik merek adalah operator dan supplier tunggal namun tetap perlu bekerja keras untuk menciptakan inovasi baru dan menyediakan software franchise indonesia sebagai alat untuk menjaga pengalaman pelanggan yang berkesan setiap hari. Selain itu, franchisor sekarang mendapatkan keuntungan dari franchisee yang melakukan investasi yang diperlukan untuk membuka setiap lokasi dan membeli persediaan menciptakan model keuangan dan margin yang tinggi. Untuk franchisee, mereka mendapatkan keuntungan dari pembelian sistem waralaba ritel dalam mencapai skala ekonomi, keunggulan merchandising dan merek yang kohesif.

Selain itu, secara detail keuntungan mewaralabakan bisnis speciality retail dapat dirangkum sebagai berikut :

Mempercepat Ekspansi Bisnis – Waralaba bisnis speciality retail membuka peluang franchisor untuk meningkatkan image sebuah merek yang sudah dibangun, tetapi dengan tambahan tenaga dan modal untuk meningkatkan pertumbuhan. Mungkin bagi pemilik bisnis non waralaba akan memiliki pride tersendiri memiliki bisnis independen, namun walaupun begitu biasanya bisnis yang dioperasikan waralaba hampir selalu unggul di mata customer dibandingkan dengan kompetitor.

Peningkatan Modal – Waralaba bisnis memungkinkan untuk melipatgandakan image dan nilai sebuah merek, namun hal ini akan sulit dicapai jika berjalan independen. Dengan memilih konsep waralaba, franchisor akan mendapatkan tambahan modal dan sumber daya lain dari mitra bisnis sehingga bisa fokus dalam strategi pengembangan.

Peningkatan Fokus pada Strategi – Pengusaha yang mampu melakukan transisi dari model bisnis independen ke waralaba akan berhenti berfokus pada hal-hal kecil yang melekat dalam mengelola bisnis dan mulai fokus pada aspek strategis apa yang akan membantu mendorong pertumbuhan merek dan skala bisnis

Baca Juga : Baca Ini Sebelum Mewaralabakan Bisnis Anda

turboly.com