Bagaimana Cara Memanfaatkan Fungsi Sistem POS Untuk Bisnis Ritel Anda?

image

POS Software Online

Fungsi Sistem POS Untuk Bisnis Ritel Spesialis

Bagaimana Cara Memanfaatkan Fungsi Sistem POS Untuk Bisnis Ritel Anda?

Berbagai kemampuan administratif, manajemen, dan pemasaran diperlukan untuk menjalankan toko ritel. Kemampuan ini diperlukan agar toko Anda dapat berjalan dengan sukses, mulai dari memastikan persediaan yang cukup hingga menyusun statistik penjualan bulanan. Bisnis ritel yang menginvestasikan sumber daya dan waktu untuk menyiapkan sistem point of sale (POS) sebelum mereka membutuhkannya akan mendapatkan keuntungan. Software ERP Turboly menyediakan sistem POS yang berfungsi dengan baik sehingga Anda dapat memastikan bahwa semua operasional toko berjalan lancar.

Bagaimana memanfaatkan sistem point-of-sale untuk menghasilkan penjualan?

Tujuan utama POS Anda adalah untuk memproses penjualan; oleh karena itu, pengguna harus terbiasa dengan layar penjualan sistem. Setiap sistem POS berbeda, namun dengan sistem POS dari Turboly ERP, Anda dapat meningkatkan penjualan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Input produk dalam penjualan

Bergantung pada bagaimana sistem Anda dikonfigurasi, Anda dapat menambahkan produk dengan cara berikut:

Scan barcode pada produk.

  • Di layar jual, periksa (sebagian besar sistem POS menyertakan bilah pencarian/fungsi pencarian produk.)
  • Anda kemudian dapat mengubah kuantitas berdasarkan berapa banyak unit yang dibeli pelanggan.
  • Terapkan diskon. Jika Anda sedang mengadakan obral atau ingin menerapkan diskon pada item baris atau keseluruhan transaksi, Anda dapat menggunakan Sistem POS untuk melakukannya. Jika sistem Anda tidak menyertakan fitur ini, Anda perlu memastikan bahwa fitur ini memungkinkan Anda menyesuaikan harga produk secara manual.
  • Terima pembayaran. Ini adalah bagian di mana Anda dibayar. Secara umum, semua sistem POS memiliki kemampuan untuk menerima semua jenis pembayaran baik dengan kartu maupun tunai, sehingga penanganan transaksi menjadi cukup mudah.

Sebaliknya, sistem lain memungkinkan Anda memberikan alternatif pembayaran tambahan, seperti:

  • Voucher. Jika Anda menjual voucher hadiah, pastikan voucher tersebut terhubung dengan sistem POS Anda sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai pembayaran.
  • Buy now, pay later. Adalah layanan yang memungkinkan klien untuk segera membawa pulang produk dan kemudian membayarnya dengan mencicil bulanan.
  • Pickup Later. Pickup later adalah fitur yang memungkinkan Anda mengambil simpanan dari konsumen untuk suatu barang, menyisihkannya, dan membiarkan pembeli mengambil di toko.
  • Loyalitas. Anda dapat menggunakan poin loyalitas atau insentif sebagai metode pembayaran jika Anda memiliki program loyalitas.

Terakhir, jika Anda perlu menambahkan keterangan spesifik pada penjualan (misalnya, jika pembeli memiliki permintaan khusus atau jika Anda perlu mengirimkan barang ke lokasi mereka), Anda dapat melakukannya sebagai catatan.

Baca Juga : POS Software Ideal Dan 5 Persyaratan Penting Dalam Sistem Ritel

Bagaimana sistem point-of-sale yang baik dapat membantu Anda mengelola konsumen Anda?

Customer relationship management (CRM) tidak hanya bagus untuk dimiliki, namun secara realistis dibutuhkan saat ini karena pelanggan mengharapkan peningkatan tingkat personalisasi dari toko ritel. Jika POS Anda saat ini tidak menawarkan fitur CRM, Anda harus mencari yang menawarkan fitur tersebut.

Berikut beberapa karakteristik yang perlu diketahui dan disimpan:

  • Basis data klien. Sistem Anda idealnya memungkinkan Anda membuat profil pelanggan dengan informasi kontak dan riwayat pembelian.
  • Kelompok pelanggan. Kemampuan untuk membangun kelompok atau segmen pelanggan juga diperlukan, karena memungkinkan Anda mengembangkan pemasaran dan promosi yang ditargetkan. Misalnya, Anda dapat membentuk grup pembelanja VIP ketika Anda ingin mengirimi mereka penawaran khusus.
  • Program loyalitas*. Menawarkan insentif dan hadiah adalah strategi yang terbukti menghasilkan bisnis yang berulang, jadi buatlah program loyalitas jika Anda bisa. Periksa apakah POS Anda menyertakan fitur loyalitas bawaan. Jika tidak, integrasi pihak ketiga selalu menjadi pilihan.

Kesimpulan:

Berbagai sistem Point of Sale tersedia untuk membantu perusahaan dan pedagang mengelola dan menjalankan operasi mereka sambil melacak semua transaksi keuangan. Sistem POS Ritel dari Software ERP Turboly merupakan salah satu contoh POS Software Online yang berhasil membantu perusahaan retail dalam menjalankan bisnis yang menguntungkan dan berkembang. Pelacakan langsung semua catatan penjualan dan pesanan, UI POS yang ramah pengguna, kinerja yang efisien, dan berbagai kemampuan lainnya adalah beberapa aspek yang paling menonjol dari Sistem POS Ritel Turboly ERP.

Jadwalkan demo sekarang dan konsultasikan kebutuhan Software POS di toko ritel Anda.