Bagaimana Cara ERP Membantu Merampingkan Laporan Keuangan

image

Dalam menjalankan bisnis, kebutuhan dalam laporan keuangan akan semakin kompleks saat bisnis mulai berkembang. Pelaporan keuangan harus efisien, agar membantu dalam monitoring kinerja keuangan perusahaan. Perlu di ingat, untuk memiliki laporan yang efisien dan akurat akan sulit untuk direalisasikan jika perusahaan masih menggunakan cara manual. Pelaporan keuangan menggunakan cara manual akan memakan waktu dan meningkatkan human error, sehingga menyebabkan keterlambatan dan ketidakakuratan dalam pelaporan keuangan. Sistem ERP merupakan solusi dalam merampingkan laporan keuangan dan menyatukan proses bisnis inti, seperti akuntansi, pembelian, dan manajemen inventory. Semua proses ini terintegrasi dalam satu sistem terpusat sehingga meningkatkan akurasi data yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa sistem ERP dapat merampingkan proses pembuatan laporan keuangan:

Otomatisasi Pengumpulan Data Keuangan

Dalam prakteknya Sistem ERP dapat merampingkan laporan keuangan dengan melakukan otomatisasi pengumpulan data keuangan dari berbagai sumber, misalnya rekening bank, faktur, dan pengeluaran. Dengan pengumpulan data secara otomatis, ini akan menghilangkan kesalahan dari entri data manual. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk melihat kondisi keuangan secara real-time, yang memberikan gambaran akurat kondisi keuangan perusahaan sehingga memungkinkan untuk membuat keputusan berdasarkan data terkini.

Menghasilkan Laporan Keuangan Secara Otomatis

Dengan implementasi ERP, perusahaan bisa membuat laporan keuangan secara otomatis, mulai dari neraca, laporan laba rugi, serta laporan arus kas. Dengan kemampuan ini, akan memungkinkan perusahaan menghilangkan kebutuhan pembuatan laporan manual sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan input data. Dengan pembuatan laporan keuangan otomatis, akan menghasilkan data yang akurat secara konsisten sehingga memungkinkan perusahaan memantau kinerja keuangan dan mempermudah membuat keputusan berdasarkan data.

Analisis Keuangan Yang Lebih Baik

Dengan sistem ERP, perusahaan dapat memiliki data keuangan secara real-time yang memungkinkan peningkatan analisis keuangan menggunakan berbagai metrik dan rasio. Data ini akan memberikan informasi tentang likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas perusahaan. Dengan analisis keuangan yang real-time, perusahaan dapat mengidentifikasi kinerja keuangan dan mengambil keputusan berdasarkan informasi keuangan saat ini.

Skalabilitas

Saat perusahaan berkembang, maka kebutuhan laporan keuangan juga akan semakin kompleks. Dengan adanya sistem ERP perusahaan tidak perlu bimbang, karena sistem erp dapat beradaptasi dan diskalakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Terlepas dari ukuran dan kerumitannya, sistem ERP mampu menangani volume data keuangan yang besar secara konsisten dan akurat tanpa terpengaruh oleh pertumbuhan perusahaan.

Efisiensi Biaya

Sistem ERP yang memiliki kemampuan untuk membuat laporan keuangan secara otomatis, akan membantu perusahaan untuk mengurangi biaya dengan meminimalisir kebutuhan entri data manual. Sistem ERP juga memberikan tools untuk analisis keuangan yang lebih baik, sehingga dapat mengidentifikasi area mana yang memiliki kinerja keuangan yang kurang baik dan segera mengambil tindakan korektif untuk bisa meningkatkan profitabilitas.

Sistem Keuangan & Akuntansi Turboly memberikan solusi lengkap mencakup Income Audit, Piutang, Hutang, Entri Buku Besar. Turboly adalah sistem akuntansi keuangan online terintegrasi yang mencatat, memantau dan memelihara semua transaksi akuntansi dan keuangan perusahaan dan semua toko yang terkait digabungkan menjadi laporan konsolidasi.

Baca Juga : Cara Efektif Mengelola Hutang Bisnis

turboly.com