Tips Memaksimalkan Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Kosmetik

image

Dalam menjalankan bisnis terkadang kita mendapati toko sepi pengunjung, tentu ada banyak faktor penyebabnya. Dan untuk mengatasi hal tersebut ritel dapat menjalankan strategi promosi untuk meningkatkan traffic toko, strategi promosi adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan khususnya di speciality retail produk kecantikan dan kosmetik.

Namun, menjalankan promosi bukan hanya sekedar menuliskan diskon atau sale di depan toko. Dalam menjalankan promosi ritel harus memiliki perhitungan yang matang serta memilih jenis promosi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai target. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan promosi pada bisnis ritel:

Penawaran Terbatas

Dalam menjalankan promosi, harapan terbesar hasil akhirnya adalah untuk meningkatkan penjualan ataupun profitabilitas bisnis. Namun perlu diingat, bahwa menjalankan promosi juga harus memikirkan berapa lama masa promosi berlaku. Promosi tanpa memiliki tanggal berakhir atau terlalu lama akan menurunkan kinerja promosi dan mengurangi niat beli pelanggan, oleh karena itu promosi harus memiliki tanggal berakhir dan tidak boleh berjalan terlalu lama. Ini bertujuan agar pelanggan memiliki rasa urgensi, sehingga pelanggan akan segera membeli produk sebelum masa promo berakhir.

Gunakan History Penjualan

Jika ritel memiliki sistem POS maka staf dapat melihat kebiasaan pelanggan dalam berbelanja, dengan memanfaatkan semua data yang tersimpan dalam history penjualan itu akan sangat bermanfaat dalam menjalankan promosi yang tepat. Kirimkan pemberitahuan khusus lewat pesan singkat ataupun email tentang produk yang biasa pelanggan beli atau produk best seller sedang diskon, agar pelanggan segera melakukan pembelian sebelum promo berakhir.

Promosi Berdasarkan Tema

Buatlah penawaran promosi dengan dibarengi tema tertentu, agar penawaran yang diberikan toko berbeda dengan kompetitor dan pelanggan mudah mengingatnya. Cara paling mudah dalam menentukan tema promosi adalah buatlah tema pada hari-hari peringatan misalnya promosi mengadopsi tema hari wanita. Maka buatlah promosi untuk produk-produk yang memang dibutuhkan kalangan wanita, dengan ini promosi dapat memenuhi target penjualan yang sudah ditentukan.

Tawarkan Program Loyalitas

Jika sudah memiliki pelanggan loyal ada baiknya ritel membuat program loyalitas untuk pelanggan setia, program loyalitas yang dikelola dengan baik akan menarik pelanggan baru untuk bergabung dan akan meningkatkan penjualan. Buatlah program eksklusif untuk pelanggan loyal, dengan membuat promosi khusus untuk pelanggan loyal mereka akan menyambut niat baik pemilik bisnis dengan senang hati dan akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Buat Promosi Berdasarkan Segmen

Untuk menjangkau pasar yang sesuai ritel harus dapat mengelompokan segmen pelanggan misalnya berdasarkan gender, rentan usia atau kebiasaan belanja melalui history penjualan. Jika ritel memiliki pelanggan tetap yang biasa berbelanja dengan jumlah besar, maka cobalah untuk membuat diskon khusus untuk mereka. Dengan cara ini, selain meningkatkan penjualan bisnis juga membangun hubungan baik dengan pelanggan dan memenuhi ekspektasi pelanggan.

Mengimplementasikan Promo Lewat Sistem POS

Strategi promosi sudah terbukti dapat menghasilkan skala penjualan yang signifikan, untuk memaksimalkan promosi ritel harus dapat melakukan pelacakan level stok produk dengan akurat dan cepat. Ritel dapat melakukan pelacakan stok level dengan cara manual maupun dengan sistem POS ritel, namun perlu diingat bahwa menjalankan pelacakan level stok menggunakan cara manual akan membuang waktu dan mengurangi keakuratan data. Jadi solusi terbaik adalah menggunakan sistem POS ritel yang memungkinkan penerapan diskon dan melacak level stok serta penjualan dengan lebih mudah dan akurat secara real-time.

Di pos erp untuk retail kosmetik, sistem akan menawarkan rekomendasi penjualan berdasarkan pesanan pelanggan sehingga karyawan tidak perlu mencari sesuatu untuk ditawarkan. Sistem point of sale juga memudahkan untuk menemukan barang langsung di toko dengan produk yang disusun berdasarkan kelompok, warna, gaya, ukuran, dan lainnya.

turboly.com