Otomatisasi Proses Akuntansi Toko Kacamata Dengan Software ERP Optik Kacamata

image

Saatnya Merevolusi proses akuntansi pada bisnis kacamata Dengan Software ERP

Seiring dengan pertumbuhan bisnis toko kacamata dan optik, maka kompleksitas operasional dan resiko pengelolaan keuangan juga ikut meningkat sesuai pertumbuhan bisnis. Seperti yang kita ketahui bahwa pengelolaan keuangan pada sebuah bisnis sangat penting karena akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis itu sendiri, menjalankan bisnis kacamata dengan proses akuntansi manual tidak hanya sulit tetapi juga akan menghambat pertumbuhan bisnis. Proses akuntansi manual akan meningkatkan resiko kesalahan, selain itu proses akuntansi manual juga memakan waktu sehingga efisiensi dan keakuratan laporan keuangan ikut menurun.

Dengan mempertahankan akuntansi manual sama halnya dengan menunda kesuksesan, misalnya untuk menghasilkan laporan keuangan, staf memerlukan waktu yang lebih lama karena harus menggabungkan sumber informasi berbeda untuk menjadi sebuah laporan keuangan yang utuh. Oleh karena itu bisnis retail kacamata dan optik harus melakukan revolusi proses akuntansi sehingga akan meningkatkan akurasi data laporan keuangan, hal ini akan berdampak besar dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk membantu bisnis mampu bersaing dan menjadi terdepan, kapan bisnis kacamata harus mengimplementasikan software akuntansi?

Baca Juga : Daftar Software Penting untuk Melengkapi Bisnis Kacamata agar Sukses

1. Meningkatnya volume transaksi

Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan bisnis kacamata, maka retensi pelanggan juga ikut meningkat yang kemudian akan diikuti dengan lonjakan volume transaksi. Hal ini bisa menjadi berita baik dan juga berita buruk tergantung situasinya, jika bisnis masih mempertahankan proses akuntansi manual maka memungkinkan menyebabkan masalah dikemudian hari karena entri manual memiliki resiko kesalahan yang tinggi. Sebaliknya jika bisnis menggunakan software akuntansi setiap pergerakan arus kas akan tercatat secara otomatis sehingga memberikan gambaran keuangan yang lebih jelas secara real-time, tentu ini akan membantu bisnis menentukan strategi yang tepat supaya bisnis mampu meningkatkan penjualan secara continue.

2. Antrian Konsultasi Optician

Mengelola bisnis toko kacamata dan optik memaksa kita untuk serba cepat agar pelanggan tidak kecewa, tidak sedikit pelanggan terkadang membatalkan transaksi hanya karena antrian kasir yang panjang. Proses operasional manual dapat memakan waktu, misalnya pencatatan resep kacamata, pencarian stok bingkai dan lensa, hingga jika proses pembayaran di kasir menggunakan BPJS sehingga kinerja di toko tidak efisien. Proses di optik secara manual bisa dibilang sudah ketinggalan jaman dan dapat mempersulit penanganan data keuangan dalam jumlah yang besar.

3. Persetujuan Transaksi Internal Menjadi Lambat

Menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyetujui setiap transaksi adalah tanda adanya pengendalian keuangan yang tidak tepat.

Persetujuan adalah aspek inti akuntansi keuangan, namun kebijakan dan prosedur harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Jika tidak, mereka akan menjadi berat dan menghabiskan banyak waktu dan sumber daya.

Selain itu, pengendalian pembayaran yang berpusat pada alur kerja manual membahayakan hubungan supplier. Yang diperlukan hanyalah satu pembayaran yang terlambat atau salah untuk memberikan kesan buruk kepada supplier terhadap Anda.

4. Manajemen Utang Piutang Berantakan

Dalam manajemen keuangan pencatatan utang piutang akan menjadi sangat krusial karena ini berhubungan langsung dengan arus kas toko kacamata yang kita kelola, uang muka palenggan, pencatatan utang piutang secara manual akan memakan waktu dan memperlambat rekonsiliasi. Untuk menjaga kestabilan arus kas kita membutuhkan software erp optik kacamata, dengan demikian kita bisa membuat laporan utang piutang baik dengan pelanggan maupun supplier serta kontrol kapan waktu jatuh tempo harus dibayar menjadi lebih efektif dan mudah.

Kesimpulan

Jika kita melihat secara keseluruhan, mengimplementasi software akuntansi bukanlah hal sia-sia mengingat perannya yang sangat penting dalam membantu mengelola keuangan. Adapun beberapa pengalaman buruk tentang software akuntansi biasanya sering terjadi karena kesalahan dalam pemilihan vendor. Pastikan Anda memilih vendor software akuntansi yang profesional, misalnya software erp optik kacamata Turboly yang sudah terbukti berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang baik sebagai penyedia layanan software untuk retail optik dengan fitur yang lengkap dan sesuai Standar Akuntansi Indonesia.

Jadwalkan demo sekarang, dan temukan solusi software erp optik kacamata terlengkap.