Apa yang Harus Dipertimbangkan Ketika Implementasi Aplikasi ERP Baru?

image

Software ERP Indonesia

Tahapan Implementasi Sistem ERP

Apakah Anda berencana menerapkan Software ERP? Transisi yang lancar ke sistem baru Anda sangat penting untuk keberhasilan implementasi. Menurut pengalaman kami, banyak perusahaan yang terburu-buru dalam melakukan prosesnya, namun justru menemui masalah di kemudian hari.

Meskipun kedengarannya sederhana, langkah-langkah di bawah ini dimaksudkan untuk membantu menciptakan model implementasi Software ERP yang sukses untuk bisnis Anda:

Buat Perencanaan

Meskipun hal ini terdengar seperti langkah awal yang jelas, namun mengejutkan betapa banyak perusahaan yang terjun ke dalam proyek implementasi sebesar ini tanpa melakukan perencanaan yang tepat diawal. Membuat tim proyek dan rencana implementasi yang solid akan membantu memastikan transisi yang lancar dan lancar dalam menggunakan sistem baru. Rencana tersebut tidak hanya harus mencakup bagaimana hal tersebut akan diterapkan pada bisnis Anda, namun juga harus menunjukkan bagaimana tim Anda akan mulai menggunakannya. Tentukan bagian mana sebagai pemangku kepentingan utama yang diperlukan dan libatkan mereka sejak awal agar implementasi berhasil.

Komunikasi

Komunikasi sangat penting ketika implementasi sistem ERP di perusahaan. Dengan memastikan setiap orang tidak hanya mengetahui namun juga secara rutin mendapatkan informasi terkini mengenai kemajuan implementasi dan setiap pencapaian/tenggat waktu utama proyek, hal ini akan meningkatkan antusiasme antara tim Anda dan meningkatkan penyerapan dan adopsi sistem baru. Kelompokan pengguna Internal dengan membuat grup pengguna internal, idealnya terdiri dari staff berbagai tim dan departemen, maka akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tidak hanya tentang apa yang dibutuhkan sistem, namun juga bagaimana tim yang berbeda memanfaatkan fungsionalitas tersebut. Pengguna ini dapat memberi saran jika diperlukan konfigurasi atau pengembangan khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Buat Tim Percontohan

Setelah sistem ERP terinstal, mungkin ada ide untuk melakukan live system secara bertahap, dimulai dengan tim percontohan. Ini bisa jadi adalah orang-orang yang sama dengan kelompok pengguna Anda, namun akan berguna untuk memastikan tim percontohan mewakili perusahaan yang lebih luas dan mereka yang akan menggunakan sistem.

Meminta Masukan

Ketika memutuskan untuk go-live Sistem ERP secara bertahap atau massal, berikan waktu untuk mengumpulkan masukan tidak hanya dari pemangku kepentingan utama tetapi juga pengguna sehari-hari di seluruh perusahaan.

Reward

Kita semua tahu bahwa sulit untuk membuat orang menggunakan sistem baru dan, yang lebih umum, mengubah cara dan proses lama. Beberapa klien telah menemukan bahwa skema penghargaan telah mendorong pemberi kerja untuk menggunakan dan memaksimalkan sistem baru sebanyak mungkin dan menciptakan persaingan yang sehat antar tim.

Jika Anda ingin mengimplementasikan Sistem ERP baru diperusahaan. Anda dapat mempertimbangkan solusi dari Turboly. Software ERP Indonesia berpengalaman mengimplementasikan sistem ERP di lebih dari 100 perusahaan di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut Turboly akan membantu Anda dalam setiap tahapan proyek implementasi mulai dari perencanaan, implementasi hingga go-live.

Jadwalkan demo sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai implementasi software ERP.