Alasan Integrasi ERP Sangat Penting Untuk Pertumbuhan E-Commerce B2B

image

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem manajemen bisnis yang menggabungkan dan mempermudah seluruh proses bisnis mulai dari akuntansi, manajemen inventory, penjualan hingga pembelian dalam satu sistem. Sedangkan arti dari electronic commerce atau e-commerce adalah proses terjadinya jual beli melalui media elektronik yang berbasis internet atau online, proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien karena tidak diperlukannya tatap muka seperti pada transaksi konvensional. Dengan mengintegrasikan ERP dan e-commerce akan memungkinkan bisnis dapat melakukan otomatisasi penjualan, level stok inventory, dan detail pelanggan antar sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi bisnis.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa integrasi erp penting untuk pertumbuhan e-commerce B2B:

Sinkronisasi Data

Ketika ERP dan e-commerce terintegrasi, maka semua pergerakan data antar sistem akan tersinkronisasi dan menjadi lebih akurat. Sederhananya, jika ada pesanan dari e-commerce maka secara otomatis transaksi tersebut akan tercatat juga pada sistem ERP dan perubahan stok pada sistem ERP juga akan otomatis tersinkronisasi dengan sistem e-commerce. Ketika integrasi ERP dan e-commerce b2b dioptimalkan, maka pengalaman pelanggan akan ditingkatkan sehingga dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Meningkatkan Efisiensi

Dengan integrasi ERP dan e-commerce, bisnis b2b dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional secara signifikan. Karena dengan integrasi ERP dan ecommerce, akan menghubungkan berbagai alur kerja serta otomatisasi pertukaran data atau informasi antar sistem secara real time yang secara otomatis dapat mengoptimalkan alur kerja.

Mempermudah Membaca Laporan

Untuk menjalankan bisnis e-commerce agar tetap kompetitif, kita harus dapat membaca semua informasi perusahaan dengan efisien. Dengan mengintegrasikan erp dan e-commerce kita dapat mengkonsolidasikan semua informasi di seluruh toko dalam satu dashboard secara real-time, sehingga bisnis dapat memahami wawasan yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis dengan cepat.

Meningkatkan Pelayanan Yang Lebih Baik

Dalam berkembangnya teknologi, kini bisnis B2B dan Distributor juga dipaksa untuk beradaptasi agar dapat terus bersaing. Pengalaman e-commerce yang lebih baik dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan, bahkan aktivitas perusahaan dapat dipantau secara real-time. Ini akan memungkinkan perusahaan memberikan informasi akurat yang dibutuhkan pelanggan terkait transaksi yang sudah dilakukan mulai dari proses pemesanan, proses pengemasan hingga proses pengiriman, sehingga ini menghilangkan rasa keraguan dan meningkatkan potensi pemesanan ulang.

Solusi Turboly ERP grosir distribusi akan meningkatkan perkiraan arus kas, tingkat pemenuhan pesanan, pembelian, keuangan dan akuntansi pada akhirnya mengoptimalkan bisnis Anda dari awal hingga akhir.

Baca Juga : Peranan Software ERP dalam Bisnis Grosir Distributor

turboly.com