Menentukan Software Akuntansi Bagi Perusahaan

image

Teknologi informasi saat ini dapat dimanfaatkan semua bidang di perusahaan, termasuk bidang keuangan dan akuntansi. Terkait dengan dengan hal tersebut, kemajuan teknologi yang diikuti dengan perkembangan software dapat dimaksimalkan untuk kegiatan akuntansi jika menggunakan software yang tepat. Dalam 10 tahun terakhir semakin banyak opsi software akuntansi yang tersedia. Lantas, bagaimana caranya untuk memilih software akuntansi yang tepat bagi perusahaan?

Berikut adalah penjelasan singkat yang harus diketahui :

Memahami Bisnis Process

Dalam memilih software akuntansi, wajib untuk mengenal secara dalam business process perusahaan. Hal ini penting karena setiap jenis usaha memiliki business process yang berbeda-beda baik dari segi bidang industri dan juga jenis produknya. Jika kita masuk lebih dalam maka akan ditemukan perbedaan antara masing-masing perdagangan retail, perdagangan B2B Distributor, Retail Jasa, hingga manufaktur yang memiliki karakter kegiatan yang berbeda. Selain itu, bentuk perusahaan juga dapat mempengaruhi apakah perusahaan perorangan, CV atau PT. Dari pengetahuan tersebut maka kita akan mengetahui proses kegiatan akuntansi yang dijalankan untuk mendapatkan kebutuhan akuntansi.

Software Online atau Offline

Perkembangan teknologi membawa perubahan yang cukup signifikan. Salah satu perubahan tersebut adalah munculnya software akuntansi online berbasis cloud sebagai opsi baru software akuntansi online yang sudah dulu familiar di publik. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan akuntansi di perusahaan.

Akses Pengguna

Salah satu manfaat dari software akuntansi online, adalah kemudahan akses. Software akuntansi online memungkinkan pengguna bisa mengakses software akuntansi dimanapun dan kapanpun selama memiliki koneksi internet. Di lain sisi, software akuntansi offline memiliki keterbatasan akan akses, artinya pengguna harus tetap berada ditempat (baca : kantor) untuk dapat mengakses software akuntansi. Keduanya memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing, mana yang lebih bagus? Kembali lagi tergantung pada business process perusahaan.

Fitur

Fitur adalah salah satu alasan utama untuk memilih suatu software akuntansi, baik itu online ataupun offline. Dalam menentukan fitur, pastikan bahwa kebutuhan akuntansi perusahaan bisa dicover dengan fitur-fitur yang disediakan dan yang terpenting sistem saling terintegrasi dengan baik antar bagian mulai dari Sales, Inventory hingga ke Akuntansi untuk mengurangi tambahan kerja manual. Tapi perlu diketahui, tidak ada suatu software apapun yang dapat mengcover 100% kebutuhan, maka carilah software yang paling mendekati kebutuhan perusahaan.

Pusat Layanan Support

Pusat layanan customer support wajib menjadi pertimbangan teratas. Perlu Anda ketahui tidak ada software akuntansi yang akan berjalan mulus, maka pastikan bahwa penyedia layanan software akuntansi menyediakan pusat layanan support yang kompeten dan memiliki respon cepat dalam menanggapi keluhan. Respon dalam waktu singkat dan kemampuan tim support dalam menganalisa permasalah dan pemberian solusi merupakan salah satu kunci bagaimana layanan software akuntansi ini berjalan, Anda dapat mencari informasi dari referensi kolega Anda yang sudah menggunakan software tersebut untuk mendapatkan penilaian bagaimana pusat layanan support bekerja.

Memperhitungkan Rencana Pertumbuhan Bisnis Perusahaan

Bisnis perusahaan pasti akan meningkat. Setiap manajemen perusahaan pasti memiliki rencana bisnis dan prediksi pertumbuhannya. Hal ini perlu menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan software akuntansi yang akan digunakan. Pastikan software akuntansi yang dipilih memiliki kemampuan skalabilitas baik dari sisi fitur dan fungsinya untuk tetap dapat mendukung operasional bisnis dan kegiatan akuntansi saat perusahaan semakin berkembang. Jika hal ini dapat dilakukan dengan baik, maka perusahaan akan menghemat biaya dan waktu dibandingkan jika harus mengganti software akuntansi lain saat perusahaan bertumbuh dengan alasan software lama sudah tidak relevan dengan rencana bisnis.

Turboly adalah layanan software akuntansi Indonesia yang membantu memberdayakan bisnis untuk tumbuh di dunia yang berubah dengan cepat khususnya untuk industri retail dan distributor. Turboly Cloud ERP membantu perusahaan dengan mobilitas, manajemen fleksibilitas bisnis, dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Baca Juga : Perbedaan Nyata Antara Software ERP dan Software Akuntansi

turboly.com