Cara membangun bisnis kosmetik di e-commerce

image

Cara membangun bisnis kosmetik di e-commerce

E-commerce semakin hari semakin berkembang pesat, hampir semua kalangan kini sudah menggunakanya untuk berbelanja berbagai macam kategori kebutuhan mulai dari elektronik, fashion, dapur, perawatan tubuh, kesehatan, kecantikan dll. Ini merupakan peluang besar untuk ritel mulai membangun bisnis kosmetik dan produk kecantikan melalui platform e-commerce untuk mengembangkan bisnis kosmetik agar menjadi lebih besar.

Namun, karena persaingan di e-commerce sangat ketat ritel tidak boleh asal-asalan dalam membangun sebuah ekosistem e-commerce. Perlu melakukan beberapa riset terlebih dahulu, misalnya seperti apa kualitas pelayanan kompetitor, dari mana mereka mendapatkan strategi apa yang mereka gunakan dll. Tujuannya agar kita bisa mencatat kelebihan dan kekurangan masing-masing kompetitor dan membuat bisnis kita lebih unggul. Berikut adalah beberapa tips cara membangun bisnis kosmetik di e-commerce:

Tentukan fokus bisnis

Selain memiliki banyak kompetitor, membangun bisnis kosmetik di e-commerce juga memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga kita perlu menentukan ke arah mana bisnis akan bergerak. Sebagai pemilik bisnis kita harus memiliki ide-ide baru untuk menghadapi tantangan dalam bisnis kosmetik, memiliki fokus terhadap kategori produk yang akan dijual akan membantu pelanggan mudah menemukan produk dan toko online akan memiliki karakteristik yang kuat. Dengan menentukan fokus kategori bisnis itu akan mempermudah kita dalam mengembangkan dan menentukan strategi bisnis.

Menentukan Target Pasar

Setelah menentukan produk apa yang akan dijual, selanjutnya kita harus menentukan siapa target pasar kita. Karena saat menjalankan bisnis tanpa tahu produk ini cocok untuk siapa, produk ini untuk segmen anak muda atau dewasa, pria atau wanita semuanya harus diperhitungkan. Memiliki pemahaman tentang basis target pasar akan membantu dalam banyak hal, seperti penentuan harga dan menyusun strategi pemasaran yang lebih akurat sehingga bisnis bisa lebih fokus terhadap kualitas produk serta kepuasan pelanggan.

Membuat website bisnis kosmetik

Dalam membangun bisnis e-commerce selain kualitas kita juga harus bisa memberikan kepercayaan kepada calon pelanggan, salah satu caranya adalah dengan membuat website dengan desain yang mencerminkan karakter produk dan bisnis sesuai agar terlihat profesional. Dengan memiliki website bisnis kosmetik bisa menjelaskan tentang produk yang dijual dengan lebih detail kepada pelanggan.

Menjaga hubungan baik dengan supplier

Memenuhi kebutuhan pelanggan tentu menjadi kewajiban dalam berbagai bisnis, sama halnya dengan membangun bisnis e-commerce jika tidak dapat memenuhi pesanan atau harapan pelanggan maka bisnis tidak dapat beroperasi dengan baik. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan supplier misalnya membayar tagihan tepat waktu.

Memilih supplier yang tepat

Dalam berbisnis kita harus bisa memastikan ketersediaan produk agar terus dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, oleh karena itu kita harus memilih dan mendapatkan produk dari supplier yang tepat. Memiliki beberapa supplier kosmetik juga sangat membantu jika terjadi kendala dalam pemesanan, memiliki lebih dari satu supplier untuk memenuhi kebutuhan toko itu sangat efektif mengurangi ketergantungan pada satu supplier saja dan tentu ini akan membuat bisnis lebih fleksibel.

Memiliki Sistem POS yang tepat

Menjalankan bisnis kosmetik secara online, tentu harus memiliki sistem POS retail kosmetik yang tepat sehingga dapat memberikan data yang akurat dan dipercaya. Selain itu dengan memiliki sistem POS yang tepat akan memudahkan kontrol manajemen inventory untuk memastikan level stok persedian dalam kondisi baik. Dengan sistem POS kita dapat menghemat waktu, karena setiap kali melakukan penjualan sistem akan otomatis memberikan laporan penjualan secara real-time.

Di pos erp untuk retail kosmetik, sistem akan menawarkan rekomendasi penjualan berdasarkan pesanan pelanggan sehingga karyawan tidak perlu mencari sesuatu untuk ditawarkan. Sistem point of sale juga memudahkan untuk menemukan barang langsung di toko dengan produk yang disusun berdasarkan kelompok, warna, gaya, ukuran, dan lainnya.

turboly.com