Kunci Sukses Membangun Bisnis Distributor

image

Ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses di bisnis grosir dan distribusi seperti manajemen dan role bisnis, jika dengan tata kelola perusahaan yang baik akan menjadi senjata untuk memenangkan persaingan. Tidak sedikit bisnis yang terkena dampak signifikan dari inflasi dan resesi yang sedang berlangsung, tapi di sisi lain ada juga perusahaan yang justru berkembang misalnya oli pelumas kendaraan. Kondisi ini mendorong tumbuhnya lapangan usaha baru seperti distribusi. Kebutuhan akan kecepatan dan kemudahan kedatangan barang tepat waktu membuat muncul distributor-distributor baru. Skala usahanya pun beragam, mulai dari skala kecil, menengah, atau perluasan perusahaan besar.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis distributor, antara lain sebagai berikut:

Melakukan Riset dan Analisis Pasar Secara Berkala

Sangat penting untuk melakukan banyak riset pasar sebelum dan saat menjalankan bisnis tidak terkecuali bisnis distributor oli pelumas kendaraan. Misalnya melakukan observasi kepada kompetitor, lalu pahami kebutuhan pelanggan terhadap tantangan baru yang harus dihadapi. Kondisi pasar merupakan faktor penting, karena ini akan menentukan arah produk yang akan didistribusikan nantinya. Jika pasarnya tepat, maka perputaran produk akan lancar dan bisnis akan berjalan dengan baik.

Menentukan Rantai Distribusi yang Tepat

Sederhananya, distributor tangan pertama yang menyalurkan produk dari produsen ke toko retail atau konsumen pengguna. Keuntungan umumnya diperoleh dari potongan harga dari produsen ke toko retail, semakin banyak jenis dan jumlah produk yang didistribusikan maka akan semakin tinggi keuntungan yang didapatkan. Perlu diingat dalam bisnis distribusi, rantai pasokan adalah hal paling krusial. Maka semakin sederhana rantai distribusi, semakin efisien bisnis distributor. Rantai distribusi dengan birokrasi yang panjang akan menambah biaya dan membuat pekerjaan tidak efisien, dan tentunya ini akan memperlambat bisnis berjalan.

Mengelola Inventory Stock Dengan Efisien

Distributor yang baik harus dapat menjamin ketersediaan stock di gudang, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Stok barang di gudang sangat menentukan ketersediaan barang di pasar yang berpengaruh kepada kredibilitas sebuah merek. Keterlambatan pengiriman dan pengawasan batch & tanggal kadaluarsa barang yang tidak akurat, akan membuat konsumen memilih produk kompetitor. Software Inventory Batch dan Expiry adalah solusi tepat, manajemen inventory mulai dari penjualan, pemesanan barang hingga pelacakan pengiriman semuanya dapat diakses secara real time dan akurat oleh semua bagian.

Menjaga Arus Kas

Setiap lini bisnis pada dasarnya tergantung kepada manajemen keuangan yang baik, karena ini sebagai penentu awal keberhasilan setiap jenis usaha. Baik itu usaha kecil, menengah atau besar tanpa manajemen keuangan yang sehat maka akan mengganggu berjalannya bisnis tersebut. Dalam bisnis distribusi ini menjadi sangat krusial karena sistem pembayaran antara distributor dan retailer bisa berbeda untuk setiap produk atau produsen. Turboly adalah Sistem ERP distributor yang dapat dijadikan pilihan, Turboly merupakan sistem yang cukup lengkap mulai dari manajemen inventory, manajemen gudang, analisis penjualan hingga akuntansi semuanya digabungkan dalam sistem yang sederhana dan mudah dipahami, dengan Sistem Akuntansi Turboly tentunya akan membantu staf menjaga arus kas tetap sehat sehingga bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Bangun Tim Sales yang Solid

Tidak diragukan lagi bahwa tim sales adalah ujung tombak bagi sebuah bisnis, tanpa adanya tim sales sebagus apapun sebuah bisnis atau produk tidak mungkin untuk bertumbuh. Dalam bidang distribusi tim sales bukan sekedar membawa barang ke retail, lebih dari itu mereka membangun strategi dan menjalin hubungan baik dengan retailer. Tim sales dituntut agar bisa membaca kondisi pasar, mengembangkan pasar dan membuat laporan yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Untuk efisiensi waktu dan menghindari pembuatan laporan yang rumit karena harus menggabungkan data dari beberapa aplikasi, maka tim sales memerlukan sebuah sistem yang dapat menyederhanakan proses pelaporan penjualan. Misalnya dengan Sistem ERP Distributor yang dapat menyimpan semua history penjualan secara akurat sehingga tim sales dapat menyajikan data untuk dijadikan sebagai pengambilan keputusan yang bijak bagi perusahaan.

Solusi Turboly ERP grosir distribusi akan meningkatkan perkiraan arus kas, tingkat pemenuhan pesanan, pembelian, keuangan dan akuntansi pada akhirnya mengoptimalkan bisnis Anda dari awal hingga akhir.

Baca Juga : Bagaimana Bisnis B2B Dapat Mengimplementasikan ERP dengan Terbaik?

turboly.com