Dampak Inventory Management yang Efisien dengan Turboly ERP

image

Implementasi Proses Inventory Management yang Efisien dengan Turboly ERP

Apakah Anda sedang memulai startup menjelajahi bisnis ecommerce atau Anda seorang profesional berpengalaman, manajemen inventory yang efektif adalah kunci utama yang memastikan tidak hanya kelancaran operasional namun juga profitabilitas seluruh perusahaan Anda. Dalam blog ini kita akan mengeksplorasi peran penting manajemen inventory di bidang ecommerce dan menyoroti bagaimana Software Inventory Management muncul sebagai alat transformatif, memberikan kontrol tak tertandingi bagi bisnis atas barang-barang mereka.

Esensi Manajemen inventory:

Manajemen inventory lebih dari sekedar penghitungan produk yang ada. Ini adalah proses strategis yang dimulai dari pemasok hingga produksi dan, akhirnya, hingga ke tangan pelanggan. Keputusan yang diambil selama perjalanan ini berdampak langsung pada kepuasan pelanggan dan kesuksesan finansial. Intinya, manajemen inventory yang efektif berupaya memaksimalkan keuntungan dan kebahagiaan pelanggan dengan mengatur kuantitas, waktu, dan alasan di balik memiliki inventory.

Konsekuensi dari Manajemen inventory yang Tidak Memadai:

Manajemen inventory yang tidak memadai berdampak langsung dan negatif terhadap kepuasan pelanggan. Bisnis yang mengandalkan praktik inventory manual berbasis kertas sering kali mengalami:

  • Pelaporan inventory yang tidak akurat dan memakan waktu.
  • Manajemen inventory yang tidak efisien menyebabkan ketidakseimbangan dan kehabisan stok.
  • Meningkatnya diskon dan penghapusan karena perencanaan yang tidak akurat.
  • Penanganan yang tidak perlu menaikkan harga pokok penjualan (HPP).
  • Hilangnya pendapatan karena kehabisan stok dan ketidakmampuan melacak produk secara efektif.

Mengotomatiskan Manajemen inventory:

Software ERP menyediakan manajemen inventory dalam empat cara penting, menyediakan alat yang dibutuhkan bisnis untuk mengantisipasi, menggunakan, dan mengoptimalkan inventory secara efektif:

1. Manajemen Multi-Lokasi:

Untuk bisnis yang beroperasi di banyak lokasi, ERP memastikan visibilitas tingkat stok di semua lokasi. Visibilitas ini memungkinkan pemanfaatan inventory yang optimal, pemenuhan pesanan yang efisien, dan strategi penjualan yang proaktif. Rekan penjualan mendapatkan kemampuan untuk menyelamatkan transaksi selama kehabisan stok dengan mentransfer, menahan, atau mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

2. Pengisian ulang:

Kepuasan dan profitabilitas pelanggan melibatkan penyimpanan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan yang diharapkan sambil menjaga kelebihan stok seminimal mungkin. Untuk menjamin persediaan yang cukup, bisnis harus memperhitungkan perubahan permintaan, musim, logistik rantai pasokan, dan masa pakai produk. Manajemen inventory memberikan pengisian ulang berdasarkan permintaan dengan mengelola titik pemesanan ulang item secara dinamis dan mempertahankan tingkat stok pilihan berdasarkan penjualan historis dan musiman, waktu tunggu rata-rata, dan data pasokan-ke-stok beberapa hari. Ini menghasilkan tugas, secara otomatis menghasilkan pemberitahuan, dan mengirimkan tugas ke manajer pembelian untuk diselesaikan.

3. Penghitungan Siklus:

Penghitungan siklus secara teratur sangat penting untuk menjaga akurasi. Software ERP menyederhanakan proses ini, terutama di gudang dengan banyak lokasi, dengan menggunakan tempat sampah. Hal ini memastikan proses penghitungan yang sistematis dan efisien.

4. Pelacakan:

Perusahaan harus dapat melacak produk mereka sepanjang masa pakainya. Bisnis dapat menggunakan penelusuran banyak dan serial untuk penelusuran ke belakang (menghubungkan barang jadi dengan bahan mentah dan pemasok) dan penelusuran ke depan (menghubungkan barang jadi ke pesanan pembelian dan catatan pelanggan). Nomor batch memungkinkan Anda melacak jumlah barang serta harga spesifik untuk setiap rangkaian produk berdasarkan waktu produksinya.

Baca Juga : Menggunakan POS Software Untuk Mengelola Inventory IMEI di Toko Gadget

Manajemen inventory di Turboly ERP: Keunggulan Kompetitif

Bisnis yang mengadopsi Turboly ERP mendapatkan pemahaman komprehensif tentang alokasi inventory. Software ERP Indonesia ini memberikan keyakinan penuh terhadap model produksi dan pembelian berbasis permintaan ini memungkinkan perusahaan mengurangi biaya overhead yang terkait dengan penyimpanan, mempertahankan lebih sedikit persediaan, dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan mereka.

Jadwalkan demo sekarang untuk mendapatkan informasi bagaimana ERP Turboly dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan inventory di perusahaan Anda.