10 Software ERP di Indonesia sebagai Rekomendasi Perusahaan

image

Rekomendasi Software ERP Bagi Perusahaan di Indonesia

Pengenalan perangkat lunak ERP dan pentingnya bagi bisnis

Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah alat penting untuk mengelola semua proses bisnis dan operasi di perusahaan. ERP mengintegrasikan berbagai fungsi seperti keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, dan manajemen rantai pasokan ke dalam satu sistem. Menerapkan Software ERP sangat penting bagi bisnis untuk membantu operasional, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas. Software ERP menyediakan database terpusat yang memungkinkan bisnis mengakses informasi secara real-time, memungkinkan mereka membuat keputusan yang tepat dan dapat berdampak positif bagi Bisnis. Memahami pentingnya Software ERP sangat penting bagi bisnis yang ingin tetap kompetitif di lingkungan yang serba cepat saat ini.

Ada banyak manfaat dalam penerapan software ERP dalam bisnis. Hal ini mencakup peningkatan akurasi data, peningkatan efisiensi, kolaborasi yang lebih baik, dan peningkatan kemampuan pengambilan keputusan. Software ERP juga memberi bisnis kemampuan untuk:

  • Mengotomatiskan proses manual
  • Meningkatkan manajemen inventaris
  • Optimalkan pemanfaatan sumber daya
  • Meningkatkan layanan pelanggan
  • Mengurangi biaya Dengan memanfaatkan perangkat lunak ERP, bisnis dapat mencapai alur kerja yang lebih efisien dan efisien, memungkinkan mereka untuk fokus pada pertumbuhan dan ekspansi.

Dalam memilih Software ERP, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan. Hal ini mencakup :

  • infrastruktur teknologi saat ini
  • ketersediaan integrasi
  • aksesibilitas
  • fleksibilitas, dan
  • biaya

Penting untuk memilih penyedia software ERP yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik bisnis dan memberikan dukungan serta pelatihan yang diperlukan. Beberapa penyedia software ERP terbaik di Indonesia antara lain :

**1. Turboly **

Turboly adalah salah satu penyedia software ERP dari Indonesia yang telah banyak digunakan oleh perusahaan, mulai dari skala menengah hingga perusahaan besar yang sudah go public. Dengan dukungan support yang kompeten dan aplikasi yang sudah teruji di beragam industri, Turboly merupakan pilihan tepat untuk mendukung kelancaran perusahaan.

Software Turboly telah teruji di berbagai industri dan level perusahaan, dari beragam perusahaan yang telah menggunakan sistem ERP Turboly, terdapat beberapa spesifikasi yang sangat tepat untuk menunjang operasional perusahaan Otomotif, Elektronik dan Toko Handphone, retailer produk kecantikan hingga optik Kacamata ternama juga sudah menggunakan sistem ERP dari Turboly.

Software ERP dengan Fitur Terlengkap

Turboly memiliki fitur yang dibutuhkan Semua perusahaan untuk memaksimalkan operasional dengan sistem ERP yang dapat diandalkan. Dengan adanya Dashboard report yang menampilkan : Matrix penjualan, Target Penjualan, Akses melalui Ponsel, Dashbord Keuangan, Dashboard real-time secara live yang dapat ditampilkan melalui TV dengan laporan yang lengkap.

Software Turboly juga merupakan software ERP yang tepat dengan fitur Retail POS yang dapat digunakan untuk berbagai lokasi toko, fitur potongan harga secara otomatis, cari data pelanggan, ajemen kendaraan, pelacakan IMEI dan serial number, resep kacamata, pre-order, klaim, yang sudah mendukung ecommerce.

Fitur Akuntansi yang dimiliki Turboly juga merupakan yang terlengkap dengan adanya sales income audit, A/R. A/P, pembukuan kas kecil, General Ledger, Laporang keuangan konsolidasi, dan aktiva tetap.

Tidak ketinggalan juga dengan adanya fitur CRM seperti : database pelanggan, pelanggan group dan region, membership. Integrasi dengan POS, history penjualan, voucher dan gift card, Integrasi dengan software lain, hingga sistem email untuk kampanye perusahaan.

[Software ERP Terbaik](https://turboly.com untuk mendukung berbagai industri

Software Turboly sudah terbukti dengan beragam industri yang menggunakan dengan spesialisasi pada bidang industri : Otomotif, Elektronik dan Ponsel, Produk Kosmetik dan Kecantikan, hingga optik dan toko kacamata. Fitur-fitur spesifik untuk industri tersebut dibuat untuk memudahkan operasional secara khusus pada spesifikasi industri perusahaan, sehingga menjadikan Turboly adalah pilihan tepat solusi ERP perusahaan Anda.

2. Mekari Jurnal

Adalah Software akuntansi online untuk segala kebutuhan bisnis untuk ritel, manufaktur, sa profesional,waralaba, food and beverages, toko online, dan Teknologi. Cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala kecil dan menengah, startup, perusahaan menengah dan perusahaan dengan multi cabang.

3. NetSuite ERP

NetSuite ERP adalah solusi manajemen bisnis cloud lengkap yang membantu organisasi beroperasi lebih efektif dengan mengotomatisasi proses inti dan memberikan visibilitas real-time terhadap kinerja operasional dan keuangan. Dengan satu rangkaian aplikasi terintegrasi untuk mengelola akuntansi, pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, produksi, rantai pasokan, dan operasi gudang, NetSuite ERP memberi perusahaan visibilitas yang jelas terhadap data mereka dan kontrol yang lebih ketat atas bisnis mereka.

Adalah sistem ERP untuk managemen Bisnis berbasis cloud yang membantu perusahaan untuk dapat lebih efektif dengan melakukan otomatisasi dengan laporan real-time terhadap kinerja operasional dan keuangan. Dapat digunakan oleh perusahaan : startup, bisnis kecil, bisnis menengah, perusahaan keluarga, dan bisnis yang sedang berkembang pesat.

4. Brightpearl

Sistem ERP yang cocok digunakan untuk ecommerce, direct to customers, multichannel, dan B2B. Brightpearl juga terintegrasi dengan sistem ecoomerce seperti : Bigcommerce, Magento, Shopify, amazon, ebay dan wallmart

5. SAP B1

SAP B1 adalah aplikasi ERP yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar dengan berbagai kelebihan yang dimiliki dan sistem ERP Erp yang dapat di sesuaikan dengan operasional perusahaan sehingga menjadi lebih efektif.

6. Microsoft Dynamics 365

Software buatan Microsoft ini mendukung teknologi AI untuk melakukan efisiensi operasional perusahaan, dengan sistem Dynamic 365 untuk : sales, marketing, customer service, field service, supply chain dan finance.

7. Odoo ERP

Solusi sistem ERP yang sederhana, efisien dengan harga terjangkau. Terintegrasi dalam satu platform untuk mobile,desktop, pos, inventory, dan kiosk. Oddo memiliki 2 pilihan yaitu free dengan dukungan komunitas, dan enterprise dengan app tambahan, infrastuktur dan layanan profesional.

8. Impact ERP

Sistem Erp untuk akuntansi, Inventaris, Pembelian, Penjualan, Invoice. Dengan fitur tambahan berupa Manufaktur, POS, CRM, Ecommerce, Omnichannel, Barcode, Warehouse, Supply Chain.

9. RedERP

RedERP adalah sistem ERP yang dapat digunakan untuk manajemen operasional bisnis menjadi lebih efektif. Terutama untuk Bisnis di industri: Manufaktur, Garment, e-Commerce, Distributor, Retail, dan F&B.

10. Zoho ERP Custom

Adalah Solusi atau platform ERP yang dapat dibuat secara kustom dengan cepat dan mudah, bahkan tidak memerlukan keterampilan coding dalam membangun sistem Erp yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian sistem ERP Zoho Custom menyederhanakan proses sehingga dalam hal Biaya menjadi lebih rendah.

**Kesimpulan **

Dengan memilih software ERP yang tepat, bisnis dapat meningkatkan operasi mereka, meningkatkan efisiensi, dan mencapai tujuan mereka. Fitur utama perangkat lunak ERP meliputi manajemen keuangan, manajemen rantai pasokan, manajemen inventaris, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen hubungan pelanggan. Perangkat lunak ERP dapat membantu bisnis menyederhanakan operasi mereka, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya.

Saat membandingkan penyedia perangkat lunak ERP, bisnis harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti fitur, harga, dan dukungan pelanggan apakah anda memerlukan rangkaian fitur yang komprehensif dan dukungan pelanggan yang kuat. Atau Di sisi lain, ERP Custom adalah pilihan yang lebih terjangkau yang menawarkan pendekatan modular terhadap perangkat lunak ERP.

Selain itu, bisnis harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik industri mereka dan ukuran organisasi mereka ketika memilih penyedia perangkat lunak ERP. Dengan mengevaluasi secara cermat pilihan yang tersedia, bisnis dapat menemukan perangkat lunak ERP yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.