Tips Melakukan Penagihan Agar Dibayar Tepat Waktu

image

Dalam dunia bisnis apapun bidangnya, kita pasti menginginkan pembayaran piutang yang tepat waktu dari pelanggan atas apa yang kita berikan baik itu jasa atau produk. Tapi dalam beberapa kasus pelanggan tidak bisa membayar sesuai waktu yang sudah ditetapkan, dan tentu saja hal itu mempengaruhi arus kas perusahaan.

Mentolerir keterlambatan tagihan yang sudah jatuh tempo mungkin bukan hal buruk, tapi perlu diingat jika perusahaan terus-terusan melakukan hal itu mungkin akan berdampak pada kekurangan modal kerja yang dapat mengancam kelangsungan perusahaan. Untuk menghindari masalah tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan agar pelanggan membayar tepat waktu:

Buat ketentuan syarat pembayaran dengan jelas

Dalam melakukan bisnis kita sering mengalami perdebatan dengan klien disebabkan masalah penagihan, ini bisa terjadi biasanya karena ketentuan syarat pembayaran yang kurang jelas. Hal ini dapat diatasi dengan membuat ketentuan syarat pembayaran dengan jelas untuk memastikan tidak ada kesalahpahaman baik supplier atau klien.

Menerbitkan Invoice lebih cepat

Menerima pembayaran dengan cepat dari klien tentu akan mempermudah menjalankan strategi bisnis, oleh karena itu tidak ada salahnya setelah pengiriman barang dan telah diterima klien segera terbitkan faktur agar klien segera melakukan pembayaran. Jika perusahaan menerima pemesanan dalam jumlah besar, ada baiknya melakukan negosiasi untuk pembayaran di muka untuk menghindari resiko gagal bayar.

Kontrol Piutang Secara Reguler

Setelah mengirimkan tagihan kepada klien, tugas selanjutnya adalah memantau pembayaran klien. Apakah klien membayar lebih awal, tepat waktu atau bahkan terlambat. Jika perusahaan dapat melacak pembayaran secara akurat, perusahaan dapat melihat kebiasaan klien mana yang sering melakukan pembayaran secara terlambat dan menindaklanjuti agar klien tidak melakukannya kembali.

Berikan Diskon Pembayaran Awal

Membangun hubungan baik antara pelanggan dan pemasok akan meningkatkan kepercayaan satu sama lain dan berujung pembayaran lebih awal. Selain dengan cara tersebut perusahaan juga dapat melakukan penawaran diskon jika pelanggan melakukan pembayaran lebih awal, untuk melakukan cara ini perusahaan harus menghitung dengan detail agar tidak merugikan perusahaan.

Sistem Keuangan & Akuntansi Turboly lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.