Tantangan Utama Sebagai Franchisee

image

Bisnis waralaba semakin lama semakin digemari oleh banyak kalangan, ini bisa terjadi karena semua sumberdaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sudah disediakan oleh franchisor sebagai pemilik merk. Pada dasarnya metode bisnis franchise adalah pemberian hak dari franchisor kepada franchisee untuk menggunakan merek dan menjalankan bisnis yang sama dan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Konsep bisnis ini terlihat menarik dan dianggap mudah bagi calon franchisee yang umumnya pemula. Hal ini terkadang membuat calon franchisee lupa bahwa sebenarnya setiap bisnis akan memiliki tantangan dan resiko kegagalan.

Berikut adalah beberapa tantangan utama sebagai franchisee:

1. Seleksi Ketat

Franchisor dan franchisee adalah sebuah tim, dan untuk meraih kemitraan yang sukses franchisor harus memilih franchisee yang tepat untuk merek dagang mereka. Oleh karena itu seringkali proses seleksi untuk menjadi mitra franchise akan memakan waktu yang lama, dan ini merupakan tantangan utama sebagai calon franchisee.

2. Modal Investasi Awal

Jika ingin menjalankan sebuah bisnis franchise dengan merek dagang yang sudah memiliki produk atau jasa yang sudah dikenal secara luas, syarat utama untuk bergabung sebagai franchisee dari merek tersebut adalah modal. Sedangkan kita tahu bahwa untuk bergabung menjadi franchisee dari bisnis yang yang sudah memiliki nama besar, akan membutuhkan modal awal yang cukup tinggi, oleh karena itu ini bisa menjadi tantangan bagi franchisee pemula untuk memperhitungkan modal dengan lebih akurat sehingga dapat menjalankan bisnis dengan maksimal.

3. Wewenang Terbatas

Dalam menjalankan bisnis franchise, kita hanya membeli lisensi agar dapat menjalankan bisnis serupa. Sehingga biasanya dalam perjanjian franchise diwajibkan untuk setiap franchisee mengikuti semua aturan atau SOP dari franchisor. Dengan perjanjian ini artinya franchisee tidak memiliki wewenang untuk mengubah atau mengutak atik seluruh proses bisnis tersebut.

4. Memilih Bisnis yang Tepat

Saat ingin menjalankan bisnis franchise, pasti akan bermunculan bisnis franchise yang menawarkan dengan biaya investasi yang terjangkau. Namun dengan banyaknya variasi bisnis franchise terkadang itu akan membuat kita bingung dalam memilih franchise yang tepat. Oleh karena itu sangat penting untuk mencari tahu track record dan reputasi dari bisnis yang diminanti, tujuannya agar kita tidak menyesal dikemudian hari serta dapat menjalankan bisnis dengan maksimal.

Software Franchise penting untuk mendukung berjalannya manajemen waralaba / franchise management tetap berjalan baik sesuai dengan visi dan misi franchisor. Software Franchise Turboly merupakan software franchise yang menyediakan solusi menyeluruh pengelolaan bisnis waralaba ritel dan jasa bengkel mobil.

Baca Juga : 6 Kriteria Franchisee Agar Bisnis Franchise Berhasil

turboly.com