Efisien Mengelola Gudang Persediaan Distributor Suku Cadang Kendaraan

image

Bisnis distributor suku cadang kendaraan sangat bergantung pada ketersediaan barang, ketersediaan barang merupakan kunci penting dalam kelangsungan hidup bisnis. Selain fokus dalam pengelolaan piutang, juga tidak boleh lupa untuk mengelola gudang. Gudang persediaan harus dikelola dengan baik mulai dari tata letak produk, kebersihan gudang hingga sistem keamanan di gudang.

Aktivitas di dalam gudang tidak kalah sibuk dengan aktivitas penjualan dan penagihan. Banyak hal yang harus dilakukan dengan cermat dan tepat agar kondisi suku cadang tetap baik dan bisa memenuhi harapan pelanggan.

1. JAGA KEBERSIHAN GUDANG

Penting untuk menjaga kebersihan gudang, agar tidak mengganggu aktivitas staff dan pergerakan barang di dalam gudang. Jangan biarkan ada kardus suku cadang atau drum oli di lokasi pergerakan barang karena selain mengganggu lalu lintas barang juga bisa mengakibatkan kerusakan. Selain itu, jika kondisi gudang rapi dan bersih maka akan membuat suasana bekerja akan lebih terasa nyaman dan pasti akan jadi lebih aman.

2. PENERANGAN YANG CUKUP

Pastikan setiap sudut dari gudang tetap terang. Pastikan setiap sudut harus dipasangi dengan lampu yang memadai atau mendapatkan cahaya yang cukup. Walaupun suku cadang tidak mudah rusak, namun suhu lembab dalam waktu yang lama akan membuat kualitas suku cadang dan oli bisa menurun atau rusak.

3. TATA LETAK PRODUK

Untuk memberi kemudahan dalam menemukan produk, setiap produk harus diletakkan sesuai dengan kategori masing-masing. Pisahkan suku cadang berdasarkan merk atau jenis mobil, begitu juga dengan oli pisahkan sesuai dengan jenis dan merknya. Agar mudah dalam proses pencarian sehingga kinerja staff gudang juga lebih cepat. Tata letak yang baik juga akan memudahkan saat melakukan stock opname.

4. MEMPERKERJAKAN PEGAWAI TERLATIH

Aktivitas di gudang pasti melibatkan berbagai perlengkapan dan alat, untuk mengoperasikan perlengkapan tersebut dibutuhkan keahlian. Jangan biarkan peralatan dikendalikan oleh pegawai yang tidak terlatih. Alat-alat tersebut harus dioperasikan oleh pegawai yang sudah terlatih, sudah mengetahui seluk-beluk dari alat-alat tersebut. Untuk aktivitas gudang lainnya juga harus dikerjakan oleh pegawai yang berpengalaman di bidangnya, bukan pegawai amatir.

5. LENGKAPI DENGAN SECURITY SYSTEM

Lengkapi gudang dengan sistem keamanan yang memadai, sediakan ruang control khusus yang dapat memantau seluruh area di gudang. Setiap sudut dipasangi dengan kamera cctv. Dan juga anda harus tanggap terhadap kebakaran. Jangan lupa untuk memasang alarm kebakaran di gudang.

6. SISTEM INVENTORY MANAGEMENT

Segala aktivitas di gudang baik barang yang masuk atau keluar harus tercatat dengan baik. Dengan membangun sebuah inventory management anda dapat dengan mudah mengontrol segala aktivitas tersebut. Akan lebih baik jika inventory management berbasis program computer, prosesnya akan lebih cepat dan hasilnya lebih akurat. Latih pegawai anda agar mampu mengoperasikan inventory management tersebut.

Program bengkel Turboly menjadi solusi bisnis bengkel otomotif, manajemen persediaan, keuangan dan akuntansi cukup fleksibel yang dirancang khusus untuk industri kendaraan bermotor dan penjualan suku cadang untuk semua jenis bengkel otomotif.

Baca Juga : Penyebab Terjadinya Kehabisan Stok Pada Bisnis Ritel

turboly.com