5 Tips Meningkatkan Teknik Upselling Di Toko Kosmetik

image

Dari sudut pandang pemilik bisnis ritel kosmetik, upselling adalah bagian penting untuk meningkatkan penjualan dan memastikan kesuksesan perusahaan. Upselling dapat diibaratkan pepatah “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui”. Tugas seorang beauty assistant (BA) di toko kosmetik selain memberikan layanan konsultasi juga harus mampu melakukan upselling dengan menyarankan konsumen memilih produk kosmetik yang lebih mahal dari keduanya karena lebih tahan lama, lebih mudah dibawa, dan lebih mudah larut, dan sebagainya. Upselling umumnya ketika produk sejenis, tetapi satu merek lebih mahal, memiliki lebih banyak manfaatnya, dll. Staff BA dapat meningkatkan jumlah penjualan sekaligus memberikan nilai bagi pelanggan.

Tidak semua staff BA memiliki jiwa penjual yang alami maka dari itu, berikut adalah 5 tips upselling yang dapat dibagikan ke mereka :

Ajukan Pertanyaan Kebutuhan Pelanggan

Mengenal pelanggan adalah langkah pertama untuk membuat mereka merasa nyaman. Ajukan pertanyaan kepada mereka tentang apa yang mereka cari, berapa banyak yang ingin mereka belanjakan, produk apa yang mereka gunakan saat ini, apa yang mereka suka atau tidak suka tentang produk yang mereka miliki sekarang. Dengarkan baik-baik jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, karena dapat memberikan informasi yang berharga dan akan membantu mereka saat benar-benar melakukan upselling atau cross-selling.

Tunjukkan Nilai Sebuah Produk

Strategi apa pun yang digunakan okeh BA, mereka harus selalu berusaha menunjukkan nilai produk kepada pelanggan. Jika mereka membeli lipstik, jelaskan cara kerjanya sesuai dengan jenis kulit mereka atau cara membuatnya dengan bahan-bahan alami (temukan nilai yang akan memicu minat pelanggan berdasarkan cara mereka menjawab pertanyaan yang diajukan).

Berikan Saran yang Masuk Akal

Pikirkan hal ini baik dari segi produk maupun poin harga. Inilah mengapa sangat penting untuk tidak hanya mengajukan pertanyaan, tetapi juga mengajukan pertanyaan yang tepat, dan mendengarkan dengan cermat. Jika pelanggan mengatakan bahwa mereka tidak ingin membelanjakan lebih dari harga tertentu untuk sebuah eyeliner misalnya, jangan pernah coba untuk menawarkan produk sejenis yang lebih murah, namun temukan pasangan produk lain agar lebih sesuai. Jangan terlalu agresif karena pelanggan biasanya cukup pandai mengenali ketika mencoba untuk upselling.

Bukan Tentang Apa yang Disampaikan, Ini Bagaimana Cara Menyampaikannya

Ada skill tertentu yang harus dimiliki oleh seorang penjual yang hebat, dan ini sering kali datang dengan pengalaman bertahun-tahun di industri ritel kosmetik. Namun, penjual yang hebat tidak hanya tahu apa yang harus disampaikan, tetapi juga bagaimana menyampaikannya dengan cara yang wajar dan tidak terkesan memaksa.

Gunakan Sistem Point of Sale (POS) Retail Kosmetik

Seorang tenaga penjualan dapat belajar bagaimana menjadi lebih baik dalam upselling dan cross-selling dengan latihan dan pengalaman, tetapi juga bermanfaat ketika mereka memiliki alat yang tepat. Sistem POS Retail Kosmetik Turboly, akan membuat pengalaman berbelanja pelanggan senyaman mungkin.

Di sistem POS Retail Kosmetik Turboly, sistem akan menawarkan rekomendasi penjualan berdasarkan pesanan pelanggan sehingga karyawan tidak perlu mencari sesuatu untuk ditawarkan. Sistem point of sale juga memudahkan untuk menemukan barang langsung di toko dengan produk yang disusun berdasarkan kelompok, warna, gaya, ukuran, dan lainnya.