Mengapa usaha kecil harus berinvestasi di ERP?

image

Software ERP Indonesia

Manfaat Software ERP Bagi UMKM

Bagi perusahaan besar telah lama memahami manfaat teknologi ERP dalam proses penting seperti pengadaan, perencanaan, dan pengendalian inventory, namun bagi perusahaan kecil, hal ini mungkin terasa seperti investasi yang tidak perlu atau boros. Namun, ada alasan kuat yang harus dibuat agar usaha kecil mempertimbangkan penerapan software ERP. Dengan mendigitalkan, menyederhanakan, dan mengotomatiskan proses bisnis, produsen dapat menghemat waktu dan memangkas biaya operasional.

Memberikan visibilitas operasi bisnis yang lebih baik

Tidak mengherankan, salah satu tantangan yang dihadapi bisnis kecil adalah tim yang kecil dan ramping, di mana satu orang dapat mengelola berbagai tanggung jawab bisnis. Usaha kecil juga lebih mungkin menjalankan operasinya menggunakan gabungan proses manual, file excel, dan software akuntansi. Gabungan proses ini tidak dapat memberikan pandangan yang jelas mengenai kondisi perusahaan dan menjadikannya lebih sulit untuk melakukan efisiensi. Meskipun terlihat seperti investasi yang mahal, mengurangi kompleksitas IT dengan menerapkan software ERP dapat memberikan benefit atas investasi secara signifikan dengan meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap keseluruhan operasi bisnis.

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Beberapa tugas yang secara rutin dikelola oleh pemilik usaha kecil, seperti penggajian atau manajemen inventory, dapat dikelola secara efektif oleh sistem ERP, sehingga memberikan waktu yang berharga untuk inovasi dan pengembangan bisnis. Dengan memusatkan data melalui sistem ERP, pemilik bisnis akan selalu memiliki informasi yang mereka perlukan, di satu tempat, yang dapat meningkatkan pengambilan keputusan bisnis karena data penting seperti tingkat stok tersedia, data penjualan, dan laporan keuangan mudah diakses di seluruh bisnis dalam satu waktu. format standar. ERP juga dapat membantu usaha kecil memenuhi persyaratan kepatuhan dan standar keuangan secara lebih efektif.

Mendukung pertumbuhan dan skalabilitas

Tantangan lain bagi usaha kecil adalah mendukung skalabilitas, sesuatu yang sering kali hilang dalam fase awal permulaan usaha kecil mana pun. Namun, hampir semua usaha kecil memiliki mimpi pertumbuhan melebihi ukuran mereka saat ini. Dengan memperkenalkan sistem ERP yang memungkinkan usaha kecil untuk menyederhanakan operasi mereka dan meningkatkan efisiensi, hal ini memungkinkan mereka menangani lebih banyak pesanan dan pelanggan tanpa harus menambah biaya dengan staf atau sumber daya tambahan. Perusahaan yang memiliki akses data secara real-time dapat terhubung langsung dengan pelanggan dan supplier, untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, dan membangun bisnis mereka.

Memiliki sistem yang mampu meningkatkan dan mendukung lini bisnis baru seiring pertumbuhan bisnis adalah suatu keharusan. Memilih produk ERP berbasis cloud mengurangi kebutuhan akan struktur dukungan internal dan menghemat biaya perangkat keras server. ERP berbasis cloud dapat lebih mudah untuk meningkatkan atau menurunkan skala fungsionalitas dan pengguna sesuai kebutuhan. Dan, bagi perusahaan dengan ambisi pertumbuhan jangka panjang, berbagi informasi antar wilayah atau lokasi seringkali menjadi lebih mudah.

Informasi dan analisis berdasarkan data

Akses data secara real-time adalah kunci bagi bisnis manufaktur dan distribusi agar tetap kompetitif. Informasi yang benar memberikan kemampuan untuk menilai operasi saat ini, serta kemampuan untuk membuat keputusan bisnis taktis, operasional dan strategis yang diperlukan. Terjadi pertumbuhan eksponensial dalam volume dan berbagai jenis data di seluruh sektor manufaktur dan rantai pasokan, dan hal ini meningkatkan kebutuhan bagi dunia usaha untuk berinvestasi dalam teknologi yang dapat menganalisis data secara cerdas dan cepat untuk mendapatkan informasi bisnis yang berharga dan dapat ditindaklanjuti.

Usaha kecil harus memilih dengan hati-hati

Sistem ERP yang tepat akan menawarkan kemampuan untuk menawarkan pengambilan keputusan yang lebih tepat menggunakan analisis data untuk memperkirakan permintaan dan manajemen rantai pasokan secara akurat, serta pengambilan keputusan dan pemesanan inventory yang lebih tepat. Semua ini berkontribusi pada manajemen bisnis yang lebih efisien.

Baca Juga : Komunikasi Adalah Kunci Implementasi Sistem ERP yang Efektif

Namun, tidak ada sistem ERP yang cocok untuk semua perusahaan. Persyaratan usaha kecil akan berbeda dengan persyaratan operasi besar dan kompleks, sementara masalah kepatuhan dan peraturan akan bervariasi tergantung pada industri ini. Usaha kecil harus jelas mengenai tujuan bisnisnya dan memahami apa yang diperlukan dari sistem ERP mereka. Penting untuk bertanya kepada vendor ERP tentang masalah IT seperti kemudahan penggunaan, total biaya kepemilikan, stabilitas vendor, fleksibilitas teknologi, dan kemudahan penerapan. Pengembalian investasi akan signifikan jika tujuan bisnis ditetapkan terlebih dahulu dan operasionalisasi ditinjau berdasarkan tujuan tersebut.

Salah satu rekomendasi software ERP untuk usaha kecil menengah adalah Cloud ERP Turboly. [Software ERP Indonesia] (https://turboly.com/cloud-erp-indonesia.html) berbasis cloud ini menawarkan solusi sistem erp dengan cara berlangganan bulanan. Dengan fitur yang lengkap dan user friendly, sistem ini cocok diterapkan pada perusahaan ritel, layanan otomotif dan distributor yang sedang berkembang.

ERP Turboly memiliki layanan customer support terbaik yang siap membantu 24/7. Segera jadwalkan demo untuk informasi lebih lengkap.