6 Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Strategi Pre-Order

image

Sales Pre-Order atau Pemesanan di muka adalah saat sebuah toko speciality retail mulai melakukan penawaran awal produk yang belum dijual, namun akan diluncurkan pada tanggal atau waktu tertentu. Dengan mengizinkan pemesanan di muka suatu produk, pelanggan dapat membayar deposit atau membayar jumlah penuh untuk produk tersebut untuk memesannya sebelum tersedia, sehingga mereka akan menerima produk segera setelah produk tersebut tersedia saat diluncurkan.

Strategi pre-order yang efektif bekerja dengan menciptakan rasa antusias, pride, dan eksklusivitas bagi pelanggan terhadap suatu produk.

Kapan sebaiknya sebuah produk dijual menggunakan strategi pemesanan di muka?

Pemesanan di muka tidak boleh digunakan untuk setiap peluncuran atau pembaruan minor sebuah produk. Sebagai sebuah merek, produsen dan penjual ingin membangun sensasi dan memberikan pelanggan rasa senang dan mendesak untuk memesan produk baru, yang kemudian dapat membangun momentum dan meningkatkan permintaan.

Karena waktu dan upaya yang diperlukan untuk membuat dan melaksanakan strategi pemesanan di muka yang menarik, pemesanan di muka paling baik digunakan dalam sebuah peluncuran produk, seperti:

  • Produk baru saja meluncurkan bisnis baru ke pasar
  • Produk andalan baru.
  • Produk Edisi terbatas atau barang khusus.

Bagaimana membangun strategi pre-order yang baik?

Strategi pemesanan di muka perlu dipertimbangkan, dipikirkan dengan matang, dan dilaksanakan dengan baik untuk mendapatkan peluang keberhasilan terbaik. Strategi pemesanan di muka yang baik harus direncanakan terlebih dahulu, mulai dari produk itu sendiri hingga promosi pemasaran untuk pra-peluncuran, peluncuran, dan pasca peluncuran, serta manajemen pemesanan dan stok persediaan yang diperlukan untuk memenuhi pemesanan di muka.

Untuk memastikan strategi pemesanan di muka Anda memiliki peluang keberhasilan terbaik, berikut 6 hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Dedikasikan Semua Tim Untuk Program ini

Sebagai sebuah brand mungkin banyak anggota tim telah mendedikasikan diri untuk bisnis, dan meluncurkan strategi pemesanan di muka juga demikian. Kampanye pemesanan di muka berhasil karena perusahaan mengerahkan energi, tenaga, dan anggaran untuk menyukseskannya.

2. Buat Rencana dan Jadwal Pre-Order Berdasarkan Siklus

Bagian terpenting dari peluncuran produk bukanlah hari sebelum peluncuran, atau hari peluncuran. Faktanya, apa yang dilakukan perusahaan dalam beberapa minggu dan bulan sebelum peluncuran produk jauh lebih berpengaruh terhadap keberhasilan peluncuran dibandingkan hari peluncuran sebenarnya.

3. Menciptakan Nilai Tambah dan Eksklusifitas

Pelanggan memerlukan alasan untuk melakukan pemesanan di muka daripada membeli produk saat peluncuran, dan cara utama untuk melakukannya adalah dengan memberi mereka nilai tambah sebagai ucapan terima kasih karena telah memesan terlebih dahulu. Dengan memberikan diskon kepada pelanggan untuk pembelian berikutnya, atau menambahkan sedikit hadiah pada pembelian mereka. Dengan memberikan penghargaan kepada mereka atas dukungan mereka dalam melakukan pemesanan di muka produk.

4. Bangun Promosi Pemasaran Untuk Menarik Pelanggan

Tidak ada gunanya meluncurkan pre order suatu produk jika tidak ada yang mengetahuinya, itulah sebabnya promosi pemasaran yang kuat merupakan bagian integral dari strategi pre order.

Kerjakan strategi pemasaran yang meliputi:

  • Iklan
  • Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
  • Kemitraan
  • Konten Media Sosial

5. Menghasilkan Euforia Melalui Media Sosial

Tidak ada gunanya meluncurkan pre order suatu produk jika tidak ada yang mengetahuinya, itulah sebabnya kampanye pemasaran yang kuat merupakan bagian integral dari strategi pre order. Pemasaran word of mouth cukup ampuh, jika hal ini mampu dimaksimalkan akan dapat meningkatkan efektivitas strategi mereka secara signifikan. Bukti sosial adalah tentang validasi: semakin banyak orang yang membicarakan produk Anda atau melakukan pemesanan di muka, semakin banyak orang yang tertarik.

6. Persiapkan Sistem Terintegrasi Untuk Menerima Lonjakan Pesanan

Jika berhasil menjalankan kampanye pemesanan di muka, kemungkinan besar akan mendapatkan banyak sekali pesanan dan minat pada hari peluncuran. Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan bisnis dalam menyusun strategi pemesanan di muka adalah tidak mempersiapkan diri untuk sukses: situs web tidak dapat diakses karena lonjakan lalu lintas, atau stok tidak cukup untuk memenuhi permintaan, hingga Sistem Point of Sale (POS) yang tiba-tiba lemot menerima volume pesanan yang tinggi.

Untuk mendukung strategi penjualan pre order, dan mengurangi kesalahan dalam pencatatan pemesanan, gunakanlah Sistem Point of Sale (POS) Turboly yang memiliki fitur penjualan Pre Order yang dapat diterapkan untuk toko ponsel, elektronik hingga dealer kendaraan.

Baca Juga : Mengapa Penjualan Pre Order Sangat Penting

turboly.com