Apa Itu Aplikasi Pembukuan Keuangan?

image

Aplikasi keuangan adalah program software yang digunakan untuk pengelolaan proses bisnis yang berhubungan dengan transaksi / aktivitas keuangan.

Jenis aplikasi keuangan meliputi:

Sistem Hutang (Account Payable System) - memungkinkan perusahaan untuk tetap berada dibatas aman pembayaran hutang usaha dan memastikan semua pembayaran dilakukan dengan benar dan tepat waktu.

Sistem Piutang (Account Payable) - memungkinkan perusahaan untuk secara efisien mengelola aktivitas pelanggan dan mengotomatiskan pemrosesan faktur/ invoice untuk memastikan penagihan pendapatan tepat waktu.

Sistem Rekonsiliasi Bank - menyederhanakan proses rekonsiliasi bulanan untuk bisnis dengan mengintegrasikan rekening bank, secara otomatis mengidentifikasi transaksi yang tidak tercatat dan menemukan perbedaan antara laporan bank dan buku besar.

Sistem Bill of Material (BOM) - memberi perusahaan kemampuan untuk melacak biaya perakitan dan membandingkannya secara akurat dengan biaya yang diharapkan.

Sistem Manajemen Anggaran (Budgeting System) - menyediakan fungsi peramalan dan perencanaan anggaran untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat selama proses penganggaran.

Laporan Konsolidasi - menyediakan laporan bisnis untuk mengkonsolidasikan beberapa data informasi baik itu penjualan, stock inventory hingga ke laporan keuangan.

Sistem Proses Kartu Kredit ECR - memungkinkan bisnis retail untuk secara efisien mengotorisasi dan memproses pembayaran kartu kredit dan menangkap informasi transaksi penting.

Sistem Keuangan & Pembayaran - membantu perusahaan untuk memanfaatkan sepenuhnya semua data dalam sistem keuangan mereka dan melihat keuangan secara rinci.

Sistem Aktiva Tetap - menyederhanakan proses pendaftaran aset, mengelola aset, menemukan aset hantu, dan depresiasi aset.

Sistem Akuntansi - dapat digunakan dalam pencatatan transaksi jurnal yang akan menghasilkan laporan keuangan berupa Laba Rugi, Neraca dan Arus Kas. Sistem Akuntansi yang komprehensif berfungsi serupa dengan sistem ERP.

Sistem Transaksi Multi Currency - memungkinkan bisnis untuk mencatatkan transaksi ke buku besar, menghasilkan faktur untuk pelanggan dan memproses pembayaran dalam mata uang asing dengan nilai tukar saat ini.

Sistem aplikasi keuangan juga dapat dipadukan dengan Sistem Penjualan, CRM, Stock Inventory yang akan membentuk suatu Sistem ERP.

Baca Juga : Semua Tentang Sistem ERP

turboly.com