Menguak Peran Software Akuntansi untuk Bisnis

image

Menguak Peran Software Akuntansi untuk Bisnis

Software akuntansi saat ini memang sudah tak asing lagi dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan software akuntansi akan memudahkan segala aspek yang berhubungan dengan perhitungan dan pembukuan perusahaan akan teratasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

_Apa Itu Software Akuntansi? _

Software akuntansi merupakan seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntansi yang saling terhubung dengan meliputi modul penjualan, pembelian, piutang (account receivable), hutang (account payable), buku besar (general ledger), dan bermuara pada laporan keuangan.

Tujuan software akuntansi yaitu membantu pengguna untuk menyusun laporan keuangan berupa laporan laba rugi, neraca, perubahan modal, dan arus kas.

Software akuntansi online dapat bekerja secara real-time dari berbagai departemen dengan data yang sudah saling berhubungan. Maka dari itu, jika sistem akuntansi sudah berjalan dengan baik laporan keuangan yang akurat akan mudah dibuat.

Manfaat Software Akuntansi

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika menggunakan software akuntansi:

  • Proses tutup buku dan menghasilkan laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi akan memudahkan pengerjaan laporan dalam waktu singkat.
  • Mengurangi kesalahan perhitungan akibat human error. Dengan konsep single entry, semua data akuntansi dari seluruh departemen akan saling terintegrasi. Jadi, tidak diperlukan lagi re-entry jurnal yang rentan akan kesalahan manusia.
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan karena proses akuntansi dapat berjalan secara otomatis.
  • Software akuntansi akan menyajikan data yang lebih akurat maka dari itu hal ini akan mendukung manajemen dalam menentukan langkah dan keputusan yang akan diambil.

Berikut ini ada beberapa fitur-fitur wajib software akuntansi yang wajib dimiliki.

Fitur-Fitur Software Akuntansi yang Wajib Dimiliki

Ketika memilih software akuntansi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut salah satunya yaitu fitur-fitur software akuntansi yang harus dimiliki. Antara lain :

Fitur Laporan Keuangan

Tentu saja fitur laporan keuangan adalah yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akuntansi akrual. Tak hanya itu, fitur lain yang penting adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

Fitur Manajemen Keuangan (Hutang - Piutang)

Fitur ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier dan mengontrol kapan waktu jatuh tempo utang yang harus dibayar.

Fitur Manajemen Inventaris dan Pembelian

Manajemen Inventaris dan Pembelian merupakan kegiatan yang akan selalu ada dalam setiap bisnis baik itu barang dan jasa. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, software akuntansi juga harus mampu memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian, dan pengiriman pada supplier produk.

Fitur Budgeting

Dengan adanya fitur ini, anda dapat mencatat segala laporan tentang budgeting yang telah dibuat seperti membuat anggaran yang sesuai target yang dapat disesuaikan dengan periode akuntansi. Tak hanya itu, fitur ini juga dapat digunakan sebagai untuk mengukur kinerja actual vs budget.

Fitur Financial Forecasting

Fitur ini termasuk salah satu fitur yang paling krusial. Tentu saja dalam setiap jalannya bisnis menginginkan melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat. Nah fitur financial forecasting inilah yang dapat membantu dalam mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan menjadi maksimal.

Turboly ERP memiliki Software Akuntansi yang kuat, software akuntansi berbasis web ini memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan dan juga memiliki fitur tracking yang dapat digunakan untuk membantu proses audit.

Jadwalkan demo segera, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.