Perbedaan Bengkel Body Repair Dan Bengkel Perawatan Mobil

image

Software Bengkel

Solusi Aplikasi Bengkel Online untuk Bengkel Mobil dan Body Repair

Istilah bengkel body repair dan bengkel mobil sering digunakan secara bergantian. Kebanyakan orang menganggap tidak banyak perbedaan antara kedua istilah ini. Namun, jika seseorang bertanya dengan benar terutama dari para enthusiast, seseorang akan dapat memahami perbedaan besar antara kedua istilah tersebut. Kebanyakan pemilik kendaraan cenderung menganggap bahwa mekanik baik di bengkel body repair maupun bengkel bodi dapat melakukan pekerjaan yang sama dan tidak ada perbedaan di antara keduanya. Namun jika kita kaitkan dengan logika sederhana seorang mekanik bisa kita anggap “dokter”, apakah kita akan pergi ke dokter yang menangani penyakit gigi untuk mengatasi patah tulang? Bahkan di antara para dokter pun, terdapat perbedaan dalam cara mereka beroperasi dan keahlian yang mereka miliki. Demikian pula, setiap mekanik memiliki keahlian yang berbeda, dan mekanik di bengkel body repair dan bengkel mobil bekerja pada divisi kendaraan yang berbeda.

Kendaraan tidak begitu mudah untuk dipahami dan banyak orang yang tidak mengetahui cara kerja komponennya. Kendaraan mempunyai dua bagian, yang satu terdiri dari mesin dan bagian lainnya berupa badan yang menampung mesin dan komponen dalam lainnya.

Bengkel mobil merupakan tempat dilakukannya perbaikan mekanikal dan elektrikal. Contoh pekerjaan yang dilakukan di tempat itu adalah penggantian oli mobil, perbaikan lampu mobil yang rusak, atau perbaikan mesin pembakaran. Semua perbaikan dan perbaikan komponen internal mobil dilakukan di bengkel mobil. Mekanik di bengkel mobil memiliki pengetahuan tentang komponen dan cara mengembalikannya ke kondisi kerja jika terjadi kerusakan. Anda juga bisa memeriksakan beberapa bagian kendaraan yang Anda rasa bermasalah di bengkel mobil. Ini bisa berupa suara-suara yang berasal dari mesin yang mungkin Anda rasa mencurigakan dan perlu diperiksa, atau lampu kendaraan yang rusak.

Bengkel body repair di sisi lain mengacu pada segala sesuatu yang berhubungan dengan karoseri kendaraan. Ini mungkin termasuk kaca depan, jendela, atap, pintu, bagasi dan bumper. Bengkel bodi mobil bertujuan mengembalikan estetika dan tampilan luar mobil. Segala sesuatu yang berhubungan dengan eksterior mobil biasanya dialihkan ke bengkel body mobil.

Baca Juga : Software Bengkel Untuk Pencatatan Uang Muka di Bengkel Body Repair

Setiap kali sebuah kendaraan mengalami kecelakaan atau tabrakan, mereka biasanya khawatir apakah komponen internalnya masih utuh atau seberapa rusaknya. Baik itu mesin, sistem suspensi, atau bagian internal kendaraan lainnya, jika salah satu dari komponen tersebut rusak maka kendaraan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, bengkel mobil adalah tempat yang melakukan semua perbaikan sistem internal kendaraan.

Jika terjadi kerusakan luar pada kendaraan seperti penyok, goresan, penggantian kaca dan panel bodi yang rusak, atau cat yang rusak, maka bengkel body repair merupakan bengkel mobil tempat Anda harus membawa kendaraan Anda. Semua perbaikan bengkel dilakukan di sini dan para ahli di sini memastikan semuanya kembali normal.

Bengkel bengkel body repair juga memiliki mekanik yang dapat memperbaiki kerusakan internal pada komponen mobil. Mekanik ini dapat menilai sejauh mana kerusakan akibat tabrakan secara eksternal atau internal. Oleh karena itu, para mekanik di sini diperlengkapi untuk menangani kedua jenis perbaikan tersebut jika situasinya muncul.

Secara umum, setiap kali terjadi kecelakaan atau tabrakan, disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel body repair daripada bengkel umum. Hal ini karena bengkel jenis ini memiliki spesialisasi yang memiliki fasilitas untuk memperbaiki kerusakan eksternal dan internal sehingga menjadi pilihan yang lebih baik. Tidak perlu membawa kendaraan ke lokasi lain dan membayar uang tambahan untuk perbaikan lagi.

Sebuah kendaraan, dalam jangka panjang, mungkin memerlukan layanan dari bengkel mobil dan bengkel bodi mobil. Karena kita menggunakan kendaraan setiap hari dalam hidup kita untuk berangkat kerja dan ke tempat lain, kendaraan pasti akan mengalami masalah sesekali seperti objek lainnya. Terkadang mesin bisa rusak atau mungkin bodi kendaraan mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Penting bagi pemilik kendaraan untuk memahami masalah yang dihadapi kendaraannya dan oleh karena itu membawa kendaraannya ke salah satu bengkel. Setiap permasalahan yang berkaitan dengan kendaraan memerlukan perhatian khusus dan perlu ditangani dengan cara yang unik. Generalisasi mekanik atau bengkel-bengkel ini ke dalam satu kategori sebenarnya bisa membingungkan pemilik kendaraan. Oleh karena itu, meskipun bengkel mobil dan bengkel body repair terdengar mirip, keduanya memiliki perbedaan yang halus namun berbeda.

Bagi Anda pemilik bengkel mobil dan bengkel body repair yang sedang mencari solusi sistem bengkel untuk mendukung proses operasional lebih efektif dan efisien. Turboly menghadirkan sebuah aplikasi bengkel online yang merupakan solusi all in one untuk bisnis bengkel. Software ERP bengkel dengan fitur yang lengkap untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis bengkel modern.

Jadwalkan demo sekarang dan konsultasikan kebutuhan bengkel Anda.