Pentingnya Analisis Harian Arus Kas di Bisnis Franchise Bengkel

image

Mengelola beberapa aspek keuangan dalam bisnis memang cukup rumit, hal ini juga dihadapi saat mengelola bisnis franchise bengkel. Pemilik waralaba perlu memperhatikan informasi keuangan dengan cermat, baik itu laporan harian atau laporan bulanan. Untuk melihat perkembangan bisnis waralaba dengan lebih cermat, pemilik waralaba harus memiliki perhatian yang khusus laporan harian. Hal yang paling sederhana adalah mengetahui total penjualan harian, jumlah stock yang tersedia dan berapa penerimaan kas yang diterima.

Arus Kas Masuk

Satu kebiasaan yang harus dimiliki pemilik bisnis baik itu franchise atau non franchise untuk membaca laporan harian. Dari laporan harian ini pemilik bisnis akan mendapat informasi berapa banyak penjualan yang terjadi dan berapa jumlah arus masuk yang diterima dari penjualan tersebut. Dari laporan sederhana ini gambaran kondisi dapat tercerminkan dengan baik. Apakah bisnis berjalan sesuai target harian atau apakah kondisi bisnis sedang lesu karena penjualan dan arus kas masuk tidak sesuai harapan. Dari informasi singkat arus kas ini pemilik bisnis mampu membuat analisa penyebab peningkatan atau penurunan penjualan dikarenakan daya beli berkurang, akibat dari kondisi ekonomi yang kurang baik atau dampak dari produk dan layanan tidak memenuhi kebutuhan pelanggan.

Arus Kas Keluar

Melacak arus kas keluar adalah satu pekerjaan yang rumit, karena membutuhkan ketelitian dan pengetahuan mengenai penggunaan kas. Bukan hanya di bisnis franchise saja tapi hampir di semua bidang usaha. Meski begitu sangat penting bagi pemilik bisnis untuk membaca arus kas keluar ini untuk mengetahui dengan pasti kemana uang itu dibelanjakan atau dikeluarkan. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa uang itu digunakan atau dibelanjakan sesuai kebutuhan bisnis.

Inventory

Inventory merupakan hal yang krusial atau bisa disebut sebagai jantung dalam bisnis franchise. Oleh karena itu penting bagi pemilik waralaba untuk mengetahui secara akurat berapa jumlah stok produk atau bahan produksi untuk memastikan bahwa bisnis franchise dapat beroperasi dengan baik tanpa kendala. Hal ini juga untuk memastikan bahwa bisnis berjalan sesuai target untuk menjaga profitabilitas bisnis franchise. Hal ini penting karena kehilangan inventory akan menimbulkan kerugian arus kas secara signifikan. Kehilangan inventory akan menimbulkan dampak kerugian ganda, disatu sisi bisnis akan mengalami kerugian secara materi, disisi lain kehilangan inventory juga mengakibatkan hilangnya kesempatan penjualan yang artinya peluang mendapatkan arus kas masuk menjadi berkurang.

Manajemen Franchise Turboly dirancang khusus untuk bisnis waralaba. Ini menawarkan berbagai cara untuk mengelola bisnis waralaba Anda. Kami memberikan visibilitas franchisor dari semua transaksi di semua franchisee secara real-time. Pada saat yang sama, pewaralaba juga memiliki otoritas sendiri untuk menjalankan bisnis mereka dengan cara yang berbeda.

Baca Juga : Perbedaan Investor Aktif dan Pasif dalam Bisnis Franchise

turboly.com