POS Software Retail Membantu Mengelola Margin Agar Tetap Untung

image

Menjaga Margin Penjualan di Toko dengan POS Software Retail

Dalam bidang bisnis mana pun, margin adalah salah satu indikator penting untuk menunjukan kinerja sebuah bisnis. Sehingga kita dapat memahami apakah perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik atau sebaliknya. Umumnya margin itu dibagi menjadi dua yaitu margin kotor dan margin bersih. Margin kotor membantu retail untuk memahami kinerja dan tren masing-masing produk sehingga data ini dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan laba, mengetahui laba periode tertentu dan menentukan pemasaran. Sedangkan margin bersih sendiri adalah indikator yang menggambarkan kesehatan bisnis secara menyeluruh, data ini akan memberikan informasi penting seperti, potensi pertumbuhan, dan sebagai tolak ukur dari proyeksi pendapatan yang sudah ditentukan.

Bagi perusahaan ritel yang ingin meningkatkan margin mereka, baik dengan mengurangi biaya operasional, atau meningkatkan penjualan, salah satu alat paling efektif yang dapat mereka gunakan adalah sistem POS untuk ritel yang modern dan efisien. Mari kita lihat cara meningkatkan margin ritel dengan teknologi, dan lima cara pengecer dapat menggunakan perangkat lunak POS untuk meningkatkan margin keuntungan.

1. Pengalaman pelanggan

Sistem POS yang tepat untuk ritel dapat memberikan dampak yang sangat positif pada pengalaman pelanggan di toko, yang pada gilirannya meningkatkan kecenderungan untuk kembali lebih sering, dan merekomendasikan toko kepada orang terdekatnya dan membagikan ulasan positif. Pembayaran yang efisien dengan beragam opsi pembayaran membantu pelanggan bertransaksi tanpa kendala. Pada sisi lain, teknologi Software POS dengan perangkat selular membantu karyawan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung tanpa perlu antri di kasir, dapat memberikan layanan tingkat tinggi dan membuat pelanggan merasa dihargai, khususnya untuk toko retail spesialis yang menjual produk eksklusif. Selain itu, dengan pendekatan personal akan timbul kesempatan untuk membantu pelanggan menemukan produk alternatif jika apa yang mereka inginkan tidak tersedia dan/atau untuk upselling dan cross-selling, sehingga meningkatkan jumlah transaksi dan margin.

Baca Juga : Sederhanakan Kebijakan Retur Barang Dengan Sistem POS di Toko

2. Multi Saluran

Pelanggan saat ini ingin membeli secara online dan di dalam toko. Mereka tidak lagi membedakan keduanya dan berpindah antar saluran dalam satu kali transaksi. Klik dan ambil, drive thru, dan pengembalian beli online di toko adalah contoh pendekatan ritel omnichannel ini. Sistem POS untuk ritel yang memungkinkan belanja omnichannel membantu toko retail mendorong efisiensi dan meningkatkan penjualan.

3. Promosi yang Dipersonalisasi

Pengecer tahu bahwa pelanggan ingin interaksi mereka dengan merek dipersonalisasi. Personalisasi menurunkan biaya untuk menarik pelanggan baru, meningkatkan pendapatan, dan meningkatkan ROI pembelanjaan pemasaran. Sistem POS untuk ritel yang menggabungkan program personalisasi dan loyalitas pelanggan dapat menangkap dan menganalisis informasi pelanggan, membantu pengecer membuat penawaran menarik yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat pembelian dan preferensi pelanggan. Hal ini berkontribusi pada kedua sisi mata uang peningkatan margin keuntungan ritel, mengurangi biaya operasional akuisisi pelanggan dan meningkatkan penjualan.

4. Manajemen Inventory

Ritel selalu menjadi tindakan penyeimbang dalam hal pengendalian inventory dan keseimbangan yang tepat berpotensi berdampak besar pada peningkatan margin keuntungan ritel. Terlalu banyak stok suatu barang berpotensi berarti harus menawarkan harga diskon untuk menjualnya; sementara kekurangan berarti hilangnya penjualan. Visibilitas juga penting mengetahui lokasi stok akan meningkatkan peluang untuk menjualnya dengan harga penuh – jika pelanggan menginginkan barang yang tidak ada di tokonya, pengecer dapat langsung menemukannya dan mengirimkannya ke pembeli. Sistem POS untuk ritel yang mencakup [manajemen inventory]https://turboly.com/feature/inventory-management.html) dapat memberikan peningkatan yang signifikan dalam cara bisnis menangani manajemen dan visibilitas inventaris, dan oleh karena itu dapat berkontribusi pada peningkatan margin keuntungan ritel.

5. Otomatisasi

Dalam hal efisiensi operasional, proses otomatis memainkan peran penting. Otomatisasi penjualan dan pemasaran menghemat waktu dan uang serta menghilangkan kesalahan manusia yang berpotensi merugikan. Kampanye pemasaran otomatis dapat mengirimkan penawaran kepada pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan. Proses pemesanan ulang stok otomatis yang melakukan pemesanan ketika persediaan barang tertentu berada di bawah ambang batas mengurangi kemungkinan kehabisan stok dan kehilangan penjualan. Analisis data, pelaporan , dan wawasan dapat membantu menyederhanakan proses bisnis utama misalnya pencegahan kerugian, di mana laporan mengidentifikasi produk/toko dengan kerugian terbesar, memungkinkan pengecer melakukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut, atau optimalisasi harga berdasarkan laporan penjualan menunjukkan dampak dari strategi yang berbeda.

Turboly menghadirkan solusi POS Software Retail untuk membantu perusahaan ritel menjaga margin agar tetap menguntungkan. Software Point of Sale berbasis Web ini memiliki sejumlah fitur kunci yang terintegrasi dengan Inventory Management dan Finance & Accounting yang akan membantu perusahaan mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.

Jadwalkan demo sekarang dan dapatkan informasi bagaimana POS Software Turboly membantu bisnis ritel Anda.