Alat dan Tips Mengelola inventory Untuk Distributor Ponsel

image

Bisnis distributor ponsel berurusan dengan penjualan dan pembelian ponsel dan aksesorisnya. Melacak keduanya bisa sangat rumit dan membutuhkan kedisiplinan. Transaksi bisnis distributor ponsel dapat menjadi mudah jika inventory dikelola dan diatur dengan baik.

Mengapa Manajemen Inventory Bagi Distributor Ponsel Penting?

Setiap bisnis yang sukses memiliki manajemen inventory yang efisien. Akan sulit bagi perusahaan distributor untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis tanpa memiliki kontrol inventory yang terorganisir dengan baik. Dalam Bisnis distributor ponsel memiliki sistem inventory manajemen yang dapat berfungsi secara optimal adalah suatu keharusan.

Mengelola inventory ponsel sangat penting bagi bisnis grosir ponsel, berikut adalah alat dan tips untuk mengelola inventory di bisnis grosir ponsel :

Gunakan Sistem Inventory Management Berbasis Cloud

Cara terbaik untuk mengelola inventory adalah dengan memanfaatkan sistem inventory manajemen berbasis cloud. Sistem Inventory manajemen akan mendapatkan data real-time tentang stok dan semua pergerakannya terkait inventory termasuk dengan data history IMEI. Dengan bantuan sistem manajemen inventory, maka inventory dapat dikelola secara efisien. Berikut manfaat sistem inventory management berbasis cloud :

  • Dengan sistem manajemen inventory ini, dapat menyimpan dan melacak pergerakan inventory dari transaksi penjualan dan pembelian.
  • Dapat melacak produk & IMEI dari konfirmasi pesanan (sales order), pengemasan dan pengiriman.
  • Sistem inventory management dilengkapi modul supplier dan pembelian sehingga dapat menambahkan semua kontak bisnis supplier.
  • Sistem Inventory Management akan memberikan informasi setiap kali produk mencapai titik pemesanan ulang/ minimum stock.
  • Sistem manajemen inventory ini, bisa mendapatkan laporan rutin tentang pergerakan barang, status IMEI hingga stock opname

Quality Control Sangat Penting

Kontrol kualitas sangat penting untuk pengelolaan inventory. Quality control akan membantu staff gudang yang bertugas melakukan inspeksi untuk memeriksa stok apakah ada kerusakan dan kesalahan. Laporan inspeksi dapat dicatat secara rinci di sistem inventory, jadi tidak ada kompromi atas kualitas produk.

Ingat, pelanggan datang kepada karena pelayanan dan kualitas ponsel. Jika gagal memberikan kualitas terbaik, maka konsumen mungkin tidak akan datang lagi.

Metode Inventory FIFO

FIFO (first-in, first-out) sangat berguna untuk bisnis distributor ponsel. Itu karena model ponsel baru setiap hari diperkenalkan di pasar. Orang lebih suka mendapatkan ponsel baru dan canggih daripada yang lama. Itulah mengapa harus menggunakan pendekatan FIFO untuk menjaga agar inventory tetap terkelola dengan baik.

Mendeteksi Slow Moving Stock

Manajemen inventory perlu mendeteksi slow moving stock dari informasi ini kita dapat menyusun rencana / membuat keputusan untuk menangani produk slow moving yang tesimpan di gudang. Identifikasi produk yang memiliki penjualan paling sedikit atau tidak ada penjualan dalam enam bulan hingga satu tahun terakhir.

Setelah mendeteksi produk slow moving, implementasikan rencana dan memutuskan apa yang harus lakukan dengan stok itu. Dengan laporan slow moving stock kita juga akan tahu produk mana yang tidak boleh dibeli di masa mendatang. Slow moving stock sangat penting untuk bisnis distributor yang berkaitan dengan ponsel, mengingat produk ponsel dan aksesoris sangat dinamis serta terus berubah. Salah dalam pengambilan keputusan akan sangat berpengaruh pada cashflow perusahaan.

Alokasikan Lokasi Stock di Gudang

Untuk mengelola inventory ponsel secara efisien, harus mempermudah staff untuk menemukan barang-barang tersebut. Strategi menetapkan lokasi ke setiap stok ponsel dan aksesoris dalam prosedur penyimpanan adalah solusi terbaik. Jadi ada 2 informasi yang perlu dicatat pertama IMEI dan kedua stock allocation.

Saat mengimplementasikan stock allocation di sistem manajemen inventory, Anda dapat menemukan item apa pun dalam waktu yang singkat. Ini sangat berguna jika perusahaan memiliki lebih dari satu gudang.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis distributor ponsel, pastikan inventory dikelola dengan baik. Dengan solusi terukur dari Turboly, bisnis dapat bertumbuh secara alami. Fitur multi-gudang berbasis cloud membantu Anda mengelola bisnis distributor Elektronik, Komputer & Ponsel Anda sekaligus sekaligus menginformasikan strategi yang tepat untuk keberhasilan masing-masing lokasi.

Baca Juga : Bagaimana Bisnis B2B Dapat Mengimplementasikan ERP dengan Terbaik?

turboly.com