Strategi Soft Selling untuk Mendongkrak Penjualan Retail Kosmetik

image

Menjual produk kosmetik adalah pekerjaan yang cukup sulit, karena produknya mencerminkan kecantikan dan nuansa yang anggun. Sebagai pemilik bisnis juga kita dituntut untuk memiliki pengetahuan luas tentang produk yang kita jual, dengan pengetahuan ini akan mempermudah pekerjaan dalam mengembangkan bisnis kosmetik. Misalnya saat merekrut karyawan Anda dapat menilai secara langsung wawasan calon karyawan apakah masuk kriteria atau tidak. Dalam beberapa kasus ada pelanggan yang datang ingin mencari suatu produk namun mereka tidak langsung membelinya tapi mereka ingin berbincang dengan staf untuk berkonsultasi beberapa produk, dengan staf yang memiliki wawasan luas akan memberikan saran relevan yang membuat pelanggan merasa senang dan membuat mereka membeli lebih banyak produk. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mendongkrak penjualan kosmetik.

1. Atur Susunan Produk Dengan Sempurna

Seperti yang dikatakan di awal bahwasanya kosmetik melambangkan nuansa anggun dan cantik, artinya semua hal-hal yang berhubungan dengan nya harus di desain semenarik mungkin. Begitu juga dengan penempatan produk tidak boleh asal-asalan, berikan beberapa lampu sorot kecil ke sebuah produk yang memiliki harga tinggi agar terlihat mewah dan menarik perhatian pelanggan.

2. Berikan Hal Baru Secara Berkala

Pelanggan yang setia dengan merek yang Anda bangun, pasti mereka sering ke toko untuk berkonsultasi atau mencari produk yang dibutuhkan. Pelanggan setia mungkin sampai hafal dengan desain ruangan, warna dan tata letak produk di rak display. Dengan nuansa yang sama dan berulang itu akan menimbulkan kebosanan, untuk menghindari itu maka lakukanlah perubahan secara berkala baik itu produk atau nuansa ruangan.

3. Bundling Produk

Dalam berbisnis tentunya sudah tidak asing jika dalam beberapa jenis produk yang kita jual ada yang fast moving dan slow moving. Tapi bukan berarti itu adalah masalah yang tidak bisa selesaikan, gunakan history penjualan untuk melihat produk mana saja yang fast moving dan mana yang kurang laku. Gunakan strategi bundling satukan produk fast moving dengan yang produk yang sulit untuk dijual, dengan cara ini akan mempercepat penjualan produk slow moving dan mengubahnya menjadi laba perusahaan.

4. Tawarkan Jasa Konsultasi

Kenali kepribadian dan kebutuhan pelanggan, dengan mengetahui apa yang dicari pelanggan akan mempermudah dalam merekomendasikan kosmetik sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya pelanggan suka dengan produk organik dan harga terjangkau, maka staf lebih mudah memberikan saran dalam memilih produk sesuai minat dan kebutuhan pelanggan, ini tidak hanya menghemat uang pelanggan tapi juga akan meningkatkan loyalitas terhadap merek yang dijual.

Di pos erp untuk retail kosmetik, sistem akan menawarkan rekomendasi penjualan berdasarkan pesanan pelanggan sehingga karyawan tidak perlu mencari sesuatu untuk ditawarkan. Sistem point of sale juga memudahkan untuk menemukan barang langsung di toko dengan produk yang disusun berdasarkan kelompok, warna, gaya, ukuran, dan lainnya.

turboly.com