Fungsi Apa yang Harus Ada Dalam Sistem Inventory?

image

Bagi bisnis retail, manajemen inventory adalah kunci utama untuk menjaga proses bisnis tetap berjalan. Tapi, pernahkan Anda mengetahui sebenarnya fitur apa saja yang harus ada dalam Sistem Inventory untuk mendukung Inventory Management yang baik?

Kita tarik ke definisi sebuah Sistem inventory adalah kombinasi dari software manajemen inventory dan proses & prosedur manajemen inventory untuk menghubungkan, melacak, dan mengelola arus barang, aktivitas, informasi, dan sumber daya di seluruh bisnis.

Jadi, sistem inventory yang efektif perlu mencakup pembelian, manajemen inventory, pergudangan, pesanan penjualan (retail dan distributor), tingkat pemenuhan pesanan, distribusi, dan manajemen layanan pelanggan.

Pembelian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem inventory. Terlalu sedikit persediaan mengakibatkan kehabisan stok. Terlalu banyak persediaan menyebabkan resiko persediaan rusak dan menghambat arus kas. Pembelian mencakup forecast, analisis tren, pembelian barang dan manajemen supplier.

Manajemen persediaan & pergudangan adalah jantung dari sistem inventory. Terlepas dari pengelolaan satu gudang atau beberapa lokasi. Sistem inventory mengelola aliran inventory di seluruh bisnis.

Sistem inventory di pusat mendukung proses penjualan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar dan kepuasan pelanggan yang lebih terjaga. Untuk bisnis distributor berawal dari penawaran hingga pesanan penjualan, proses penjualan harus dikelola dalam waktu singkat pada jumlah stok penetapan harga, dan manajemen kredit di dalam sistem manajemen inventory.

Pemenuhan pesanan seringkali terjadi banyak kesalahan, jika tidak terintegrasi dalam sistem inventory. Sistem inventory yang mengkoordinasikan pengambilan, pengepakan, pengiriman & pelacakan mengurangi kesalahan, meningkatkan kecepatan & akurasi, dan dapat berdampak besar pada kepuasan pelanggan.

Layanan pelanggan mencakup penanganan transaksi dengan cepat & akurat di mana pun transaksi terjadi baik itu online, offline, melalui telepon, media sosial. Sistem inventory sekali lagi menjadi inti dari bisnis ritel dan distributor yang menyediakan informasi real-time yang konsisten untuk semua personel yang berhadapan dengan pelanggan.

Sistem Inventory Turboly

Sistem Inventory Turboly adalah sistem inventory yang kuat yang mencakup semua inventory & alat manajemen bisnis yang diperlukan termasuk manajemen hubungan pelanggan, pembelian, manajemen pesanan penjualan, dan laporan yang variatif untuk pendukung keputusan.

Baca Juga : Fundamental Software POS dan Inventory Management

turboly.com