Software Ritel:Jenis, Manfaat, & Fitur

image

Software ERP Retail Terbaik

Jenis dan Manfaat Retail Management Software

Software ritel adalah serangkaian solusi teknologi yang dapat membantu perusahaan ritel meningkatkan kepuasan pelanggan, profitabilitas, efisiensi, dan produktivitas dengan menyederhanakan tugas-tugas manual.

Beberapa bisnis pada awalnya menggunakan pencatatan manual atau spreadsheet untuk melacak catatan penting, solusi ini sering kali terlalu terbatas atau terlalu lambat untuk mendukung operasional yang efisien. Software ritel manajemen mengotomatiskan proses bisnis penting dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sistem tradisional.

Artikel ini membahas beberapa jenis umum Software ritel, fitur dan manfaat utama, serta contohnya.

Apa itu Software ritel?

Software ritel, juga disebut Software manajemen ritel, mengacu pada sistem digital yang digunakan oleh perusahaan ritel untuk mengelola berbagai aktivitas bisnis, termasuk pengendalian stok, pemrosesan pembayaran, manajemen pelanggan, dan pembukuan.

Beberapa contoh umum Software ritel meliputi:

Perusahaan menggunakan Software manajemen ritel untuk mengelola berbagai aspek rantai pasokan ritel mereka. Software ritel sering kali digunakan untuk meningkatkan akurasi akuntansi dan inventaris, memantau kinerja bisnis, atau melacak informasi penting pelanggan.

Bagaimana cara kerja Software ritel?

Software ritel bekerja dengan mengotomatiskan dan mendigitalkan proses manajemen ritel utama untuk menyederhanakan operasi, meningkatkan efisiensi di seluruh bisnis, dan meminimalkan biaya. Ini menyatukan fungsi pemrosesan penjualan dengan fitur-fitur seperti manajemen pembelian, inventaris, penjualan, layanan pelanggan, pemasaran, dan akuntansi.

Software manajemen ritel digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk manajemen gudang, manajemen transportasi pengiriman, dan aktivitas merchandising. Anda dapat menggunakan software ritel di tempat atau mengaksesnya melalui langganan berbasis cloud, bergantung pada kebutuhan dan preferensi bisnis.

Ada banyak jenis software ritel, yang akan segera kami bahas. Masing-masing berfungsi untuk mengoptimalkan aspek berbeda dari operasi perusahaan.

Sistem manajemen gudang ritel, misalnya, digunakan untuk mengelola pergerakan dan penyimpanan bahan, produk, dan barang jadi di gudang ritel, toko fisik, atau fasilitas penyimpanan lainnya.

Manfaat menggunakan software ritel

Tujuan utama dari setiap sistem Software ritel adalah untuk meningkatkan efisiensi perusahaan menjalankan bisnis. Hal ini dicapai dengan mengotomatiskan proses inti dalam operasi bisnis dan meningkatkan akurasi dan keamanan data.

Manfaat utama software manajemen ritel meliputi:

  • Penghematan waktu: Alur kerja otomatis dapat membantu perusahaan menghemat waktu dengan mengurangi jumlah tenaga kerja dan admin yang terkait dengan tugas tertentu.
  • Penghematan biaya: Karena Software ritel meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis, biaya operasional bisnis berkurang.

  • Pencatatan yang akurat: Sistem digital lebih andal dan akurat dalam mengelola data perusahaan karena tidak terlalu rentan terhadap kesalahan manusia dibandingkan dengan sistem manual. Tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi: Dengan Software yang tepat, pengecer akan mengalami lebih sedikit kehabisan stok, kesalahan pesanan, dan masalah lain yang dapat mengakibatkan pelanggan tidak puas.

  • Peningkatan produktivitas: Proses yang lebih efisien juga berarti bisnis yang lebih produktif. Kapasitas output dan potensi penjualan Anda akan lebih besar karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada aktivitas yang menghasilkan pendapatan.

  • Keputusan bisnis yang lebih cerdas: Banyak sistem Software ritel yang memungkinkan Anda mengumpulkan dan melaporkan data penting yang dapat membantu menginformasikan strategi bisnis. Selain itu, Software ritel membantu bisnis mengintegrasikan rantai pasokan mereka – menghubungkan dengan pemasok, akuntan, dan penyedia logistik pihak ketiga – untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan dan waktu respons.

Jenis solusi Software ritel

Solusi Software ritel membantu pengecer mengelola berbagai aspek bisnis mereka.

Jenis Software ritel yang umum:

Begini cara kerjanya.

1. Software akuntansi ritel

Software akuntansi ritel membantu Anda melacak arus kas, memelihara catatan keuangan yang akurat, dan mengukur dampak penjualan dan tagihan terhadap posisi kas Anda.

Software akuntansi berbasis cloud sering kali terintegrasi dengan aplikasi POS ritel dan layanan pembayaran terkemuka untuk mengelola kartu kredit dan pembayaran lainnya dengan lancar, juga menyinkronkan ke data penjualan Anda.

Fitur umum Software akuntansi ritel meliputi:

2. Software manajemen inventaris ritel

Software manajemen inventaris ritel membantu Anda melacak stok inventaris, pesanan penjualan, pembelian, dan pengiriman.

Selain meminimalkan biaya dan meningkatkan produktivitas, Software manajemen inventaris ritel memecahkan masalah kelebihan stok, kehabisan stok, data yang tidak akurat, kesalahan manusia, dan pencurian dengan mengotomatiskan proses pengendalian stok dan meningkatkan akurasi inventaris.

Fitur utama Software manajemen inventaris ritel meliputi:

Saat Anda mengintegrasikan Software inventaris ritel dengan sistem akuntansi Anda, Anda akan memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang posisi keuangan dan profitabilitas Anda sepanjang tahun.

3. Software POS ritel

Software POS ritel adalah Software yang mencatat transaksi penjualan di tempat penjualan biasanya di konter kasir, tempat pembayaran online. Biasanya berjalan pada hardware seperti mesin kasir, tablet, atau ponsel pintar. Aplikasi Software POS menangani informasi produk, harga, diskon, pajak, dan data pelanggan.

Tujuan Software POS ritel adalah untuk membantu pengecer mempercepat proses pembayaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Fitur umum Software POS ritel meliputi:

Proses pembayaran Manajemen persediaan Pengelolaan hubungan pelanggan Pelaporan dan analitik Integrasi akuntansi Integrasi ecommerce

Software POS dapat menerima berbagai bentuk pembayaran, termasuk uang tunai, kartu kredit dan debit, serta dompet seluler, dan juga dapat menerbitkan tanda terima, faktur, dan pengembalian uang. Hal ini juga dapat memberikan wawasan kinerja bisnis, menghasilkan laporan dan grafik untuk menyajikan volume penjualan, pendapatan, margin keuntungan, produk terlaris, dan perilaku pembelian pelanggan.

4. Software analisis ritel

Software analisis ritel mengumpulkan dan menganalisis data terkait kinerja bisnis Anda, perilaku pelanggan, tren pasar, dan pesaing. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan operasi, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar.

Fitur umum Software analisis ritel meliputi:

Integrasi data Analisis data visual Pelaporan

Software analisis ritel yang efektif dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber seperti sistem POS dan platform ecommerce dan membuat laporan khusus yang menyediakan serangkaian analisis seperti analisis deskriptif, prediktif, dan preskriptif, serta pembelajaran mesin dan AI.

5. Software ERP Ritel

Software ERP Retail merupakan solusi komprehensif yang mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis retail, seperti akuntansi, sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan, CRM, dan intelijen bisnis.

Fitur umum Software ERP ritel meliputi:

Manajemen rantai persediaan Perkiraan permintaan Manajemen persediaan Akuntansi dan keuangan Pengelolaan hubungan pelanggan Sumber daya manusia

Karena tingginya biaya implementasi dan berlangganan, Software ERP biasanya cocok untuk organisasi besar dengan kebutuhan operasional yang kompleks.

6. Software CRM Ritel

CRM Ritel adalah solusi Software yang dibuat khusus untuk membantu bisnis ritel mengatur pelanggan dan tetap terhubung dalam lingkungan yang dapat dilacak. Software CRM Ritel memberi Anda berbagai wawasan pelanggan termasuk riwayat pembelian pelanggan dan nilai pesanan rata-rata.

Fitur utama Software CRM ritel meliputi:

Segmentasi pelanggan Manajemen pimpinan Manajemen pesanan Manajemen dokumen Peramalan penjualan Analisis dan pelaporan penjualan Pelacakan interaksi pelanggan

Contoh Software ritel

Berikut sekilas beberapa contoh Software Ritel yang menangani berbagai aspek operasi perusahaan, termasuk pengendalian stok, pemrosesan pembayaran, dan manajemen pesanan.

1. Turboly

Software ERP Turboly salah satu Sistem Manajemen Ritel terlengkap. Sistem ERP Indonesia ini memberikan solusi end-to-end berbasis cloud untuk bisnis ritel untuk mengoptimalkan proses bisnis dan operasional perusahaan.

Software ERP Turboly merupakan salah satu software management retail terbaik di Indonesia saat ini. Dengan latar belakang dan pengalaman melayani lebih dari 1000 business entity, Turboly ERP memiliki pengalaman luas pada sektor speciality retail seperti Otomotif (bengkel), toko ponsel & elektronik, toko optik dan kacamata serta toko-toko kosmetik dan skincare.

Sebagai Sistem Manajemen Retail terlengkap, Software ERP Turboly menyediakan berbagai macam solusi terintegrasi secara end-to-end baik untuk retail penjualan produk serta retail jasa layanan service/ perawatan & perbaikan.

Sistem Manajemen Ritel Turboly menyediakan solusi lengkap, seperti :

Modul Point of Sale (POS)

Sistem point of sale (POS) berbasis web yang membuat proses penjualan kepada pelanggan menjadi lebih mudah. Sistem POS Turboly dapat digunakan untuk mengelola multi cabang hingga 500 lokasi, dan mudah digunakan bersama scanner barcode dan printer struk.

Sistem POS Turboly juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Diskon dan Cashback Otomatis, Pelacakan No Serial/ IMEI, Pelacakan Batch No, Pencatatan Resep Kacamata, hingga pencatatan pre-order dan uang muka penjualan serta management voucher & kupon.

Sistem POS Turboly merupakan solusi terbaik untuk bisnis speciality retail modern.

Modul Sale Service

Sistem Penjualan Service atau jasa ini dibuat khusus secara detail untuk mendukung bisnis perbaikan dan pelayanan seperti bengkel mobil, bengkel sepeda motor hingga bisnis perbaikan / service ponsel dan produk elektronik.

Sistem penjualan service ini dilengkapi dengan berbagai fitur penting seperti booking service, pembuatan work order, pencatatan kinerja mekanik hingga laporan analisa kinerja teknisi dan mekanik. Modul service juga dilengkapi dengan manajemen kendaraan untuk kategori bengkel dan manajemen no serial / IMEI untuk kategori service ponsel dan elektronik.

Tidak banyak sistem retail yang berfokus pada bisnis service menjadikan Turboly sebagai sistem manajemen retail service terbaik dan terlengkap saat ini.

Modul Customer Relationship Management (CRM)

Sistem CRM Turboly diciptakan untuk menjaga dan menyimpan customer Anda dengan fleksibel dan pelaporan yang sistematis. Sistem CRM Turboly memberikan kemampuan untuk mengklasifikasikan pelanggan dalam berbagai segmen sehingga mudah untuk melakukan analisa segmen pelanggan terbaik.

Sistem CRM Turboly juga dibekali dengan kemampuan sistem membership dan loyalty point yang terbuka untuk diintegrasikan dengan software loyalty point pihak ketiga.

Modul Manajemen Inventory Control

Sistem Inventory Turboly merupakan kombinasi 2 kegiatan yaitu pembelian / purchasing dan juga manajemen persediaan untuk pengelolaan stok di toko dan gudang.

Sistem Inventory Turboly dibekali dengan kemampuan stock transfer antar toko dan gudang, stock opname hingga ke proses pembuatan Bill of Material (BOM) dan perakitan (assembly).

Sistem Inventory Turboly secara otomatis terintegrasi dengan modul penjualan dan akuntansi, sehingga proses pencatatan dan pelacakan transaksi bisa menjadi sangat mudah.

Modul Keuangan dan Akuntansi

Sistem Akuntansi Turboly merupakan muara dari semua aktivitas operasional manajemen retail. Seluruh transaksi keuangan dari semua cabang akan dicatat dan jurnal akan dibukukan secara otomatis.

Sistem Akuntansi Turboly dilengkapi dengan berbagai macam fungsi seperti Pencatatan Petty cash di toko, Sales Invoice, A/R & A/P Aging, Fixed Asset, hingga akhirnya dapat menghasilkan laporan keuangan per toko, gabungan toko serta laporan keuangan konsolidasi.

Sistem akuntansi Turboly menjadikan proses closing akhir bulan menjadi lebih mudah dan akurat.

Modul Franchise

Sistem Manajemen Franchise Turboly merupakan salah satu modul unggulan yang disediakan oleh Sistem manajemen ritel Turboly.

Manajemen Franchise Turboly dirancang khusus untuk bisnis waralaba. Ini menawarkan berbagai cara untuk mengelola bisnis waralaba Anda. Kami memberikan visibilitas franchisor dari semua transaksi di semua franchisee secara real-time. Pada saat yang sama, pewaralaba juga memiliki otoritas sendiri untuk menjalankan bisnis mereka dengan cara yang berbeda.

Software ERP Turboly walaupun merupakan software ERP lokal Indonesia namun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan software lain :

Fokus pengembangan pada spesifik industri ritel produk dan jasa, sehingga fitur lengkap yang sediakan merupakan jawaban atas kebutuhan industri ritel. Berbasis Web dengan tingkat keamanan yang tinggi sehingga dapat diakses melalui multi platform dan device. Software ERP Retail dengan infrastruktur canggih sehingga mampu digunakan untuk mengelola hingga 1000 cabang dan franchisee dalam 1 software ERP Ritel. Software ERP Turboly memiliki tim konsultan dan customer support dengan pengalaman latar belakang industri yang akan membantu mulai proses implementasi hingga layanan after sales 24/7. Dengan konsep Software as a Service (SaaS), biaya berlangganan Software ERP Turboly cukup terjangkau bagi perusahaan retail menengah dan enterprise.

2. Lightspeed Retail

Lightspeed Retail, sebelumnya dikenal sebagai Vend, adalah sistem titik penjualan ritel yang membantu Anda mengoptimalkan alur kerja penjualan dan pemrosesan pembayaran untuk memberikan pengalaman berbelanja bebas masalah kepada pelanggan. Lightspeed dapat diintegrasikan dengan sistem inventaris dan akuntansi Anda untuk sinkronisasi data ujung ke ujung dan akurasi inventaris.

3.Unleashed

Unleashed adalah sistem manajemen inventaris ritel yang membantu bisnis mengoptimalkan tingkat stok, meminimalkan biaya inventaris, dan memaksimalkan produktivitas operasional. Unleashed menggabungkan fungsionalitas manajemen pembelian dan pesanan yang kuat dengan kontrol stok berbasis cloud untuk membantu Anda mengotomatiskan dan menyederhanakan proses rantai pasokan Anda.

4. Access Financials

Access Financials adalah sistem manajemen keuangan yang kuat untuk pengecer skala menengah dan organisasi nirlaba. Ini menyediakan fitur akuntansi tingkat lanjut seperti pelaporan keuangan, penetapan biaya proyek, pemrosesan penjualan, dan perkiraan arus kas.

5. Shiptheory

Shiptheory adalah sistem manajemen pengiriman ritel yang membantu Anda menyederhanakan alur kerja pengiriman dan mengoptimalkan pemenuhan pesanan. Ini menawarkan aturan pengiriman yang fleksibel, integrasi operator langsung, dan pencetakan label otomatis untuk meningkatkan efisiensi proses manajemen pengiriman Anda.

Kesimpulan

Dengan software manajemen ritel yang tepat, kamu bisa mengotomatiskan banyak proses operasional toko, melayani pelanggan lebih baik, meningkatkan penjualan, dan akhirnya mengembangkan bisnismu. Bagi Anda yang sedang mencari Software Manajemen Ritel di Indonesia, Software ERP Turboly sangat direkomendasikan. Software ERP lokal Indonesia ini memiliki semua jawaban atas operasional ritel modern khususnya speciality retail otomotif, retail ponsel dan elektronik, retail kosmetik dan retail optik dan toko kacamata. Jadwalkan demo dengan tim sales Turboly ERP, konsultasikan kebutuhan Anda dan mereka akan memberikan solusi terbaik.