Rekomendasi POS Software Terbaik untuk Bisnis Ritel Optik dan Kacamata

image

POS Software Optik dan Kacamata

5 Rekomendasi Sistem POS untuk Bisnis Optik di Indonesia

Industri optik dan kacamata terus berkembang dan telah mengalami transformasi yang signifikan seiring dengan berkembangnya teknologi. Salah satu aspek yang memainkan peran penting dalam mengoptimalkan operasional dan layanan pelanggan di bisnis optik adalah dengan pemanfaatan aplikasi sistem POS. Menjalankan bisnis retail optik dan kacamata dengan sistem penjualan manual mungkin akan sangat sulit, karena tanpa adanya sistem POS dalam mengelola bisnis optik dan kacamata bisnis akan sulit bertahan dan berkembang di era transformasi digital saat ini.

Pada dasarnya implementasi sistem POS dalam menjalankan bisnis optik dan kacamata merupakan suatu yang sangat krusial, pasalnya sistem POS tidak hanya dapat meningkatkan seluruh proses kegiatan bisnis tetapi juga menjadi kunci agar bisnis dapat bertahan dan berkembang di industri 4.0 saat ini, dimana kebiasaan pelanggan dalam berbelanja sudah berubah.

Memahami betapa pentingnya sistem POS bagi industri optik dan kacamata agar tetap kompetitif di pasar yang sangat cepat berubah saat ini, maka sangat penting untuk memilih vendor penyedia sistem POS terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, berikut adalah beberapa rekomendasi penyedia aplikasi POS terbaik untuk membantu dalam menjalankan bisnis optik dan kacamata:

1. Turboly

Turboly merupakan penyedia aplikasi POS Optik dan Kacamata terbaik indonesia yang dirancang secara khusus untuk kebutuhan industri ritel optik dan kacamata agar dapat memenuhi kebutuhan dan kompleksitas pada industri optik dan kacamata. Aplikasi POS Turboly berbeda dengan penyedia aplikasi POS lainnya, dimana POS Turboly menggunakan sistem Software as a service (SaaS) yang berbasis cloud sehingga memberikan investasi awal yang terjangkau.

Turboly POS hadir memberikan solusi terlengkap bagi pemilik bisnis optik dan kacamata baik dengan skala kecil, menengah maupun yang sudah go public, berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Turboly POS.

  • POS dengan resep kacamata: Turboly POS menjadi alat bantu yang mudah digunakan untuk mengelola praktik optometri, penjualan optik, frame, lensa, dan menyimpan semua history resep pasien, sehingga akan lebih memudahkan saat konsultasi di kemudian hari diperlukan.
  • Fitur Customer Relationship Management (CRM): Fitur CRM akan menjaga dan menyimpan data pelanggan dengan fleksibel aman sehingga dapat memberikan laporan yang sistematis berdasarkan data. Fitur CRM pada sistem POS Turboly dirancang khusus sehingga dapat mengklasifikasikan pelanggan kedalam beberapa segmen, dengan fitur ini bisnis optik dan kacamata dapat melakukan analisa segmen pelanggan dengan lebih baik sehingga dapat mencapai penjualan sesuai proyeksi yang sudah ditentukan.

  • Inventory Management: POS Turboly memberikan fitur inventory management yang akurat, ini akan membantu menjaga level stok dalam kondisi yang baik, sehingga bisnis optik dan kacamata dapat meminimalisir loss sales untuk menjaga profitabilitas bisnis tetap stabil.

2. Staroptik

Staroptik merupakan sebuah software untuk display dan mendata stok produk serta sebagai sistem administrasi bisnis optik agar lebih otomatis dan mempermudah dalam proses management stok barang, administrasi keuangan, membership dan hal lainnya dengan range harga yang terjangkau. Untuk mengimplementasikan sistem POS Staroptik cukup mudah yaitu dengan membeli aplikasi tersebut dan menginstalnya di hosting/server pribadi karena staroptik tidak menyediakan hosting/server. Staroptik dibekali dengan fitur yang cukup lengkap mulai dari stok management, keuangan, hingga laporan penjualan.

3. Ivend

Ivend Optik merupakan salah satu penyedia sistem ERP berbasis cloud yang sangat terkemuka, Ivend Optik mampu memberikan dukungan untuk mengelola bisnis optik dengan sangat baik mulai dari manajemen persediaan barang di toko, Purchase Order, memonitor setiap transaksi penjualan hingga kemudahan dalam integrasi aplikasi. Sistem POS yang ditawarkan oleh Ivend Optik cukup intuitif dan mudah dipelajari.

4. Visionpro Pos

Visionpro POS merupakan perusahaan penyedia aplikasi dengan desain tampilan yang user friendly, memudahkan dalam pengoperasian. Untuk kamu yang menginginkan tampilan simple, sistem POS yang ditawarkan oleh visionpro merupakan paket lengkap mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap untuk membantu menjalankan bisnis optik dan kacamata.

5. Ireappos

Aplikasi POS Ireappos adalah aplikasi kasir POS untuk ritel kacamata yang berbasis ponsel, aplikasi kasir android ini akan memberikan kemampuan fleksibilitas tinggi untuk bisnis kacamata. Kelebihan utama dari aplikasi POS yang ditawarkan oleh Ireappos adalah aplikasi dapat dijalankan dalam kondisi offline dan online, sehingga saat terjadi gangguan internet setiap transaksi akan tetap tercatat pada sistem Ireappos.

Kesimpulan

Dalam memilih POS Software terbaik untuk ritel optik dan kacamata di Indonesia, sangat penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur utama yang terkait dengan operasional optik. Khususnya resep kacamata, layanan pre-order & pickup serta pencatatan yang detail terkait dengan riwayat pasien sebagai pelanggan.

Dari 5 rekomendasi POS Software yang kami ulas, Turboly POS Software menawarkan solusi komplet untuk bisnis ritel optik dan kacamata. Software POS online ini memiliki semua kriteria POS Software untuk optik dan kacamata. Dengan Turboly Anda tak perlu kuatir lagi dalam mengelola bisnis optik dan kacamata di satu toko hingga ratusan toko secara bersamaan.

Untuk melihat lebih jauh bagaimana Turboly dapat menjadi solusi terbaik bagi toko optik dan kacamata, segera jadwalkan demo sekarang.