Cara Enterprise Resource Planning Mendorong Pertumbuhan Bisnis

image

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem yang telah terbukti sangat bermanfaat dalam membantu perusahaan dalam efisiensi biaya namun tetap relevan pada dinamika bisnis yang terus berubah, serta meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. Saat ini, perusahaan harus dapat beradaptasi dengan cepat dengan menerima solusi ERP untuk menjaga perusahaan tetap on track. Menggunakan sistem ERP sangatlah penting, jika tidak, bisnis dapat tergerus dalam kompetisi pasar.

Mengapa ERP berguna, dan apa saja manfaat yang ditawarkannya?

Ada alasan kuat mengapa perusahaan memilih untuk berinvestasi dalam ERP. Mengingat banyaknya manfaat yang diberikan, wajar dan masuk akal jika lebih banyak perusahaan mulai memberikan perhatian pada bagian ini..

Solusi ERP memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya. Ketika efisiensi ini mencapai dan memenuhi berbagai proses alur kerja bisnis, hal ini memberikan informasi dan data yang luas ke hampir semua aspek bisnis. Untuk konsistensi dan untuk memastikan bahwa pekerjaan berjalan tanpa hambatan, sistem ERP menyimpan semua data penting seperti bill of material (BOM), proses operasional mulai dari pembelian hingga penjualan, dan daftar supplier dalam satu tempat terpusat. Data dan informasi ini kemudian dapat diakses oleh anggota tim yang relevan, yang kemudian membantu mereka berkoordinasi dengan divisi lain untuk kelancaran operasional bisnis. ERP yang baik mengintegrasikan proses bisnis dan memungkinkan operasi bisnis yang efisien tanpa membuat para pengambil keputusan menyadari bahwa ada sebuah sistem di belakangnya.

Dengan data penting yang tersedia akan memberikan keunggulan bagi para pemimpin bisnis karena mereka dapat membuat keputusan yang tepat berdasarkan data yang akurat. Berikut adalah beberapa skenario di mana ERP dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Manajemen Inventory

Dalam bisnis retail ataupun distributor, manajemen Inventory sangat penting untuk mendapatkan informasi dan menjaga kelancaran arus barang dari dan ke gudang. Salah satunya manfaat adalah mampu mengidentifikasi supplier alternatif yang mampu mengakomodir rantai pasokan mereka untuk memenuhi permintaan pengiriman yang berfluktuasi.

Di sinilah sistem cloud ERP dapat menjadi keuntungan, memberikan kemudahan untuk mengelola rantai pasokan untuk menjamin ketersediaan inventory. Dengan data yang mudah diakses, masalah yang mungkin menyebabkan beberapa bentuk hambatan pada operasi bisnis dapat diidentifikasi dengan mudah, memastikan bahwa bisnis dapat fokus pada masalah dan urusan lain.

Mobilitas Operasi yang Fleksibel dan Tetap Terukur

Kelincahan, kemampuan beradaptasi, dan keserbagunaan adalah tiga fitur utama yang tidak dapat diabaikan, terkadang pelaku bisnis retail dan distributor menghadapi lingkungan bisnis yang tidak stabil. Apa yang akan terjadi jika suatu peristiwa yang tidak terduga terjadi dan mengganggu operasional? Bagaimana manajemen akan menghadapinya dan bangkit kembali dari situasi buruk dan bertahan untuk melangkah maju? Ini hanyalah beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan oleh perusahaan, dan tentu saja, ini harus menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Salah satu manfaat terbaru dari sistem ERP dengan teknologi cloud yang unggul adalah kemampuan untuk mengaksesnya di mana saja dari perangkat digital seperti laptop atau tablet menyediakan akses cepat dan aman ke informasi tentang berbagai operasi bisnis. Akses ke informasi ini kapan saja dapat memastikan bahwa perusahaan dapat beradaptasi dengan cepat.

Business Insight

Manfaat terbesar dari sistem ERP adalah memungkinkan para manajemen dan stakeholder perusahaan untuk membuat keputusan yang didukung oleh data dan fakta yang akurat. Tujuan dan sasaran dapat dicapai secara komprehensif dengan bantuan sistem ini, yang juga memastikan perusahaan memiliki keunggulan dibandingkan para pesaingnya. Sistem ini juga memungkinkan perusahaan untuk merespons kebutuhan pelanggan mereka, sehingga meningkatkan proses pengambilan keputusan.

Turboly adalah layanan software ERP Indonesia yang membantu memberdayakan bisnis untuk tumbuh di dunia yang berubah dengan cepat khususnya untuk industri retail dan distributor. Turboly Cloud ERP membantu perusahaan dengan mobilitas, manajemen fleksibilitas bisnis, dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga : Cara Memilih Software Manajemen Ritel yang Tepat

turboly.com