Perbedaan Retail Management System dan POS System

image

Point of Sale (POS) ataupun Manajemen Ritel adalah sistem yang digunakan untuk membantu menjalankan bisnis retail. Mungkin tidak semua retailer membutuhkan solusi yang sama, ada yang hanya membutuhkan mengelola transaksi harian mereka di dalam toko sedangkan yang lain membutuhkan sesuatu yang lebih kompleks dan kuat.

Mari kita bahas perbedaan antara sistem point of sale (POS) dan retail management system (RMS). Sistem POS dirancang untuk sistem kasir di dalam toko untuk mengelola transaksi harian mereka. Sistem POS dapat memiliki fitur tambahan termasuk diskon, pembayaran dengan EDC, hingga penerimaan voucher. Di sisi lain sebuah sistem manajemen ritel melakukan semua hal yang sama seperti POS tetapi juga mencakup sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang membantu mengelola semua aset tambahan dari bisnis ritel, termasuk inventory, penjualan, akuntansi, dan fungsi back-end lainnya.

Bagi para retailer harap teliti terhadap penawaran Sistem POS yang mengklaim menawarkan rangkaian sistem manajemen ritel lengkap. Banyak Sistem POS meningkatkan fitur dalam software mereka untuk menangani fungsi bisnis tambahan, namun sering kali menciptakan suatu sistem yang tidak user friendly dan tidak pula menawarkan sistem retail management yang sebenarnya. Sistem Retail Management Turboly adalah Sistem POS dengan sistem ERP untuk memberikan solusi rangkaian manajemen ritel lengkap.

Setelah kita tahu bahwa Sistem POS berbeda dari Sistem Manajemen Ritel, saatnya untuk mendalami mana yang tepat untuk bisnis kita.

Faktor terbesar apakah bisnis ritel membutuhkan Sistem POS atau RMS adalah ukuran bisnis. Apakah Anda menjalankan satu toko retail kecil atau apakah memiliki banyak lokasi? Selain ukuran bisnis dan jumlah toko, Anda juga perlu mempertimbangkan volume transaksi saat memutuskan antara POS atau RMS.

Usaha kecil dengan hanya satu atau dua toko kecil mungkin hanya membutuhkan sistem point of sale. Namun demikian, jika satu atau dua toko tersebut terletak di daerah traffic tinggi, selalu sibuk, atau memiliki volume transaksi yang banyak RMS bisa lebih bermanfaat. Sebuah sistem manajemen ritel menjadi kebutuhan ketika perusahaan retail tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk mengelola Sistem POS secara terpisah.

Dengan demikian, retailer juga perlu mempertimbangkan biaya penggunaan Sistem POS per lokasi jika dibandingkan sistem manajemen ritel. Ada banyak sistem POS yang ditawarkan dengan harga murah tetapi ada biaya dan sistem tambahan untuk pemrosesan pembayaran, layanan akuntansi atau keuangan, sistem manajemen inventory, dan banyak lagi. Sementara RMS biasanya lebih mahal daripada sistem POS standar, ini memungkinkan pengecer untuk menjalankan seluruh bisnis mereka menggunakan satu platform tanpa biaya tambahan karena semuanya sudah termasuk.

Penting juga untuk berpikir ke depan ketika memilih solusi yang tepat untuk bisnis Anda. Bisnis Anda mungkin hanya menjadi sebuah toko kecil saat ini, tetapi apakah jika memiliki rencana untuk berkembang dalam beberapa tahun kedepan ? Selalu pikirkan jangka panjang ketika memilih solusi untuk bisnis dan pada akhirnya dapat membantu menghemat biaya. Untuk membantu membuat keputusan ini, pertimbangkan ukuran bisnis Anda dan volume transaksi, budget Anda, dan di mana Anda melihat bisnis Anda dalam lima tahun kedepan.

System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Solusi Retail Management Turboly adalah suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Mengenal Retail Management

turboly.com