Sistem ERP Gratis VS Sistem ERP Berbayar Mana yang Lebih Baik Untuk Bisnis Retail

image

Sistem Cloud ERP Untuk Toko Retail

Bisnis retail memiliki potensi besar menjadinya salah satu bisnis yang cukup diminati oleh banyak calon pengusaha, pada intinya bisnis retail memiliki peranan penting dalam dunia bisnis. Pasalnya retail merupakan bisnis yang menjembatani untuk menyalurkan barang dari distributor kepada konsumen atau individu untuk digunakan sendiri (pengguna akhir). Bisnis retail bisa dikatakan sebagai bisnis yang cukup vital dalam jaringan distribusi, dengan adanya retail maka produsen bisa lebih fokus dalam efisiensi produksi.

Untuk menjalankan bisnis retail kita membutuhkan sistem ERP yang tepat, sehingga memberikan dampak yang signifikan pada pertumbuhan dan profitabilitas bisnis. Biasanya sistem ERP dibagi menjadi dua versi yaitu Sistem ERP gratis dan Sistem ERP berbayar. Sebelum memilih Sistem ERP yang sesuai kebutuhan bisnis, maka ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan masing-masing dari sistem tersebut.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara sistem ERP gratis dan sistem ERP berbayar:

Sistem ERP Gratisan

Sistem ERP gratisan adalah sistem ERP yang sumber kodenya tersedia untuk umum. Disisi lain perusahaan dapat mengakses sumber kode secara gratis dan perusahaan bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan menggunakan departemen IT internal tanpa perlu bergantung pada vendor ERP atau pihak ketiga.

Sistem ERP jenis ini tidak memiliki biaya lisensi, sehingga pengguna hanya perlu mendownload aplikasi dan menggunakannya secara gratis. Sistem ERP ini juga bisa sangat fleksibel untuk menjalankan bisnis yang tidak memiliki kompleksitas tinggi, sehingga tidak perlu melakukan banyak penyesuain.

Dengan menggunakan sistem ERP Gratisan ini dapat mempermudah tim IT perusahaan untuk memodifikasi, menguji dan mengembangkan sistem ERP tersebut tanpa harus membayar, keuntungan ini juga akan mengurangi ketergantungan pada vendor ERP mulai dari pemeliharaan, peningkatan hingga dukungan

Kekurangan Sistem ERP Gratisan

Perusahaan yang memanfaatkan sistem ERP gratisan meskipun tidak memiliki biaya lisensi, perusahaan tetap harus memiliki seorang staff IT untuk menyesuaikan fitur dan modul sesuai kebutuhan bisnis. Hal ini tetap saja akan timbul biaya, ditambah lagi proses penyesuain modul juga akan memakan lebih banyak waktu. Selain itu, Sistem ERP gratisan tidak memiliki layanan bantuan yang dapat dihubungi, sehingga saat terjadi error akan menyita waktu untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Sistem ERP Berbayar

Sistem ERP berbayar adalah sistem ERP yang disediakan oleh pihak ketiga atau vendor ERP yang mengharuskan penggunanya untuk membayar sesuai apa yang mereka butuhkan, dan setiap pengguna tidak memiliki hak untuk mengetahui source code atau memodifikasinya . Untuk bisnis yang tidak memiliki tim IT internal, sistem ERP berbayar adalah pilihan yang paling tepat. Karena dengan menggunakan sistem ERP dari vendor, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk pembaharuan dan pemeliharaan sistem ERP. Karena mulai dari update fitur, pemeliharaan hingga dukungan semuanya sudah menjadi tanggung jawab vendor.

Berlangganan / membeli Sistem ERP sudah termasuk layanan dukungan yang lebih baik, sistem ERP yang disediakan oleh vendor akan memberikan dukungan penuh mulai dari, update fitur, perbaikan bug, hingga pelatihan teknis dari vendor. Sehingga perusahaan mungkin tidak memerlukan tim IT khusus, sehingga hal ini akan menurunkan biaya perusahaan.

Jika kita berlangganan atau membeli sebuah Sistem ERP, maka otomatis fitur yang disediakan akan selalu mengalami perubahan, sesuai dengan berkembangnya teknologi. Dengan menggunakan sistem ERP berbayar, vendor akan memastikan pengguna memiliki fitur terbaru sesuai perubahan sehingga memastikan bisnis selalu terdepan dalam mengikuti perubahan.

Sistem ERP berbayar juga dipastikan akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi, data customer merupakan hal yang krusial oleh karena itu saat memutuskan untuk menggunakan sistem ERP berbayar, maka vendor akan memastikan data pelanggan anda aman.

Satu-satunya kekurangan sistem ERP berbayar adalah pengguna tidak memiliki hak atau akses kepada sumber kode untuk menyalin ataupun memodifikasinya.

Turboly Cloud ERP hadir bagi perusahaan yang sedang berkembang yang memiliki kesulitan dalam menemukan sistem bisnis yang tepat, yang terjangkau, handal, dapat diperluas dan kelas dunia.

Baca Juga : Mengenal Karakteristik Public dan Private Cloud ERP

turboly.com