Jangan Salah Lagi, Kenali 7 Tipe Bisnis Retail ini

image

Sebagian besar konsumen tidak memperhatikan “jenistoko ritel tempat mereka berbelanja, selama mereka bisa mendapatkan apa yang mereka cari. Namun, kategori toko ritel yang berbeda penting untuk menciptakan pengalaman pelanggan dan memenuhi harapan mereka.

Mengetahui berbagai kategori ritel dan di mana toko ritel berada dapat membantu mengembangkan rencana merchandising yang solid untuk memaksimalkan penjualan dan kunjungan kembali. Sekaligus untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada konsumen agar tidak salah persepsi.

7 Jenis Toko Ritel

Jenis toko ritel mempengaruhi segala hal, mulai dari tata letak toko hingga jenis pelanggan yang Anda tarik. Mari kita lihat berbagai kategori ritel yang berbeda secara lebih rinci.

1. Toko Kelontong/Minimarket

Toko kelontong dan supermarket menyediakan berbagai macam produk makanan. Pilihannya biasanya meliputi makanan segar dan kemasan, minuman, makanan hewan peliharaan, dan produk rumah tangga dasar sabun dan bumbu masakan. Alfamart dan Indomaret adalah contoh dari kategori minimarket atau supermarket yang dikenal di Indonesia.

2. Convenience Store

Berukuran kecil dan menawarkan pengalaman “perjalanan singkat”, toko serba ada memiliki ciri khas dengan jam buka yang lebih panjang dan lokasi yang nyaman. Mereka biasanya menyediakan pilihan makanan dan minuman dasar, alkohol, dan kebutuhan sehari-hari. Banyak juga yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar sebagai bagian dari operasi mereka. 7-Eleven, Circle-K , dan Minimart adalah contoh model Convenience Store.

3. Superstore

Retail jenis ini menempati ruang fisik yang sangat luas dan memasok berbagai barang dalam berbagai kategori produk. Misalnya, Anda bisa membeli tanaman, sabun cuci tangan, perlengkapan elektornik rumah hingga alat pertukangan di toko yang sama.

Tata letak grid atau loop adalah yang paling umum di superstore, dengan grid didefinisikan sebagai kelompok lorong yang padat untuk dijelajahi pelanggan.

4. Speciality Store

Speciality Store atau toko produk khusus sesuai dengan namanya dengan memiliki berbagai macam merek, gaya, atau model dalam kategori produk yang sama (homogen). Contohnya termasuk toko suku cadang mobil, toko kosmetik, optik, toko handphone dan dan toko buku.

Ukuran rata-rata toko khusus akan sangat bervariasi tergantung pada jenis tokonya. Speciality stores dapat menggunakan berbagai jenis tata letak berdasarkan skala operasi mereka. Untuk toko yang lebih kecil, tata letak aliran bebas akan mengundang rasa ingin tahu, sementara tata letak kisi, lingkaran, atau diagonal optimal untuk toko menengah dan besar.

5. Department Store

Sering ditemukan di mal, department store adalah peritel yang menawarkan berbagai macam barang konsumen di berbagai area (atau departemen) toko. Department Store memiliki reputasi sebagai toko yang sedikit lebih mahal daripada toko sejenis dan menjual merek-merek kelas atas. Sogo, Central dan Matahari termasuk dalam kategori department store.

6. Toko Barang Diskon

Dikenal karena memiliki harga yang lebih rendah dari harga rata-rata, rahasia toko diskon terletak pada barang dagangan. Peritel bertujuan untuk memberikan kesan menawarkan semua produk mereka dengan harga lebih murah dari harga eceran rata-rata.

7. Warehouse Retail

Peritel gudang, seperti Lotte Grosir, adalah peritel makanan dan produk yang menawarkan barang dalam jumlah besar dengan diskon menarik. Toko-toko ini menciptakan pengalaman tanpa embel-embel dan sebaliknya fokus pada memindahkan produk dalam volume yang lebih tinggi.

Manakah dari jenis toko ritel di atas, toko Anda termasuk dalam kategori apa? Mengetahui karakteristik unik toko dan tata letaknya yang khas dapat membantu membuat keputusan yang tepat tentang cara memasarkan produk. Memaksimalkan kunjungan setiap konsumen dengan strategi display di tempat yang paling mungkin untuk diperhatikan.

Jika Anda memiliki toko retail jenis speciality store, System Retail Management Turboly memberikan solusi lebih dari sekedar Sistem Point of Sale (POS). Solusi Retail Management Turboly yang diciptakan khusus untuk speciality store menjadi suatu platform retail management terlengkap untuk mendukung pertumbuhan bisnis retail Anda.

Baca Juga : Cara Memilih Software Manajemen Ritel yang Tepat

turboly.com